Senin, Oktober 18, 2021
BerandaBerita TerbaruKaret Pintu Mobil, Tips Merawatnya Agar Tetap Awet dan Tahan Lama

Karet Pintu Mobil, Tips Merawatnya Agar Tetap Awet dan Tahan Lama

Karet pintu mobil memiliki manfaat yang banyak pada kendaraan. Anda perlu melakukan perawatan yang tepat agar komponen tersebut bisa berfungsi dengan optimal.

Sebab, jika tidak anda rawat, tentu akan mempercepat usia pemakaian komponen tersebut. Pada bagian seluruh pintu mobil pada umumnya dikelilingi oleh karet.

Fungsinya sebagai penutup celah pintu agar tetap rapat. Ada banyak manfaat yang bisa diberikan oleh komponen tersebut. Antara lain mencegah masuknya air, udara, debu, dan lumpur agar tidak merembes pada bagian dalam mobil.

Komponen tersebut akan berfungsi dengan baik ketika dalam keadaan bagus dan terawat. Namun, jika kondisinya buruk dan tidak terawat, akan berpengaruh pada kondisi kabin mobil.

Udara panas dari luar akan masuk ke dalam mobil, bahkan saat hujan pun air juga bisa masuk merembes. Maka dari itu, sebaiknya anda perlu melakukan perawatan pada karet pintu mobil agar bisa berfungsi dengan baik.

Sama seperti komponen mobil lainnya yang butuh perawatan. Sehingga membantu masa pemakaiannya lebih lama dan berfungsi dengan baik. Karet pun juga bisa mengalami masalah atau kerusakan.

Hal ini juga kemungkinan besar terjadi jika perawatannya kurang. Sehingga timbul berbagai masalah yang terjadi. Masalah tersebut bisa dikenali dari berbagai kondisi. Namun, yang paling sering terjadi yaitu lepasnya komponen tersebut dari bingkai pintu.

Baca Juga : Pelindung Pintu Mobil, Pilih Bahan Elastis Agar Mudah Dipasang

Sehingga karet keluar dari sela-sela pintu. Hal ini bisa membuat pintu tidak mudah ditutup, bahkan kesulitan saat akan menutupnya.

Sebaiknya anda berikan perawatan yang tepat guna memaksimalkan fungsi komponen tersebut. Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk merawat komponen tersebut.

Tips Merawat Karet Pintu Mobil Agar Tetap Awet

Mobil atau semua kendaraan memiliki komponen dengan fungsi masing-masing. Salah satu komponen yang memiliki fungsi penting yaitu karet pada pintu.

Komponen tersebut cukup vital karena fungsinya yang banyak. Jika tidak ada komponen tersebut, pintu akan bermasalah dan bagian kabin pun juga ikut kena dampaknya.

Karet pada bagian pintu juga memiliki peranan sebagai peredam saat pintu akan terbuka atau tertutup. Ada juga pemilik kendaraan yang menambahkan tambahan karet universal sehingga bisa meredam suara lebih bagus.

Semua komponen pada kendaraan akan mulai berkurang fungsinya setelah lama terpakai. Begitu juga dengan komponen tersebut akan berkurang fungsinya jika sudah lama terpakai.

Ada tanda-tanda ketika komponen tersebut sudah mulai mengalami kerusakan, bahkan perlu anda ganti segera. Anda bisa lihat dari teksturnya yang keras dan tidak elastis.

Baca Juga : Hidrolik Pintu Mobil, Cara Perawatan dan Ciri-Ciri Kerusakannya

Namun, sebenarnya anda bisa mengatasi agar komponen tersebut lebih tahan lama. Caranya yaitu dengan melakukan perawatan secara rutin.

Jika anda masih belum tahu berikut ini ada beberapa tips merawatnya agar awet dan tahan lama. Berikut ini ulasan selengkapnya:

Bersihkan Secara Tepat dan Rutin

Tips merawat karet pintu mobil bisa anda lakukan dengan membersihkan komponen tersebut. Banyaknya kotoran yang menempel pada karet tentu akan mengurangi kinerjanya.

Cara yang bisa anda lakukan yaitu dengan mencucinya. Gunakan air bersih agar debu dan kotoran bisa rontok dari komponen tersebut. Jika tidak, anda juga bisa gunakan cairan silikon untuk tetap menjaga agar karet dalam keadaan lembab.

Cairan ini akan cukup bermanfaat ketika karet sering terpapar sinar matahari. Sehingga mengakibatkan komponen tersebut kering. Bahkan minta untuk segera dilakukan penggantian.

Pilih Tempat Parkir yang Aman

Salah satu hal yang bisa menimbulkan kerusakan pada karet pintu mobil yaitu tempat parkirnya yang kurang tepat. Sebaiknya pilih area parkir yang aman yaitu terhindar dari sinar matahari langsung.

Sebab, komponen tersebut akan cepat rusak jika terkena sinar matahari secara terus-menerus. Karet akan mudah keras dan pemakaiannya pun tidak tahan lama.

Baca Juga : Pintu Mobil Tidak Bisa Ditutup, Banyak Gejala yang Ditimbulkan

Sebaiknya cari tempat yang teduh guna memperpanjang usia komponen tersebut. Sehingga anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk melakukan penggantian.

Hindari Kontak Langsung

Saat keluar masuk kendaraan, tentu akan bersentuhan langsung dengan komponen tersebut. Namun, alangkah sebaiknya anda mengurangi hal tersebut dan usahakan menghindari memegang komponen tersebut.

Sebab, gesekan yang terjadi bisa menimbulkan karet pintu mobil rusak atau robek. Itulah yang perlu anda perhatikan untuk memperpanjang usia komponen. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img