KBM Tatap Muka di Ciamis Bisa Digelar, Ini Syaratnya

KBM Tatap Muka Ciamis
Plt. Kepala Dinas Pendidikan Ciamis, Drs. H. Asep Saeful Rahmat. Foto: Feri/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tatap muka di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat bisa digelar, namun harus di wilayah berstatus zona hijau atau zona kuning. Hal tersebut sebagaimana surat keputusan bersama (SKB) empat menteri tentang pembelajaran tatap muka.

Plt. Kepala Dinas Pendidikan Ciamis, Drs. H. Asep Saeful Rahmat menjelaskan, berdasarkan surat keputusan bersama (SKB) empat menteri KBM tatap muka bisa dilaksanakan. Syaratnya, kondisi Covid-19 di daerah tersebut berstatus zona hijau atau kuning.

“Ciamis saat ini berstatus zona oranye. Sehingga tatap muka belum bisa dilaksanakan untuk saat ini,” jelasnya, Kamis (28/1/2021) kepada HR Online.

Asep menuturkan, sebagaimana surat edaran Bupati Ciamis tentang perpanjangan pembelajaran daring, maka proses belajar mengajar masih dilakukan secara online mulai tanggal 26 Januari sampai 8 Februari 2021.

“Untuk saat ini pembelajaran daring kita perpanjang. Namun demikian, meskipun belajar daring peserta didik harus lebih semangat lagi belajarnya,” tuturnya.

Menurutnya, kesiapan dari Dinas Pendidikan Ciamis untuk tatap muka saat ini sudah siap. Karena, pihaknya telah melakukan verifikasi ke seluruh sekolah baik itu SD maupun SMP.

Verifikasi tersebut dilakukan terkait layak tidaknya sekolah tersebut melaksanakan KBM tatap muka pada masa pandemi Covid-19.

“Hasil dari verifikasi kemarin, semua sekolah layak. Namun memang ada beberapa sekolah yang saat verifikasi belum memenuhi, tapi kami instruksikan untuk melengkapinya dan hasilnya semua sudah layak,” tuturnya.

KBM Tatap Muka di Ciamis Kewenangan Kepala Daerah

Asep mengatakan, jika nanti kasus Covid-19 di Ciamis turun dan berstatus zona kuning, tidak otomatis langsung berlaku KBM tatap muka. Pasalnya, kebijakan KBM tatap muka merupakan kewenangan kepala darah.

“Kalau kata Bupati, KBM tatap muka bisa digelar kami langsung buka. Tapi kalau tidak bisa, kami juga tidak bisa berbuat apa-apa. Itu semua kewenangan Bupati,” katanya.

Asep berharap, kasus Covid-19 kembali menurun supaya KBM tatap muka di Ciamis bisa dilaksanakan dengan nyaman dan lancar tanpa kekhawatiran lagi.

“Tentunya kami menginginkan Covid-19 ini hilang. Maka dari itu mari kita sama-sama selalu menerapkan protokol kesehatan dengan cara selalu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak,” pungkasnya. (Ferry/R7/HR-Online)

Editor: Ndu