Kedisiplinan Penerapan Prokes di Baregbeg Ciamis Meningkat Signifikan

Kedisiplinan penerapan prokes di Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, meningkat signifikan. Foto: Ferry/HR.
Kedisiplinan penerapan prokes di Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, meningkat signifikan. Foto: Ferry/HR.

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Kedisiplinan penerapan prokes di Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, meningkat signifikan selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Hal itu diketahui setelah Satgas Covid-19 Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, gencar melakukan Operasi Yustisi di beberapa daerah yang ada wilayah tersebut.

“Alhamdulillah, setelah rutin melakukan Operasi Yustisi, pelanggar yang kami tindak saat ini berkurang. Artinya, ketaatan masyarakat dalam kedisiplinan penerapan prokes meningkat,” kata Camat Baregbeg, Edy Yulianto, Kamis (21/01/2020), usai kegiatan Operasi Yustisi.

Ia juga mengatakan, operasi kali ini menyasar masyarakat yang tidak memakai masker saat bepergian. Hasilnya, ada sekitar 20 orang yang petugas tindak, yakni berupa sanksi sosial. Biasanya ada sekitar 50 orang yang melanggar protokol kesehatan ketika Operasi Yustisi.

Selain melakukan razia masker, lanjut Edy, dalam Operasi Yustisi tersebut pihaknya mendatangi tempat hajatan. Tujuannya untuk mengecek penerapan protokol kesehatannya.

Baca Juga : Selama PPKM, Satgas Covid-19 Pamarican Ciamis Sisir Perkampungan

“Kita cek, memang ada kesiapan protokol kesehatannya, seperti halnya tempat cuci tangan, penggunaan masker, serta membatasi pengunjung. Jadi jangan berkerumun, hanya kegiatan intinya saja yang bisa dihadiri,” tuturnya.

Edy mengimbau kepada masyarakat, selama PPKM agar tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dengan cara 3M, memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

“Intinya, meskipun kedepanya akan ada vaksinasi, tetapi jangan kendor untuk selalu menerapkan 3M. Kemudian, rajin olahraga dan konsumsi makanan bergizi biar imun kita meningkat,” pungkasnya. (Ferry/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah