Keripik Kaca Khas Ciamis, Camilan Unik Pilihan Tepat Pecinta Pedas

Keripik Kaca Khas Ciamis
Keripik Kaca Khas Ciamis. Foto: youtube.com

Keripik kaca khas Ciamis, salah satu camilan yang memiliki tampilan unik dan menarik. Tidak sedikit masyarakat yang mengira camilan tersebut merupakan potongan plastik. Padahal sebenarnya makan tersebut adalah keripik kaca yang memiliki cita ras gurih, asin, pedas, dan nikmat.

Camilan khas Ciamis membuat banyak kalangan penasaran. Keripik kaca biasa disebut dengan beledag singkong oleh masyarakat Sunda.

Merupakan makanan khas Ciamis, Jawa Barat yang cukup legendaris. Keripik kaca atau beledag merupakan sejenis camilan yang menyerupai opak dan terbuat dari singkong. Akan tetapi, memiliki tekstur dan bentuknya lebih tipis.

Keripik Kaca Khas Ciamis

Keripik kaca salah satu camilan dari Ciamis Jawa Barat yang memiliki banyak penggemar. Makanan ini dapat menjadi alternatif camilan santai untuk berbagai suasana.

Baca Juga: Resep Sambal Goang Tasik, Citarasa Khas dengan Sensasi Pedas Gurih

Semakin meningkatnya permintaan akan keripik kaca, membuat camilan ini kian banyak inovasi. Keripik kaca atau beledag singkong Ciamis memiliki banyak varian rasa sehingga membuat camilan ini semakin banyak diminati.

Varian yang banyak peminatnya adalah varian pedas yang menggoda lidah untuk segera menikmatinya. Varian lain dari keripik kaca khas Ciamis adalah original, pedas, hingga ekstra pedas.

Maka tidak heran jika, camilan ini cukup populer pada kalangan remaja pecinta pedas. Bukan hanya para remaja, akan tetapi semua kalangan masyarakat pecinta pedas tentu akan sangat menyukai makanan ringan ini.

Mengenal Keripik Kaca Khas Ciamis

Salah satu kawasan pembuat keripik kaca atau beledag singkong adalah Dusun Sindangraja, Blok Awilarangan, Desa Citeurep, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis.

Yang merupakan salah satu desa yang kaya akan produk pangan yang beragam. Masyarakat Desa Awiluar terkenal sebagai pembuat beledag singkong.

Mereka mengolah serta mengemas produk pangan ini secara tradisional, sehingga berbeda dengan pengelolaan pangan di wilayah perkotaan.

Beledag singkong merupakan sebutan khas camilan legendaris dari wilayah Ciamis. Terbuat dari bahan baku singkong yang diolah sedemikian rupa hingga menghasilkan camilan yang berupa keripik dengan beberapa varian rasa.

Baca Juga: Nasi Timbel Komplit Khas Sunda Dengan Citarasa yang Menggoda

Lain dari keripik singkong pada umumnya, beledag singkong memiliki bentuk yang sangat tipis, hampir sama seperti beling tipis. Maka masyarakat pun menyebutnya dengan keripik kaca. Camilan khas Ciamis pada umumnya terdiri dari tiga rasa yang cukup pasaran, yakni original, pedas, hingga ekstra pedas.

Cara Membuat Keripik Kaca Khas Ciamis

Cara membuat beledag singkong sebenarnya cukup mudah. Salah satu faktor penting dalam pembuatan camilan ini adalah sinar matahari langsung. Bahan utama keripik kaca atau beledag singkong adalah

  • tepung tapioka atau tepung kanji,
  • air putih secukupnya,
  • penyedap rasa sesuai kebutuhan,
  • serta bubuk cabai sesuai dengan selera.

Sedangkan cara pembuatan keripik kaca khas Ciamis antara lain:

  1. Campur semua bahan yang telah dipersiapkan.
  2. Selanjutnya dapat anda masak dengan api kecil. Selama proses memasak campur semua bahan menjadi adonan, sebaiknya adonan tersebut anda aduk terus agar tidak gosong hingga tekstur mengental.
  3. Setelah adonan matang, maka bentuk adonan menjadi tipis di atas plastik yang lebar. Anda dapat melapisi alas terlebih dahulu dengan sedikit minyak. Hal ini bertujuan agar adonan yang anda bentuk tidak lengket.
  4. Apabila pembentukan adonan sudah selesai, maka anda dapat menjemur adonan keripik kaca yang sudah anda bentuk tipis hingga mengering secara sempurna.
  5. Selanjutnya dapat anda potong sesuai dengan selera.
  6. Langkah berikutnya, potongan keripik kaca khas Ciamis dapat anda goreng dengan sedikit minyak dan api kecil. Selanjutnya anda dapat masukkan semua bumbu agar keripik kaca teras gurih, pedas, dan nikmat.
  7. Kemudian beledag singkong atau keripik kaca siap anda santap sebagai camilan teman minum teh.
Baca Juga: Cara Membuat Colenak Khas Bandung Simple, Ketahui Asal Mulanya

Hal penting dalam pembuatan keripik kaca adalah jangan jemur terlalu lama. Hal ini justru dapat membuat tekstur keripik menjadi lebih keras. Pastikan adonan adonan keripik kaca anda buat secara tipis.

Karena jika keripik kaca khas Ciamis memiliki tekstur yang tebal juga akan membuat keripik menjadi lebih keras. Apabila sudah terlanjur tebal, anda dapat menggorengnya dengan minyak panas dengan jumlah yang banyak agar menjadi kerupuk yang renyah. Cara pembuatan camilan ringan ini cukup mudah bukan? (R10/HR-Online)

Editor: Dadang