Jika Parkir Langganan Berlaku, Jukir di Ciamis Bakal Digaji Bulanan

Parkir Langganan Ciamis
Dedi Iswadi, Kepala UPTD Dishub Ciamis saat memberi pengarahan kepada sejumlah petugas parkir terkait rencana kebijakan parkir langganan di Ciamis. Foto: Fahmi/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Dedi Iswadi, SE Kepala UPTD Parkir Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, menyambut baik rencana kebijakan bayar parkir langganan per tahun bagi pengguna kendaraan roda dua dan roda empat.

Karena itu, UPTD Parkir Dishub Ciamis terus melakukan pembinaan kepada para juru parkir (Jukir). Menurut Dedi, dibutuhkan 150 petugas parkir yang akan menjaga 80 titik tempat parkir di seluruh wilayah Kabupaten Ciamis.

“Juru parkir yang dibutuhkan nanti diperkirakan sebanyak 150 orang se-Kabupaten Ciamis. Tugasnya mengatur parkir kendaraan di bahu jalan,” terang Dedi kepada HR Online, Kamis (21/01/2021).  

Baca Juga: Retribusi Parkir Tahunan di Ciamis Tak Lolos Evaluasi Pemprov

Dedi mengatakan, nantinya akan ada seleksi para petugas parkir. Sementara mekanismenya sendiri akan dirancang mulai tes, hingga training tata cara bekerja. Dengan begitu, para petugas parkir tersebut bisa memberikan pelayanan ideal bagi masyarakat Ciamis ketika menggunakan jasa parkir di bahu jalan.

“Para petugas parkir rencananya akan mendapatkan gaji per bulan, ketika nanti berlaku kebijakan bayar parkir berlangganan per tahun. Besarannya sendiri nominalnya akan disesuaikan,” ucapnya.

Dedi menyampaikan, UPTD Parkir Dishub Ciamis saat ini terus berbenah untuk melakukan pemetaan yang jelas. Terutama pemetaan terkait berapa jumlah petugas yang akan dibutuhkan secara total. Nantinya kebutuhan petugas parkir ini disesuaikan dengan luas parkir yang ada di Kabupaten Ciamis. 

Baca Juga: Pemda Ciamis Kecewa, Perda Retribusi Parkir Tahunan Tak Bisa Disahkan

“Ketika kebijakan parkir langganan di Ciamis dilaksanakan akan ada tambahan PAD (Pendapatan Asli Daerah) dari sektor parkir. Sehingga harus benar-benar dilakukan pembenahan untuk memberikan pelayanan yang baik bagi masyarakat,” pungkasnya.

Sementara itu sebelumnya diberitakan, rencana Pemkab Ciamis bersama DPRD Ciamis mensyahkan Perda Retribusi Parkir Berlangganan atau tahunan terpaksa harus ditunda. Pasalnya, Perda tersebut tidak lolos evaluasi Pemprov Jabar. Namun, Pemkab bersama DPRD Ciamis berencana mengadakan audensi dengan Pemrpov Jabar untuk meloloskan Perda tersebut. (Fahmi/R7/HR-Online)

Editor: Ndu