Selasa, Desember 7, 2021
BerandaBerita TerbaruKeutamaan Dzikir Pagi dan Petang, Salah Satu Ikhtiar Masuk Syurga

Keutamaan Dzikir Pagi dan Petang, Salah Satu Ikhtiar Masuk Syurga

Keutamaan dzikir pagi dan petang adalah suatu hal yang sangat luar biasa dampaknya untuk kita. Dalam kehidupan sehari-hari, tentunya setiap individu mempunyai aktivitas masing-masing.

Ada yang mengurus anak plus ibu rumah tangga, kerja, kuliah, sekolah, dan profesi lainnya. Memang hal tersebut tidak akan membuat anda untuk menjauhkan diri dari Allah SWT. Pasalnya, itu semua merupakan salah satu bentuk ikhtiar seorang hamba.

Dzikir itu tidak hanya sehabis sholat saja, akan tetapi juga ada waktu-waktu yang memang kita dianjurkan untuk berdzikir. Salah satunya adalah dzikir pagi dan petang. Dengan kita rutin mengamalkan dzikir pagi dan petang tersebut, tentu kita akan mendapatkan berbagai macam keutamaan.

Baca juga: Keutamaan Surat Fatihah Serta Keistimewaannya

Beberapa Keutamaan Dzikir Pagi dan Petang yang Wajib Anda Ketahui

Dzikir adalah suatu ibadah guna mengingat Allah dan keagungan-Nya. Hal ini bisa anda lakukan dengan cara memuji dan menyebut Allah. Dzikir merupakan suatu kewajiban yang telah ada dalam Al-Quran, QS. Ar-Ra’d 28.

Dari arti surat dalam Al-Quran tersebut, kita dapat menarik kesimpulan bahwasanya hanya dengan mengingat Allah tanpa embel-embel apapun, hati dan jiwa kita akan menjadi tentram.

Nah, dengan kita rutin mengamalkan dzikir, semoga kita akan mendapatkan keutamaannya. Lalu untuk anda yang belum paham dan mengerti betul mengenai keutamaan dzikir pagi dan petang, berikut ini penjelasannya.

Mendapatkan Perlindungan Dari Allah SWT

Dengan anda rajin mengamalkan dzikir pagi dan petang, sudah pasti Allah akan senantiasa melindungi anda dalam keadaan yang seperti dan bagaimanapun. Pasalnya, Allah akan selalu memberikan perlindungannya untuk orang-orang yang selalu memuji dan mengagungkan nama-Nya. (HR. Ahmad 2/290).

Mendapatkan Kasih Sayang Allah SWT

Dalam Al-Ahzab ayat 42-43, Allah SWT berfirman:

Orang yang berdzikir juga layaknya orang yang mencintai dan menomorsatukan Allah. Karena memang selalu mengingat-Nya dalam keadaan dan aktivitas apapun yakni demi mendapatkan keutamaan dzikir pagi dan petang, sudah pasti Allah akan menilai setiap kebaikan yang anda lakukan dan mendapatkan kebaikan yang berlipat ganda.

Mendapatkan Ampunan Dosa

Tentunya dzikir itu beragam, salah satu ucapan dzikir mudah namun kerap disepelekan adalah ” Astaghfirullah”. Padahal dzikir tersebut merupakan dzikir harian Nabi Muhammad SAW.

Selain itu, Allah juga telah berfirman:

Keutamaan Dzikir Pagi

Anugerah Berupa Rasa Sabar

Bukan rahasia khusus lagi jika hanya dengan mengingat Allah, hati dan jiwa kita akan lebih sabar. Keutamaan dzikir pagi dan petang ini sebab segala ketentuan datangnya dari Allah.

Baca juga: Sunnah Hari Jumat, Pahala Melimpah dengan Menjalankannya

Meskipun kita membenci, kalau hal tersebut baik untuk kita, maka tidak ada yang tidak mungkin. Dalam QS. Qaf 39 Alloh Berfirman:

Ketika Meninggal Akan Masuk Syurga

Masuk syurga, tidak ada yang tidak mau masuk syurga. Syurga tempat terbaik dan ternyaman dengan fasilitas terbaik layaknya hotel berbintang lebih dari lima dengan nilai plus-plus. Pada dasarnya, masuk syurga adalah salah satu dari manfaat dzikir pagi dan petang.

Untuk anda semua yang ingin memiliki semua keutamaan dzikir pagi dan petang tersebut, jangan lupa paksakan diri anda untuk terus mengamalkannya, karena berawal dari terpaksa kemudian menjadi biasa. (Muhafid/R6/HR-Online)

Editor: Muhafid

- Advertisment -