Jenis Strategi Pemasaran yang Tepat untuk Mendongkrak Penjualan

jenis strategi pemasaran
Ragam jenis strategi pemasaran. Foto: Ist/Net

Jenis strategi pemasaran ada beragam dengan fungsi yang berlainan pula. Dari penjualan langsung atau direct selling hingga membangun citra yang baik. Apalagi dengan terbukanya bisnis online, strategi internet marketing juga sangat efektif.

Pemasaran merupakan ujung tombak dalam memperkenalkan suatu produk. Apapun jenis produk, baik berupa barang maupun jasa yang kita tawarkan sangat membutuhkan pemasaran yang tepat.

Para pelaku usaha akan berusaha dengan berbagai cara agar hasil produknya dapat laku dan masyarakat bisa menerimanya. Para pelaku bisnis akan menerapkan strategi pemasaran yang tepat untuk mengangkat penjualan produk tersebut.

4 Jenis Strategi Pemasaran yang Populer

Sebagus apapun sebuah produk tetap saja akan sulit untuk terjual dan mencapai target penjualan yang memuaskan jika tidak kita laksanakan dengan strategi pemasaran yang tepat.

Baca juga: Strategi Pemasaran Online, Meraih Pasar dengan Lebih Efektif

Karena itu merencanakan dan menerapkan cara marketing secara tepat sangat penting agar produk-produk yang kita tawarkan kepada konsumen bisa laris terjual. Berikut beberapa jenis strategi pemasaran terpopuler saat ini yang semoga menginspirasi Anda.

Direct Selling

Direct selling atau penjualan langsung termasuk salah satu strategi marketing yang umum berlaku dan banyak dijalankan saat ini. Metode ini berupa penjual yang langsung menawarkan produknya kepada konsumen.

Namun penjualannya bukan dengan menawarkannya melalui toko retail melainkan dengan cara door to door. Banyak perusahaan memiliki tenaga sales yang mendatangi dan berjumpa langsung dengan konsumen.

Dengan cara berkunjung ke rumah-rumah konsumen yang menjadi target penawaran kita lakukan dengan mengandalkan kemampuan persuasif. Keunggulan jenis strategi pemasaran ini terletak pada modalnya yang tidak besar, sehingga bisnis modal kecil sangat cocok menjalankannya.

Hanya saja strategi marketing ini memiliki beberapa kekurangan. Antara lain pemasar atau marketer akan cepat lelah karena banyak berjalan. Kekurangan lainnya adalah konsumen merasa kurang nyaman karena merasa mengganggu dan seperti terpaksa membeli.

Point of Purchase

Jenis strategi pemasaran yang juga banyak menjadi pilihan adalah Point of Purchase (POP). Caranya adalah dengan menempatkan material marketing atau iklan dekat produk yang sedang kita promosikan.

Baca juga: Pentingnya Strategi Pemasaran 4P dalam Bauran Pemasaran

Tetapi penerapan strategi ini hanya cocok pada toko retail yang berjualan beragam produk. Berdasarkan hasil penelitian, sekitar 64 persen orang yang datang ke toko retail sebenarnya belum menentukan produk apa yang akan mereka beli.

Nah, Anda bisa memanfaatkan kondisi tersebut dengan mengarahkan mereka untuk membeli produk Anda. Caranya, kerahkan semua product knowledge dan memaksimalkan kemampuan komunikasi agar konsumen bisa tertarik dan sulit untuk menolak.

Strategi pemasaran yang satu ini bisa Anda lakukan dengan cara membuat display berdesain khusus dan menarik. Kemudian tempatkan pada lokasi-lokasi strategis seperti dekat pintu masuk dan keluar.

Earned Media

Jenis strategi pemasaran lainnya yang juga populer adalah earned media. Cara penjualannya tidak secara langsung, tetapi terlebih dahulu harus membangun hubungan dan kepercayaan dengan masyarakat melalui sosial media.

Setelah hubungan dan kepercayaan sudah terbangun, image masyarakat terhadap brand maupun suatu produk akan terbentuk dengan baik. Sehingga penawaran produk akan menjadi semakin mudah diterima masyarakat dan penjualan meningkat.

Internet Marketing

Istilah internet marketing tentu bukan lagi sesuatu yang baru terdengar bagi kita bukan? Sebab, jenis strategi pemasaran yang satu ini sedang laris dan menjadi senjata memasarkan produk melalui internet.

Banyak pelaku bisnis yang sudah memanfaatkan internet sebagai media untuk memperkenalkan dan memasarkan produk atau jasanya. Baik usaha dalam skala kecil maupun besar berlomba memasarkan produknya secara online.

Baca juga: Pentingnya Strategi Pemasaran Produk dan Promosi di Instagram

Ada beragam strategi pemasaran yang bisa kita lakukan melalui internet. Salah satunya adalah dengan menggunakan sosial media. Beberapa contoh social media yang paling populer untuk bisnis online adalah facebook, instagram, twitter, dan whatsapp.

Selain sosial media, bentuk marketing yang bisa kita lakukan dengan memanfaatkan internet adalah membuat website pemasaran produk atau jasa. Dengan website, Anda bisa melakukan pengontrolan penuh terhadap strategi marketing yang Anda jalankan.

Selain memanfaatkan sosial media dan membuat website, masih ada banyak jenis internet marketing yang bisa Anda jalankan. Seperti memanfaatkan market place, beriklan dengan Google Adwords, dan banyak lagi yang lainnya.

Itulah berbagai jenis strategi pemasaran terpopuler saat ini. Banyak pelaku bisnis yang menjalankan marketing dengan berbagai strategi untuk mendongkrak penjualan. Perencanaan dan riset pasar tentunya perlu untuk suksesnya pemasaran. (R11/HR-Online)

Editor: Subagja Hamara