Keutamaan Membaca Surat Yasin, Bisa Permudah Segala Urusan

Keutamaan Membaca Surat Yasin
Ilustrasi keutamaan membaca surat Yasin. Foto: Ilinktours

Keutamaan membaca surat yasin bisa lolos dari siksa kubur. Surat yasin sering juga terkenal sebagai jantungnya Al Qur’an lantaran dalam surat ini terkandung beberapa ayat yang memiliki fadilah begitu besar.

Banyak orang menggunakan surat ini sebagai media untuk berbagai macam pengobatan penyakit, baik lahiriyah maupun bathiniyah.

Bahkan bisa juga dianggap sebagai surat pencabut nyawa. Faktanya ketika surat ini di bacakan pada orang yang sakit parah menahun tapi tidak kunjung sembuh, setelah di bacakan surat ini beberapa hari kemudian lalu meninggal dunia.

Meski demikian, bukan berarti Yasin menggantikan tugas rutin dari malaikat Ijroil sebagai pencabut nyawa. Hal itu terjadi karena memang atas izin Alloh namun melalui perantara pembacaan yasin.

Baca juga: Keutamaan Shalawat Munjiyat dan Kisahnya

Sejumlah Keutamaan Membaca Surat Yasin

Berikut beberapa beberapa fadilah dari surat yasin yang tidak bisa diragukan lagi kebenarannya.

Lolos Siksa Kubur

Seperti kita ketahui setelah mayit dikebumikan ke liang kubur proses pemeriksaan dari malaikat Munkar dan Nakir akan segera dimulai.

Kedua malaikat yang selalu semangat mendatangi kuburan baru memeriksa tamu Alloh SWT yang baru saja tiba di alam barzah.

Maka pada hari itu kehidupan yang sesungguhnya akan dimulai. Jika tidak lolos pemeriksaan maka mayit akan menerima siksaan yang amat pedih sampai menunggu datangnya hari kiamat.

Jika semasa hidupnya sering membaca yasin maka Insyaalloh akan terhindar  dari perihnya siksa kubur.

Bahkan, menurut salah satu tafsir dijelaskan siapa saja yang berziarah ke suatu kuburan kemudian membacakan surat yasin.

Maka Alloh SWT akan meringankan siksa kubur si mayit dan memberikan kebaikan bagi sejumlah penghuni kubur pada pemakaman tersebut.

Meringankan Sakaratul Maut

Bukan sebuah rahasia lagi salah satu keistimewaan yasin adalah ketika menghadapi sakaratul maut.

Sakaratul maut merupakan tahapan menuju kehidupan selanjutnya yang pasti semua insan manusia lalui. Menurut riwayat, dahsyatnya sakaratul maut bagaikan tertusuk pedang tajam sebanyak 300 kali tusukan.

Dalam sebuah tafsir, ketika kita membacakan yasin di sebelah seseorang yang sedang sakaratul maut maka Alloh akan menurukan rahmat sehingga memudahkan keluarnya ruh dari jasad.

Maka dari itu banyak dari masyarakat kita ketika hendak menengok orang sakit parah anjurannya membacakan yasin untuknya.

baca juga: Keutamaan Surat Fatihah Serta Keistimewaannya

Mengabulkan Semua Do’a

Keutamaan membaca surat yasin berikutnya adalah semua hajat dan do’a kita terkabul. Hal ini sering dipraktikkan langsung oleh berbagai praktisi pengobatan.

Ayat ke 82 pada surat ini memiliki keistimewaan tersendiri. Pasalnya dengan melafalkan ayat tersebut dengan sepenuh hati maka semua hajat kita akan terkabul.

Dalam riwayat lain menyebutkan apabila ayat ke 58, ketika membaca sebanyak 7 kali maka semua hajat kita akan terkabul.

Diampuni Semua Dosa

Semua manusia di dunia ini pasti ingin mendapatkan ampunan dari semua dosa-dosa selama hidup di dunia.

Karena kita semua menyadari manusia adalah mahluk sosial yang tidak luput dari dosa. Oleh karena itu di sela kehidupan kita sering berdoa memohon ampun pada Alloh.

Rasululloh SAW semasa hidupnya pernah menegaskan siapa saja dari umat muslim yang membaca surat yasin pada malam hari dengan mengharapkan ridho Alloh maka mendapatkan ampunan dosa-dosanya.

Mati Syahid

Apabila seseorang meninggal dunia dalam keadaan syahid maka Alloh akan menjanjikan syurga untuknya.

Itulah imbalan yang akan Alloh berikan bagi seorang hamba yang mati dalam keadaan syahid di jalan Alloh SWT.

Dalam sebuah riwayat Nabi Muhammad SAW menegaskan siapa saja yang selalu membaca yasin pada malam hari, tanpa di duga dia mati, maka matinya dalam keadaan syahid.

baca juga: Sunnah Hari Jumat, Pahala Melimpah dengan Menjalankannya

Solusi Segala Masalah

Semua insan di dunia ini pasti memiliki banyak masalah kehidupan mulai dari kasus yang kecil hingga yang besar.

Semua urusan ini sifat sejatinya adalah ujian untuk manusia. Namun demikian terkadang kita salah menafsirkan hal tersebut, sehingga kita sering mengeluh pada Alloh SWT.

Membaca surat yasin di setiap pagi memiliki keistimewaan dapat mempermudah segala perkara dalam satu hari penuh.

Semua hal tersebut bisa kita raih dengan mudah dari keutamaan membaca surat yasin. Tentu dengan catatan membacanya dengan mengharapkan ridho Alloh SWTsemata. (Muhafid/R6/HR-Online)

Editor: Muhafid