Junaedi Salat Meninggal Dunia, Aktor Ali Topan Anak Jalanan

Junaedi Salat Meninggal Dunia, Aktor Ali Topan Anak Jalanan
Jnaedi Salat meninggal dunia. Foto: voi.id

Kabar duka Junaedi Salat meninggal dunia malam tadi pada jam 20.09 WIB dalam RS PGI Cikini Jakarta. Kabar duka tersebut tersebar pertama kali dari salah satu kerabat Junaedi Salat yaitu Mulyo P.

Berita duka ini telah tersebar dari PARFI Evry Joe dengan ungkapan turut berbelasungkawa atas meninggalnya aktor Ali Topan Anak Jalanan tersebut. 

Kepopuleran Junaedi atau Ali Topan ini pada tahun 70-80an melalui perannya pada film dengan judul Ali Topan Anak Jalanan pada waktu itu. 

Baca Juga: Ibunda Denny Cagur Meninggal Dunia Akibat Gagal Ginjal

Evry Joe mengungkapkan kebanggaannya terhadap junaedi akan perannya yang terbaik dan karya-karyanya yang sangat menginspirasi artis dan aktor Indonesia. 

Biografi dan Karya-Karya Junaedi Salat Meninggal Dunia

Junaedi Salat merupakan salah satu aktor legendaris yang lahir di Lampung dengan tanggal kelahiran 2 September 1950. Junaedi Salat telah membintangi puluhan judul film terbaik.

Beberapa film yang ia bintangi adalah Pacar Pilihan, Ali Topan Anak Jalanan, Puber, Remaja di Lampu Merah, Gadis Kampus, Bunga Cinta Kasih, dan Betapa Damai Hati Kami. Bahkan masih banyak lagi judul film yang ia bintangi. 

Selain itu, Junaedi merupakan musisi serta pencipta lagu. Melalui karya-karyanya yang sangat populer salah satunya dengan menciptakan lagu yang bertajuk Sabda Alam. Lagu tersebut telah melambung, dengan penyanyi terkenal yaitu Chrisye. 

Masa sebelum Junaedi Salat meninggal dunia untuk pertama kali membintangi judul film Aku Tak Berdosa. Ia membintangi judul film tersebut dengan Dewi Puspa. Sedangkan film keduanya berjudul Susana yang ia bintangi bersama Yenny Rachman. 

Namun ia mulai populer dan melambung namanya dengan membintangi judul film Ali Topan Anak Jalanan pada tahun 1977. Saat itu ia berperan dengan Yati Octavia.

Baca Juga: Kartika Putri Berseteru dengan dr Richard Lee, Berujung dengan Somasi

Informasi dari beberapa sumber, Junaedi Salat pindah ke Jakarta setelah menyelesaikan pendidikan Sekolah Menengah Pertama dan melanjutkan SMA di Jakarta.

Karirnya semakin merambah naik sejak aktor yang ia tekuni di awal ia bekerja, yaitu di Taman Ismail Marzuki sebagai pengurus gedung. 

Pada saat itu ia bekerja sambil bersekolah. Sampai akhirnya ia mendapatkan tawaran untuk syuting dan bermain film. Itulah karir sebelum Junaedi Salat meninggal dunia.

Dengan peran film pertamanya pada tahun 1972 yaitu film Aku Tak Berdosa tersebut, ia semakin melejit naik pada tahun 1974 pada film keduanya.

Junaedi merupakan seniman yang sukses meluncurkan album musik seperti Joni Teler, Burung Camar, Vonny Sumlang, album Guruh Soekarno Putra Gilang Indonesia, Percik Pesona Chrisye, dan lainnya yang masih banyak lagi.

Daftar Film yang Junaedi Bintangi Beserta Karya Terbaik

Beberapa film yang dibintangi sebelum Junaedi Salat meninggal dunia adalah sebagai berikut:

  1. Pacar Pilihan tahun 1975
  2. Puber tahun 1978
  3. Mencari Cinta tahun 1979
  4. Colak Colek tahun 1979
  5. Gita Cinta Dari SMA tahun 1979 berperan dengan Rano Karno dan Yessy Gusman
  6. Remaja di Lampu Merah tahun 1979
  7. Gadis Kampus tahun 1979
  8. Di Ujung Malam tahun 1979
  9. Susana tahun 1974 berperan dengan Yenny Rachman
  10. Modal Dengkul Kaya Raya tahun 1978
  11. Ali Topan Anak Jalanan 
  12. Masih Adakah Cinta tahun 1980
  13. Jangan Sakiti Hatinya tahun 1980
  14. Halo Sayang tahun 1980
  15. Bunga Cinta Kasih tahun 1981
  16. Fajar yang Kelabu tahun 1981
  17. Hidup Tanpa Kehormatan tahun 1981
  18. Simponi yang Indah tahun 1981, dan masih banyak lagi.

Karya Musik Junaedi Salat

Sebelum Junaedi Salat meninggal dunia, karya salah satunya album Burung Camar diproduksi Lolypop Record dengan beberapa judul lagu. Hanya Untuk Dikau, Mimpi, Pagi yang Sendu, Aku, Titik Terang, dan Si Ochi.

Baca Juga: Vokalis Kapten Band Ditangkap Saat Nyabu, Ancaman 20 Tahun Penjara

Kemudian album Joni Teler yang sudah produksi JAL Records dengan lagu Tato, Dia yang Mempesona, Apa Adanya, Apalagi, Cinta Abadi, Nostalgia Alfons, Kasih, dan Masa Remaja.

Sedangkan album Vonny dengan judul lagu terkenal, yaitu Masa Masaku Dulu dan Album Chrisye Percik Pesona Lestariku, Dewi Khayal dan Damba di Dada.

Album selanjutnya adalah album Emerald Cemas, yaitu judulnya Ngeceng dan Mesra. Album Kumpulan Artis Beken, judul yang populer adalah Surat Cinta. Lalu album lain adalah Ratna Juwita dengan judul Aku Menunggu yang sudah diproduksi oleh Harpa Record. 

Karya lainnya sebelum Junaedi Salat meninggal dunia yaitu Dambaanku Lukisan Dewata berduet bersama Guruh Soekarno Putra. Setelah Junaedi Salat meninggalkan dunia hiburan, ia berpindah agama menjadi pendeta sampai ia menutup usia tadi malam. Selamat jalan Junaedi Salat, karya-karyamu akan kami kenang sepanjang masa. (R10-HR-Online)

Editor: Ndu