Kerutan di Bawah Mata dengan Bahan Alami untuk Mengatasinya

Kerutan Dibawah Mata Dengan Bahan Alami Untuk Mengatasinya
Ilustrasi kerutan dibawah mata. Foto: Ist/Net

Kerutan di bawah mata tidak ada salahnya untuk dibiarkan saja. Tetapi terdapat beberapa cara untuk mengatasi kerutan yang ada pada bawah mata.

Setidaknya dengan menggunakan cara ini, dapat membantu anda dalam menyamarkan garis-garis halus yang berada pada bawah mata sehingga terlihat awet muda.

Cara Menghilangkan Kerutan di Bawah Mata Secara Alami

Adanya kerutan bawah mata bisa karena berbagai macam faktor. Bukan hanya dari faktor usia, melainkan penyebab kerutan tersebut bisa terjadi akibat terkena paparan sinar matahari.

Baca Juga : Perawatan Wajah Usia 40 Tahun Keatas Menjadikan Kulit Lebih Muda

Bahkan memiliki kebiasaan merokok juga berpengaruh, pergerakan wajah yang berulang-ulang, terkena alergi, sampai dengan mengkonsumsi secara berlebihan terhadap makanan yang mengandung kadar gula tinggi.

Menggunakan Pelembab

Salah satu cara untuk menghilangkan kerutan pada area bawah mata yaitu dengan memakai pelembab secara rutin. Kelembaban kulit yang tidak terjaga, bisa meningkatkan resiko garis-garis halus yang terdapat pada sekitar mata menjadi tampak nyata.

Anda dapat memakai pelembab yang berguna sebagai peningkatan sirkulasi darah sekaligus sel-sel kulit baru.

Memakai Krim Mata

Anda bisa atasi dengan mengoleskan krim mata saat malam hari. Hal tersebut sebagai cara menghilangkan garis halus. Termasuk kerutan dibawah mata.

Baca Juga : Cara Contouring Wajah Bulat Menambah Kepercayaan Diri Anda

Pastikan juga anda memilih krim untuk mata yang tidak rentan menyebabkan alergi serta zat wewangian supaya tidak mengakibatkan iritasi pada kulit bawah mata.

Anda juga bisa memilih krim mata yang bertekstur ringan dan tidak berminyak. Terdapat beberapa kandungan yang menjadi anjuran pada krim mata.

Mulai dari retinol atau retinoid (turunan pada vitamin A), peptida, yang mengandung vitamin C, serta asam hialuronat. Beberapa kandungan tersebut bisa merangsang regenerasi sel kulit mati sampai merangsang produksi kolagen.

Mengeksfoliasi Kulit Area Mata Dengan Lembut

Cara menghilangkan kerutan dibawah mata dapat anda lakukan dengan merangsang pertumbuhan sel kulit baru. Oleh karena itu, saran bagi anda untuk mengeksfoliasi sel kulit mati pada area bawah mata dengan lembut.

Pastikan juga anda hanya menggunakan produk perawatan kulit yang telah terancang secara khusus untuk area bawah mata. Penting pula untuk anda, melakukan eksfoliasi secara lembut dan juga tidak menyentuh permukaan mata secara langsung.

Mengoleskan Minyak Zaitun

Minyak zaitun memiliki manfaat untuk kecantikan yang memang sangat berlimpah. Hal ini karena minyak zaitun memiliki kandungan yang baik untuk kulit, seperti vitamin E serta K.

Tak bisa terpungkiri apabila beberapa orang banyak yang memakai untuk melembabkan kulitnya serta menghilangkan kerutan pada bawah mata.

Baca Juga : Kulit Wajah Terasa Kaku, Simak Tips Dapatkan Kulit Lebih Lembab

Memang belum terdapat riset medis yang membuktikan manfaat minyak zaitun untuk menghilangkan kerutan dibawah mata. Namun, mengoleskannya sedikit pada area sekitar mata bisa membantu menjaga kelembaban kulit.

Selain itu, juga mengoleskan minyak zaitun langsung ke permukaan kulit. Anda juga bisa menambahkan sejumput bubuk kunyit. Aduk merata sampai menjadi pasta kental.

Kemudian, mengoleskan pada permukaan kulit bawah mata. Anda bisa mendiamkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air suam-suam kuku sampai bersih.

Menggunakan Masker Pepaya

Untuk menghilangkan kerutan dibawah mata secara alami juga tak ada salahnya anda lakukan. Anda dapat menghaluskan seperempat buah pepaya dan tambahkan sedikit madu dalam sebuah mangkuk kecil. Aduk secara merata sampai menjadi pasta.

Oleskan pada area bawah mata, lalu tunggu sampai mengering. Kemudian bilas wajah anda dengan air suam-suam kuku. Kandungan buah pepaya memiliki antioksidan di dalamnya untuk membantu menutrisi juga melembabkan kulit.

Mengkonsumsi Makanan Sehat

Cara alami untuk menghilangkan kerutan pada area bawah mata juga perlu anda lakukan. Ini berarti anda harus mengonsumsi makanan yang sehat dan juga bergizi.

Sejumlah nutrisi serta zat gizi membawa vitamin A, vitamin C, serta vitamin E bisa membantu kulit anda tetap terawat. Oleh karena itu, bisa menghindari tanda-tanda penuaan pada bawah mata.

Berbagai makanan yang dapat anda konsumsi guna menjaga kesehatan kulit, yaitu ikan, alpukat, sayur brokoli, tomat, coklat hitam, serta berbagai jenis buah-buahan.

Menghindari Stres

Cara menghilang kerutan dibawah mata selanjutnya yaitu dengan anda mengurangi stres. Karena stres, tubuh bisa mengeluarkan hormon kortisol secara berlebih pada aliran darahnya.

Peningkatan produksi hormon tersebut bisa mengakibatkan pemecahan sel-sel pada kulit. Tanpa terkecuali pada area sekitar mata. (R10/HR-Online)

Editor : Eva Latifah