Kadinsos Ciamis; Meninggal Karena Covid-19 Dapat Santunan Rp 15 Juta

Kadinsos Ciamis Meninggal Karena Covid-19 Dapat Santunan Rp 15 Juta
Kepala Dinas Sosial Kabupaten Ciamis, Agus Kurnia Kosasih, mengungkapkan, masyarakat yang meninggal karena Covid-19 dapat santunan Rp 15 juta dari pemerintah. Foto : Fahmi Albartiansyah/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Agus Kurnia Kosasih, mengungkapkan, ada santunan dari pemerintah untuk warga yang meninggal karena Covid-19.

“Santunan tersebut jumlah besarannya Rp 15 juta,” ungkap Agus kepada HR Online, Selasa (26/01/2021).

Namun hingga saat ini pihaknya belum menerima pengajuan dari masyarakat atau ahli waris anggota keluarga yang meninggal karena Covid-19. 

“Memang pemerintah pusat memberikan santunan bagi masyarakat yang meninggal karena Corona. Akan tetapi, sampai sekarang belum ada pengajuan dari warga terkait anggota keluarganya yang meninggal karena Covid-19,” tuturnya. 

Terkait dengan persyaratan untuk mendapatkan santunan, Agus menjelaskan, seorang ahli waris korban Covid-19 harus menyertakan photo copy kartu identitas korban.

Kemudian, kartu keluarga korban, surat keterangan ahli waris, kartu identitas ahli waris. Dan syarat terakhir adalah nomor rekening ahli waris (jika memungkinkan dilampirkan dokumentasi).

Ketika dokumen persyaratan sudah lengkap, maka pihaknya secara berjenjang dapat mengajukan permohonan kepada Kementerian Sosial untuk santunan tersebut.

“Asalkan ahli waris dapat menyertakan surat keterangan dari rumah sakit atau puskesmas, atau bisa juga dinas kesehatan setempat, bahwa yang bersangkutan adalah korban Covid-19,” jelasnya. (Fahmi/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto