Keripik Basreng Khas Bandung, Camilan Renyah Ekstra Pedas Terlaris

Keripik Basreng Khas Bandung
Keripik Basreng Khas Bandung. Foto: youtube.com

Keripik basreng khas Bandung salah satu camilan modifikasi dari bakso dengan rasa yang sangat nikmat. Camilan ini terbuat dari olahan bakso ikan yang telah diiris tipis yang selanjutnya digoreng.

Selain itu, anda juga dapat menikmati sajian keripik basreng dengan taburan bumbu yang pedas. Pada umumnya, para penjual basreng menyajikan camilan ini dengan tingkat kepedasan yang sangat bervariasi sesuai dengan selera pembeli.

Selain varian pedas, basreng juga terdapat varian lain tergantung dengan bumbu perisa yang digunakan. Yang antara lain rumput laut, keju, dan lain sebagainya.

Baik dari segi varian rasa, proses penggorengan basreng bisa kering atau setengah matang. Basreng goreng kering memiliki cita rasa yang renyah seperti kerupuk. Sedangkan untuk basreng goreng setengah matang akan terasa kenyal saat dikunyah.

Keripik Basreng Khas Bandung

Tidak perlu anda ragukan lagi, jajanan khas Bandung cukup beragam. Tidak hanya digemari oleh masyarakat Bandung, semua camilan tersebut juga menjadi incaran para wisatawan yang hadir ke kota Kembang ini.

Baca Juga: Cara Membuat Serabi Khas Bandung, Tradisional dengan Citarasa Khas

Salah satu jenis camilan Sunda yang memiliki banyak penggemar adalah basreng khas Bandung. Camilan ini dapat dengan mudah anda temukan pada sudut-sudut kota Bandung.

Keripik basreng atau singkatan dari bakso goreng kering yang memiliki citarasa renyah krispy dengan campuran bumbu super pedas.

Selain sebagai camilan sehari-hari, keripik basreng khas Bandung dapat menjadi oleh-oleh saat anda berkunjung ke kota Bandung.

Pada umumnya, banyak penjual yang menjajakan keripik basreng pada berbagai tempat keramaian. Seperti di depan mal, mini market, halaman sekolah, atau tempat umum lainnya.

Bahkan dengan perkembangan teknologi saat ini, camilan yang pada umumnya dijajakan oleh para pedagang kaki lima, kini banyak dijual oleh para internet marketer pada Facebook, e-commerce, hingga Twitter.

Camilan basreng khas Bandung telah terjual dalam kemasan khusus dengan menggunakan merk. Menariknya lagi, keripik basreng tersaji dalam rasa pedas dengan memiliki level kepedasan.

Bahan dan Proses Pembuatan Keripik Basreng Khas Bandung

Bahan untuk pembuatan camilan ini sama dengan bahan dalam pembuatan bakso. Yang terdiri dari tepung tapioka dengan daging sapi atau ikan.

Akan tetapi, untuk keripik basreng pada umumnya menggunakan bakso berbahan ikan tengiri. Setelah adonan menjadi bakso, selanjutnya bakso biarkan dalam suhu ruang selama 2 hari.

Baca Juga: Lumpia Basah Bandung, Kuliner Tradisional Pasundan yang Kaya Manfaat

Proses berikutnya potong bakso sesuai ukuran serta bentuk sesuai keinginan. Untuk para pedagang yang menjajakan keripik basreng khas Bandung, mereka tidak akan memotong bakso sebelum ada seorang pembeli.

Bakso mereka biarkan dalam keadaan bulat sebesar bakso pada umumnya. Setelah adanya pembeli, maka bakso tersebut mereka potong kecil-kecil.

Yang kemudian potongan bakso tersebut mereka goreng pada minyak yang sudah panas. Selanjutnya tiriskan bakso yang telah anda goreng. Kemudian keripik bakso oleh penjual bertabur dengan cabai dan mereka masukkan ke dalam kemasan.

Ciri Khas Keripik Basreng Khas Bandung

Masyarakat dapat membeli keripik basreng pada pedagang-pedang basreng yang berada di setiap pinggir jalan Kota Bandung. Harga satu bakso untuk pembuatan keripik basreng relatif murah yang sekitar Rp. 1000 hingga Rp 2000. Akan tetapi, pada umumnya para pembeli akan membeli bakso dalam jumlah yang banyak, 5 hingga 10 bakso.

Selanjutnya potongan-potongan basreng akan nampak merah dengan taburan cabai yang sangat pedas. Keripik basreng yang melalui proses goreng hingga kering akan terasa renyah dan keras.

Agak sulit saat menggigitnya, karena basreng tidak empuk seperti bakso bulat. Sedangkan yang melalui proses goreng setengah matang akan terasa kenyal.

Rasa pedas hingga level paling pedas menjadi sensasi tersendiri saat mengunyah camilan khas Bandung ini. Bagi pecinta pedas, tentu camilan ini dapat menjadi camilan favorit. Namun bagi yang tidak biasa menyantap hidangan pedas, siap-siap untuk menahan pedas.

Baca Juga: Tahu Susu Lembang, Oleh-Oleh Khas Bandung Sayang Untuk Dilewatkan

Pulang berlibur dari kota Kembang Bandung tidak lengkap rasanya jika tak membawa oleh-oleh atau jajanan khas dari kota ini. Keripik basreng khas Bandung dapat menjadi rekomendasi pilihan anda untuk memberikan oleh-oleh kepada sanak saudara. Dengan citarasa yang gurih, asin, renyah, dan juga pedas dengan rasa yang dashyat. Tentu hal ini akan membuat ketagihan siapapun yang mencicipinya. (R10/HR-Online)

Editor: Dadang