Sabtu, November 27, 2021
BerandaBerita TerbaruJenis Tanaman Hias Peperomia, Cocok untuk Mempercantik Ruangan

Jenis Tanaman Hias Peperomia, Cocok untuk Mempercantik Ruangan

Jenis tanaman hias peperomia sangat cocok dijadikan sebagai tanaman hias untuk mempercantik ruangan rumah. Diketahui tanaman hias ini ada 10 jenis yang bisa and pilih jika tertarik ingin memeliharanya.

Tanaman dari jenis peperomia ini mempunyai daun yang bentuknya serba unik. Dari 10 jenis itu ada yang bentuknya menyerupai hati, ada juga pola daunnya yang menyerupai kulit semangka.

Tanaman hias peperomia dikenal sebagai salah satu tanaman abadi yang memiliki bagian daun tumpul dan tebal bertekstur seperti karet. Bahkan, dalam dunia botani terdapat 1500 lebih spesies peperomia.

Dari jumlah spesies sebanyak itu, diantaranya banyak yang populer karena masuk sebagai jenis tanaman hias. Beberapa jenis tanaman peperomia cocok menjadi tanaman hias rumah anda.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini ulasan mengenai 10 jenis peperomia yang menjadi pilihan para pecinta tanaman hias.

Baca Juga : Tanaman Hias Ruang Tamu Tak Hanya Bisa Mempercantik Ruangan Saja

10 Jenis Tanaman Peperomia untuk Hiasan Rumah

Peperomia obtusifolia atau American Baby Rubber Plant

Tanaman hias yang satu ini terkenal dengan sebutan American rubber plant, pepper face peperomia, peperomia green, peperomia frost, dan blunt-leaved peperomia.

Tanaman ini punya ciri khas yang berupa bagian daunnya tebal berwarna hijau tua, dan permukaannya berkilau bagaikan sukulen.

Peperomia jenis tersebut masuk sebagai tanaman semak dan dapat tumbuh maksimal 30 centimeter. Agar daunnya tetap hijau dan cantik, anda harus menyimpannya pada tempat yang menerima banyak sinar matahari.

Peperomia prostrata atau String of Turtles Peperomia

Jenis tanaman hias peperomia prostrata merupakan jenis peperomia gantung. Bagian daunnya berbentuk oval dan tumbuh bertingkat.

Bagian daun peperomia prostrata ini punya corak dengan warna hijau muda. Sekilas terlihat menyerupai tempurung kura-kura.

Peperomia Rotundifolia atau Trailing Jade Peperomia

Peperomia rotundifolia merupakan jenis tanaman rambat. Daunnya tebal dan warnanya hijau tua. Sedangkan, bentuknya bulat terlihat lucu.

Baca Juga : Tanaman Hias Gantung Jadi Primadona, Tak Kalah dari Janda Bolong

Tanaman hias jenis peperomia yang satu ini tumbuh menjuntai, sehingga sangat cocok jika ditanam pada pot gantung.

Peperomia Argyreia atau Watermelon Peperomia

Jenis tanaman hias peperomia berikutnya ada peperomia argyreia atau watermelon peperomia. Tanaman hias ini memiliki daun berwarna hijau dan bentuknya menyerupai hati.

Selain itu, terdapat garis-garis tipis berwarna keperakan seperti kulit buah semangka. Bila dibandingkan dengan jenis tanaman peperomia lainnya, bagian daun peperomia argyreia ini cukup lebar.

Peperomia Hope

Tanaman hias peperomia hope yang terkenal dengan nama acorn peperomia serta four-leaved peperomia ini sangat cocok ditanam pada kecil. Kemudian, simpan di sudut ruangan rumah.

Bagian daunnya tumbuh secara berkelompok, sehingga terlihat sangat indah. Selain itu, peperomia hope cocok sebagai tanaman hias meja lantaran pertumbuhannya tidak terlalu cepat.

Peperomia Puteolata

Jenis tanaman hias peperomia yang berikutnya yaitu peperomia paralel yang memiliki daun berwarna hijau tua. Bentuknya menyerupai mata tombak dengan garis-garis berwarna keperakan.

Melihat sekilas bentuknya seperti peperomia argyreia atau watermelon peperomia. Tanam hias yang satu ini memang tergolong cepat pertumbuhannya. Selain itu, juga dapat berkembang hingga setinggi 45 centimeter.

Peperomia “Rosso”

Tanaman hias peperomia “rosso” mempunyai ciri khas daunnya berbentuk oval dengan garis-garis kemerahan, khususnya pada bagian bawah.

Agar warna merah daunnya terlihat tetap indah, tanaman ini hanya butuh sedikit cahaya matahari. Tapi, kalau ingin tanaman hias ini berbunga, anda harus pastikan sudah mendapatkan sinar matahari dalam waktu 11 jam.

Emerald Ripple Peperomia

Tanaman hias emerald ripple peperomia memiliki daun berkerut, namun terlihat berkilau, dan bisa tumbuh hingga setinggi 45 centimeter.

Baca Juga : Tanaman Hias Indoor Populer, Harganya Masih Masuk Akal

Ruby Glow Peperomia

Jenis tanaman peperomia yang satu ini memiliki daun yang tebal serta berkilau. Bentuknya menyerupai lidah menjulur. Kemudian, pada bagian atas daun berwarna hijau, sedangkan bagian bawahnya berwarna merah.

Tanaman hias ruby glow peperomia cocok anda simpan dalam ruangan yang minim mendapatkan paparan sinar matahari.

Peperomia Jelly

Terakhir ada peperomia clusiifolia yang merupakan tanaman yang memiliki penampilan menarik. Warna daunnya bisa hijau, pink, krem, hingga merah.

Tanaman hias Peperomia jelly juga terkenal dengan sebutan red edge peperomia, peperomia tricolor, dan ginny peperomia. 

Itulah beberapa tanaman hias dari jenis peperomia yang sangat cocok untuk mempercantik ruangan rumah anda. (Eva/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah

- Advertisment -

Berita Terbaru