Jenis Tanaman Pengusir Nyamuk, Letakan di Beranda atau Teras Rumah

Jenis tanaman pengusir nyamuk, letakan di beranda atau teras rumah. Foto: Net/Ist.
Jenis tanaman pengusir nyamuk, letakan di beranda atau teras rumah. Foto: Net/Ist.

Jenis tanaman pengusir nyamuk penting untuk dimiliki, terlebih musim penghujan seperti sekarang ini. Mengingat nyamuk aedes aegypti penyebab demam berdarah (DB), dan demam berdarah dengue (DBD) biasanya muncul ketika musim hujan.

Penyakit DBD menjadi momok yang menakutkan bagi penduduk negara-negara tropis seperti Indonesia. Pasalnya, penyakit tersebut dapat membahayakan nyawa manusia bila tidak segera mengatasinya.

Agar terhindar dari penyakit DBD dan DB, kebersihan lingkungan rumah harus tetap terjaga. Selain rajin menguras tempat penampungan air maupun melakukan fogging, meletakan tanaman yang bisa mengusir nyamuk sekitar rumah juga dapat membantu.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa jenis tanaman yang bisa mengusir keberadaan nyamuk, termasuk nyamuk aedes aegypti.

11 Jenis Tanaman Pengusir Nyamuk

Serai Wangi (Citronella)

Tanaman serai wangi atau citronella beraroma lemon direkomendasikan oleh Brooklyn Botanic Garden untuk mengusir nyamuk. Jika ingin membeli jenis tanaman ini, pilih dari spesies citronella winterianus atau cymbopogon nardus yang memiliki aroma paling tajam.

Tumbuhan jenis ini sangat cocok jika ditanam pada daerah dengan iklim hangat serta cahaya matahari yang berlimpah.

Baca Juga : Manfaat Bunga Lavender Tak Hanya untuk Usir Nyamuk

Basil, Kemangi, dan Selasih Hitam

Jenis tanaman pengusir nyamuk ini juga ampuh untuk mengusir serangga. Basil atau Ocimum basilicum ini masih serumpun dengan kemangi.

Kedua jenis tanaman tersebut sama-sama mempunyai aroma yang tajam, sehingga lalat dan nyamuk tidak menyukainya.

Bahkan bukan cuma basil, nyamuk juga tidak menyukai aroma kemangi (lemon basil) dan selasih hitam (cinnamon basil).

Marigold

Bunga marigold menjadi salah satu jenis tanaman pengusir nyamuk karena memiliki aroma yang tidak begitu sedap. Bahkan, beberapa daerah menyebutnya bunga telekan lantaran aroma bunga marigold tercium kurang sedap.

Meski kurang sedap, namun aroma bunga tersebut juga tidak disukai oleh nyamuk. New York Botanical Garden menyebutkan bahwa, tanaman jenis marigold ini tak hanya bisa mengusir nyamuk. Tapi juga untuk mengusir lalat putih, kutu daun, serta hama serangga lain.

Catnip

Jenis tanaman pengusir nyamuk yang berikutnya adalah catnip atau Nepeta cataria. Catnip merupakan jenis tanaman yang masih keluarga mint.

Tanaman ini tumbuh liar di padang rumput dan halaman rumah. Meskipun begitu, tanaman catnip dijual secara komersial untuk mengusir nyamuk.

Baca Juga : Mengusir Lalat di Rumah Paling Ampuh dan Cepat, Begini Caranya

Dalam penelitian yang dilakukan Iowa State University juga menunjukkan jika catnip bisa mengusir nyamuk. Bahkan, lebih ampuh daripada DEET atau N,N Diethyl meta toluamide yang populer sebagai bahan untuk obat membasmi nyamuk.

Geranium Berdaun Wangi (Scented Geranium)

Di seluruh dunia banyak sekali spesies geranium ini ditemukan. Bahkan, kandungan minyak aromatik juga ada dalam daun tanaman jenis Pelargonium ini. Aroma minyak itulah yang tidak disukai oleh nyamuk.

Beberapa jenis tanaman geranium juga memiliki daun yang wangi. Aroma minyak esensial yang terkandung dalam tanaman jenis geranium hampir sama dengan Citronella.

Spesiesnya meliputi pelargonium crispum, pelargonium x melissinum, pelargonium citronellum atau pelargonium mabel grey, serta pelargonium citrosum.

Bee Balm

Bee balm (horsemint) merupakan salah satu jenis tanaman pengusir nyamuk dari tanaman genus monarda yang memiliki aroma unik. Lebah dan kupu-kupu menyukainya, tapi nyamuk justru membencinya.

Nyamuk tidak menyukai minyak aromatik yang terkandung pada bagian daun bee balm. Selain itu, tanaman ini juga mempunyai bunga dengan aneka warna dan corak yang indah.

Rosemary

Tanaman rosemary juga masuk dalam daftar jenis tanaman pengusir nyamuk alami. Selain itu, tanaman tersebut juga bisa untuk bumbu masakan ala barat serta aromaterapi.

Baca Juga : Menanam Serai di Rumah, Cara Alami Hindari Gigitan Nyamuk

Mint

Daun mint punya banyak manfaat. Bisa untuk bumbu penyedap masakan dan minuman teh. Atau bisa juga untuk perawatan kulit kepala dan penyejuk kulit. Bukan hanya itu, ternyata aroma daun mint yang harum cukup ampuh untuk mengusir nyamuk.

Bawang-bawangan (Allium)

Jenis tanaman pengusir nyamuk selanjutnya yaitu tanaman bawang-bawangan dari jenis allium. Aroma tanaman ini cukup tajam sehingga ampuh mengusir serangga.

Beberapa contoh tanaman genus Allium yang banyak kita jumpai adalah bawang bombay, bawang merah, bawang daun, bawang perai, kucai, dan lokio.

Sage

Tanaman ini terkenal sebagai tanaman rempah berdaun aromatik. Aroma tersebut berfungsi sebagai pengusir nyamuk atau jenis serangga lainnya yang cukup efektif. Jadikan sage kering yang diolah sebagai obat nyamuk semprot alami.

Floss Flower

Ageratum houstonianum atau floss flower memiliki bunga yang berwarna ungu. Bagian bunganya mengandung coumarin yang ampuh mengusir nyamuk.

Meski begitu, bagian bunganya ini bisa mengakibatkan keracunan kalau sampai termakan manusia maupun hewan peliharaan.

Lavender

Lavender merupakan jenis tanaman pengusir nyamuk yang ampuh. Sejumlah penelitian telah membuktikannya. Aroma harum minyak esensial terkandung dalam bunga lavender. Meski aromanya harum, namun nyamuk tidak menyukainya.

Itulah daftar jenis-jenis tanaman yang ampuh untuk mengusir nyamuk. Letakan tanaman-tanaman tersebut di beranda maupun teras rumah. (Eva/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah