Ketahanan Pangan di Ciamis, Kecamatan Baregbeg-Poktan Tanam Jagung

Ketahanan Pangan di Ciamis,
Guna menjaga ketahanan pangan di Ciamis, Kecamatan Baregbeg dan Poktan menanam jagung, Selasa (19/1/2021). Foto: Ferry/HR

Berita Ciamis (Harapanrakyat.com),- Kelompok tani (Poktan) Harapan Laksana III dan Pemerintah kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat tanam jagung, Selasa (19/1/2021). Tujuannya sebagai upaya menjaga ketahanan pangan saat pandemi Covid-19.

Camat Baregbeg, Edy Yulianto mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi atas kegiatan penanaman benih jagung di Agro Eduwisata Garuda Mupuk, Desa Sukamulya. Hal ini tentunya sebagai upaya nyata dalam rangka menjaga ketahanan pangan pada masa pandemi Covid-19.

“Ada sekitar 10 hektare lahan yang kita tanam benih jagung. Kalau semuanya ada 50 hektare, namun untuk berbagai komoditi lainnya. Yang kami lakukan sudah menanam jagung dan pepaya. Penanaman tentunya kita lakukan bertahap,” katanya.

Menurutnya, kegiatan penanaman benih jagung ini sangat bagus sekali. Apalagi saat ini sedang dalam kondisi pandemi Covid-19  ketika perekonomian menurun. Maka dari itu dengan terus menanam beberapa komoditi ini bisa menjaga ketahanan pangan untuk kedepannya.

“Jadi tidak hanya tanam benih jagung. Nanti juga kita akan menanam padi, sayuran dan komoditi lainnya. Dengan banyaknya bahan makanan nanti, insyaallah kita bisa melewati masa pandemi saat ini, tanpa harus kekurangan pangan,” tuturnya.

Edy berharap, dengan adanya penanaman jagung ini nantinya menjadi berkah untuk semua. Hasilnya juga nanti bisa dinikmati oleh masyarakat.

“Mudah-mudahan saja nanti panen, hasilnya bisa berlimpah, sehingga semua masyarakat bisa menikmatinya,” pungkasnya. (Ferry/R9/HR-Online)

Editor: Dadang