Keunggulan Printer Pixma G Series Terbaru dari Canon

Keunggulan Printer Pixma G Series
Merry Harun – Director of Canon Business Unit pt. Datascrip saat memaparkan Keunggulan Printer Pixma G Series. Foto: Istimewa

Keunggulan Printer Pixma G series sudah terkenal sejak seri sebelumnya dengan berbagai kelebihan yang ada. Pixma G series terbaru juga kini telah hadir dengan versi baru serta keunggulan yang tidak kalah menarik.

Canon saat ini telah menghadirkan empat printer Pixma seri G baru melalui pt. Datascrip yang merupakan Authorized Distributor dari Canon.

Tipe perangkat cetak seri G ini antara lain, Pixma G1020, G2020, G3020 serta G3060 dengan teknologi terbaru dan memiliki kemampuan lebih pada tiap serinya.

Kehadiran empat alat cetak terbaik ini menarik banyak perhatian karena kelebihannya dalam berbagai hal dan dapat lebih memudahkan pekerjaan.

Terlebih pada bagian-bagian yang seringkali mengalami masalah atau sulit bagi pengguna untuk melakukan perawatan sendiri.

Beberapa keunggulan printer Pixma G series ini, seperti dalam perawatan dan kemampuan mencetak dalam jumlah besar serta kualitas yang sangat baik.

Dalam hal ini, Canon nampaknya benar-benar mengerti keinginan dari para konsumennya, karena perubahan serta peningkatan printer terbaru ini sangat esensial.

Canon mengklaim produk keluaran terbarunya ini dapat lebih meningkatkan produktivitas kerja supaya lebih maksimal.

Director of Canon Business Unit pt. Datascrip, Merry Harun, menjelaskan, kalau perangkat barunya ini sangat handal dalam mencetak dokumen meski dalam jumlah besar.

Empat alat cetak yang baru ini dapat menunjang kerja lebih produktif dengan kemampuannya mencetak dengan cepat, namun lebih efisien meskipun dalam jumlah ribuan halaman.

Selain itu, masih ada beberapa kelebihan lainnya, baik yang ada pada semua seri serta yang terdapat pada setiap serinya secara spesifik.

Baca juga: Printer Canon PIXMA TR150, Penunjang Bisnis Super Canggih dan Bisa Dibawa ke Mana-mana

Keunggulan Printer Pixma G Series

Dalam menciptakan pengembangan, Canon telah menyesuaikan upgrade dengan spesifikasi kerja dan kebutuhan penggunaannya.

Namun, meski terdapat keunggulan secara spesifik sesuai penggunaan, perusahaan ini juga memberikan kelebihan secara umum pada semua serinya.

Berikut ini beberapa hal menarik yang terdapat bada semua seri PIXMA seri G baru yang dapat memudahkan Anda saat menggunakannya.

Teknologi Ink Tank

Keunggulan Printer Pixma G series yang pertama adalah sudah memiliki ink tank dengan menggunakan teknologi terbaru.

Tangki tinta ini memiliki sistem isi ulang yang dapat memudahkan pengguna saat akan melakukan pengisian.

Bentuk tutup atau nozzles telah didesain khusus dan hanya sesuai dengan mulut botol isi ulang pada setiap warna.

Hal ini akan mencegah kesalahan dalam mengisi warna karena selang nozzles yang sesuai, botol dengan warna tertentu memiliki kode tersendiri.

Adanya tutup yang sesuai ini mampu mencegah tinta tumpah saat mengisi ulang, di mana permasalahan ini kerap pengguna alami yang akhirnya dapat membuat alat ini cepat rusak.

Dengan adanya teknologi ini, pengguna tidak perlu khawatir lagi saat akan melakukan pengisian ulang tinta.

Kemampuan Mencetak Jumlah Besar

Keunggulan printer Pixma G Series terbaru yang selanjutnya yaitu dalam hal mencetak. Semua seri terbarunya seperti sudah didesain khusus untuk kerja berat.

Tidak seperti pada printer Canon sebelumnya, meskipun pada seri G terdapat beberapa seri yang batas pencetakannya masih sedikit.

Saat ini, baik seri G1020, G2020, G3020 ataupun G3060, mampu mencetak dengan jumlah yang sangat banyak, baik berupa file dokumen ataupun gambar.

Kemampuan yang satu ini terbilang cukup menakjubkan. Pasalnya melihat batas maksimal mencetaknya bisa mencapai 7.600 dokumen hitam putih dan 7.700 untuk yang berwarna.

Selain dalam hal jumlah, kecepatan mencetak dokumen hitam putih bisa mencapai 9.1 Image Per Minute (ipm) dan 5.0 Ipm ketika mencetak warna.

Maintenance Catridge (absorber)

Mengganti cartridge terkadang menjadi hal yang menakutkan terlebih bagi masyarakat yang masih awam terhadap perawatan printer.

Sehubungan cartridge merupakan alat inti dalam printer, ketika mengalami kerusakan maka printer tidak bisa mencetak lagi.

Nah, keunggulan printer Pixma G series yang baru ini sangat menggembirakan lantaran absorber-nya bisa pengguna rawat secara mandiri dengan mudah.

Canon seri G keluaran yang baru ini sudah menggunakan absorber yang mempermudah penggunanya saat akan melakukan perawatan.

Pada umumnya, ketika cartridge memerlukan perawatan pengguna harus mengunjungi service center demi keamanan printer.

Namun pada seri ini, dengan teknologi yang terdapat pada absorber ini membuat perawatan printer lebih efisien tapi tetap aman.

Baca juga: Aplikasi Kamera Canon Terbaik Fitur Lengkap, Simak Daftar Pilihannya!

Kemampuan Mencetak dengan Tajam

Keunggulan Printer Pixma G series yang selanjutnya yaitu mampu lakukan percetakan dengan hasil lebih tajam dengan detil yang baik.

Hal ini tentunya sangat penting, terkadang kita harus mencetak dokumen berulang-ulang karena ada beberapa bagian yang kurang tajam atau tidak jelas.

Namun, saat ini tidak perlu khawatir lagi karena pada seri G yang baru sudah menggunakan Image Processing Tecnology dan Ink Technologi pada setiap warnanya.

Kedua teknologi tersebut membuat warna memiliki tingkat ketajaman yang bagus serta mampu menciptakan detail supaya tidak ada bagian dokumen atau gambar yang kabur.

Selain itu, teknologi ini juga semua printer baru ini dapat mencetak foto borderless dengan ukuran yang cukup besar.

Ukuran foto borderless, yaitu A4 dengan menggunakan kertas glossy dan ukuran maksimal percetakan mencapai 216 x 1200 mm yang menjadi Keunggulan Printer Pixma G series ini.

Auto Power On/Off

Sebuah teknologi yang ramah lingkungan juga Canon tambahkan pada ke empat printernya, yaitu teknologi Auto Power On/Off.

Ini menjadi kelebihan tersendiri yang menarik karena telah mendukung penghematan energi dan mampu membuat printer ini lebih hemat daya.

Printer akan menghemat daya ketika sedang tidak ada file atau gambar terkirim untuk dicetak dan secara otomatis dalam mode off.

Tetapi, ketika Anda mengirimkan file untuk Anda cetak baik dari PC, smartphone atau tablet, maka printer akan secara otomatis menyala dan mencetak filenya.

Keunggulan Printer Pixma G Series Tiap Seri

Sebelum memilih dan membeli printer, tentunya Anda harus disesuaikan terlebih dahulu dengan pemakaian atau pekerjaan.

Karena membeli printer yang tidak sesuai bisa membuat Anda terlalu boros dan tidak bisa menunjang pekerjaan.

Oleh karena itu, seperti disinggung sebelumnya, selain peningkatan yang ada pada semua seri, terdapat juga keunggulan khusus pada setiap serinya.

Peningkatan ini telah Canon sesuaikan dengan spesifikasi dan kebutuhan pengguna, sehingga dapat lebih menunjang pekerjaan.

Nah berikut ini beberapa Keunggulan Printer Pixma G series yang dapat Anda jadikan referensi saat akan membeli printer.

PIXMA G1020 Ink Efficient

Canon memberi julukan pada printer ini dengan nama Ink Efficient yang bermaksud penggunaan tinta dengan lebih efisien.

Julukan itu bukan hanya julukan, karena spesifikasi yang printer ini miliki benar-benar sesuai dengan julukannya.

Fungsi PIXMA G1020 terlihat lebih khusus untuk aktivitas percetakan saja atau untuk penggunaan di rumah dan kelebihan utamanya ada di sini.

Printer Pixma G1020

Demikian fungsinya telah dirancang dengan keunggulan efisiensi pada tinta serta kelebihan umum yang ada pada printer seri G terbaru seperti percetakan dengan jumlah besar.

Oleh karena itu, printer ini sangat cocok untuk para mahasiswa, pelajar atau untuk kebutuhan percetakan yang ada di rumah.

PIXMA G2020

Seperti seri sebelumnya, untuk yang satu ini juga memiliki julukan Ink Efficient namun dengan tambahan All-in-One.

Keunggulan Printer Pixma G series khususnya G2020 yaitu seperti yang terdapat pada namanya, ia mampu melakukan 3 hal sekaligus atau All-in-One yaitu Print, Copy dan Scan.

Kemampuan tersebut bisa sangat membantu dalam pekerjaan karena hampir semua kebutuhan kerja khususnya dalam hal percetakan di kantor sudah tercover oleh satu printer.

Printer Pixma G2020

Printer ini akan sangat menunjang, terlebih lagi kemampuan dasar semua printer terbaru ini sangat ramah terhadap aktivitas berat sekalipun.

Bahkan, untuk meningkatkan pengalaman penggunanya, PIXMA G2020 sudah memiliki panel kendali LCD 2 baris.

Panel ini berfungsi untuk mengatur dan mengontrol semua fungsi printer, dengan adanya panel ini dapat mempermudah pengguna dalam mengoperasikan dan manajemen printer.

PIXMA G3020

Jika Anda memerlukan sebuah printer yang dapat meningkatkan produktivitas kerja lebih tinggi dan memerlukan alat cetak yang lebih handal, PIXMA G3020 bisa jadi solusi.

Keunggulan Printer Pixma G series bisa menunjang pekerjaan di lingkungan kantor, UKM atau di rumah. Pasalnya, printer G3020 tercipta untuk itu.

Kemampuan alat ini sudah sangat mendukung produktivitas Anda, karena selain memiliki keunggulan seperti printer sebelumnya, seri ini sudah tersemat teknologi wireless.

Teknologi ini memungkinkan pengguna dapat mencetak dokumen tanpa menghubungkan perangkat secara langsung terhadap printer.

Printer Pixma G3020

Dengan berbekal teknologi Wireless LAN atau Direct Wireless membuat kemampuan konektivitas dari ini sangat memadai.

Untuk mencetak pengguna dapat menghubunkan smartphone atau tablet tanpa menggunakan kabel hingga 5 perangkat secara bersamaan.

Hal ini tentu akan semakin mempermudah pekerjaan Anda karena tidak perlu bolak-balik untuk mencetak dokumen ataupun gambar.

Baca juga: 4 Lensa RF Terbaru Hadir, Canon Lengkapi Kebutuhan Pengguna Kamera

PIXMA G3060

Keunggulan printer Pixma G series varian ini lebih tinggi dari printer sebelumnya, salah satunya karena kemampuan mencetaknya dengan IPM yang lebih besar.

Saat mencetak dokumen hitam putih kecepatannya bisa mencapai 10,8 ipm dan 6.0 ipm saat proses cetak berwarna.

Selain itu, batas maksimal dalam mencetak dokumen lebih banyak dari G3020, yaitu sampai 7.600 dokumen tanpa warna atau hitam putih.

Keunggulan Printer Pixma G Series
Printer Pixma G3060

Sementara untuk dokumen berwarna atau gambar, G3060 mampu mencetak hingga 7.700 dokumen atau 100 file lebih banyak.

Seperti seri G3020, seri ini juga sudah memiliki teknologi wireless sehingga mampu mencetak tanpa harus terhubung langsung dengan perangkat.

Supaya dapat terhubung dan dapat melakukan percetakan serta scanning, Anda perlu mendownload aplikasi yang bernama Air Print jika menggunakan iOS.

Tetapi jika Anda pengguna Android maka perlu mendownload plug in Canon Print Service yang sudah tersedia di Play Store.

Harga yang Canon tawarkan untuk alat cetak terbaru ini masih cukup terjangkau dan sesuai dengan kelas, kemampuan serta keunggulan Printer Pixma G series ini.

Untuk PIXMA G1020 memiliki harga 1.899.000, sementara untuk G2020, G3020 dan G3060 memiliki harga di atas 2 juta.

G2020 seharga 2.249.000, G3020 memiliki harga 2.849.000 dan untuk seri G3060 dibanderol dengan harga 2.949.000.

Harga untuk tiap warnanya pun cukup bervariatif, seperti warna hitam atau GI-71 Black seharga 120.000, GI-71 Cyan, Magenta dan Yellow sebesar 104.900.

Itulah keunggulan printer Pixma G series terbaru, baik secara umum atau spesifik guna mendukung pekerjaan yang handal tapi tetap hemat dan ramah lingkungan. (Muhafid/R6/HR-Online)

Editor: Muhafid