Keutamaan Mengucapkan Salam Menurut Ajaran Rasulullah SAW

Keutamaan Mengucapkan Salam Menurut Ajaran Rasulullah SAW
Ilustrasi keutamaan mengucapkan salam. Foto: esqnews.id

Keutamaan mengucapkan salam kepada sesama muslim cukup besar. Hukum dari mengucapkan kalimat tersebut merupakan sunnah Nabi Muhammad SAW yang baik.

Bahkan ajaran tersebut sudah ada sejak 14 abad yang masih tetap dalam keadaan sama. Begitu juga dalam membalas salam tersebut.

Sebagai seorang umat muslim, mengucapkan kalimat tersebut adalah hal yang wajib. Bahkan hal ini menjadi ajaran yang penting dan utama dalam agama.

Anjuran tersebut memiliki manfaatnya yang baik bagi siapa saja yang mengucapkannya. Ada banyak keutamaan yang bisa anda dapatkan setelah mengucapkannya.

Maka dari itu, dalam agama Islam, ucapan tersebut menjadi kalimat yang sering terdengar ketika bertamu, masuk rumah, bepergian, atau bertemu dengan sesama muslim.

Bahkan dalam Al Qur’an, ada beberapa ayat yang menganjurkan untuk mengucapkan salam. Bahkan Allah SWT melarang umatnya yang akan masuk rumah orang lain tanpa mengucapkan salam terlebih dulu.

Allah SWT juga berfirman dalam Al Qur’an surat An-Nur : 27. Isi dari firman Allah tersebut yaitu memberikan perintah kepada umatnya untuk masuk rumah orang lain dengan mengucapkan salam sebagai permintaan izin.

Maka dari itu, sudah jelas jika keutamaan mengucapkan salam begitu besar dalam ajaran agama Islam. Bahkan artian dari ucapan tersebut menjadi sebuah doa.

Ucapan salam Assalamu’alaykum memiliki arti yaitu “semoga keselamatan tercurah padamu”. Ucapan ini menjadi kalimat paling singkat yang penuh makna.

Bagi siapa saja yang mendengarnya, wajib hukumnya untuk menjawab. Hal ini karena membalasnya menjadi hak seorang muslim satu terhadap yang lainnya.

Baca juga: Keteladanan Nabi Adam As, Ada Beberapa Hikmah Dibalik Segalanya

Keutamaan Mengucapkan Salam Sebagai Ajaran Rasulullah

Ucapan salam sudah menjadi salah satu kalimat yang wajib diucapkan oleh semua umat Islam, baik laki-laki maupun perempuan.

Ucapan salam yang panjang dan sempurna membuat pahala semakin bertambah. Hal ini membuat siapa saja lebih mengutamakan mengucapnya secara sempurna.

Sebab, ingin memperoleh pahala yang sempurna pula. Mengucap salam hukumnya sunnah dan bagi siapa saja yang mendengarnya, maka hukumnya wajib.

Ada banyak keutamaan yang bisa anda dapatkan ketika mengucapkan salam. Bagi anda yang kurang tahu akan maknanya, berikut ini ulasannya secara lengkap.

1. Dijauhkan dari Setan

Keutamaan mengucapkan salam yang pertama yaitu dijauhkan dari gangguan setan. Para ulama mengatakan bahwa salam termasuk dari salah satu bagian dzikir kepada Allah SWT.

Maka dari itu, ketika seorang muslim memasuki rumahnya dengan mengucapkan salam, berarti berdzikir kepada Allah SWT. Sehingga akan dijauhkan dari setan, bahkan rumahnya sendiri tidak akan ditempati makhluk tersebut.

Hal ini juga sudah ada dalam hadist riwayat Imam Muslim. Isi dari hadist tersebut yaitu “saat seseorang masuk rumah dan mengucapkan salam, maka tidak ada tempat setan untuk menginap di rumah tersebut.

2. Memperoleh Keberkahan dan Kebaikan

Selain terhindar dari setan, keutamaan mengucapkan salam yaitu mendapatkan keberkahan dan kebaikan dari Allah SWT. Hal ini juga sudah ada dalam surat An-Nur: 61 .

Isinya tentang memasuki rumah sebaiknya mengucapkan salam atas diri sendiri. Sebab, ucapan tersebut yang ditetapkan dari sisi Allah yang memperoleh berkah lagi baik.

baca juga: Surga di Telapak Kaki Ibu, Kiasan Kata yang Penuh Makna

3. Memperoleh Perlindungan dari Bencana dan Bahaya

Dengan mengucapkan salam, anda bisa mendapatkan manfaat yang cukup banyak. Bahkan bagi siapa saja yang mengucapkannya akan terhindar dari bahaya dan bencana.

Keutamaan ini juga sudah tertulis dalam hadist riwayat Imam Abu Daud dari Abu Umamah al-Bahili. Intinya yaitu dijelaskan jika ada 3 kelompok yang masuk dalam jaminan Allah SWT.

Golongan tersebut yaitu orang yang berangkat perang berjihad dalam jalan Allah SWT. Orang yang pergi menuju masjid serta ketika seseorang masuk dalam rumah dan mengucapkan salam.

Ketiga golongan tersebut berada dalam jaminan Allah SWT dan akan masuk surga. Hal ini hanya karena anda mengucapkan salam ketika memasuki rumah.

Sebenarnya mengucapkan salam menjadi hal yang sudah sering umat Islam lakukan. Namun, belum tentu semua orang mengetahui akan manfaat yang ada.

Bahkan masih banyak orang Islam yang enggan untuk mengucapkannya. Namun, ketika anda sudah tahu makna dan manfaatnya, pasti tidak akan meninggalkannya.

Sebab, ada banyak keutamaan mengucapkan salam kepada sesama muslim. Bahkan hal ini sudah ada sejak zaman Rasulullah SAW. (R10/HR-Online)

Editor: Muhafid