Keutamaan Sholawat Nabi, Dapatkan Berbagai Manfaat di Dalamnya

Keutamaan Sholawat Nabi, Dapatkan Berbagai Manfaat di Dalamnya
Ilustrasi keutamaan sholawat nabi. Foto: akurat.co

Keutamaan sholawat nabi cukup banyak bagi umat islam. Maka dari itu, sebagai muslim anda perlu melakukannya secara rutin sehingga bisa memberikan pahala yang cukup banyak.

Melafalkan sholawat memang sunnah hukumnya yang sebagai bukti mencintai nabi Muhammad SAW. Banyak orang yang belum tahu akan keutamaan yang bisa anda dapatkan.

Bagi anda yang sering melafalkan bacaan tersebut akan memperoleh banyak manfaat secara spiritual. Sholawat nabi itu sendiri merupakan sanjungan atau pujian kekaguman dan permohonan seorang hamba kepada Allah SWT.

Sehingga melalui ungkapan mulia tersebut dengan menyebut nama nabi Muhammad SAW. Ada pun firman yang menjelaskan tentang hal tersebut yaitu QS Al-Ahzab: 56.

Bahkan keutamaan sholawat nabi juga memiliki kandungan arti yang berbeda. Makna dari sholawat yang datang dari Allah, para malaikat dan orang yang beriman memiliki arti yang tidak sama.

Jika datangnya dari Allah SWT memiliki artian pemberi rahmat. Sedangkan jika dari para malaikat berarti memintakan ampunan. Serta untuk yang datangnya dari orang beriman maka berdoa untul diberi rahmat.

baca juga: Keutamaan Mengucapkan Salam Menurut Ajaran Rasulullah SAW

Keutamaan Sholawat Nabi

Membaca sholawat nabi memang menjadi salah satu hal yang sunnah umat islam lakukan. Banyak sekali daalil yang menjelaskan akan hal tersebut.

Bahkan anda bisa menemukannya pada hadist dan Al-Qur’an yang menjelaskan akan balasannya. Sehingga bagi siapa saja yang memanjatkan kalimat tersebut senatiasa akan mendapatkan pahala.

Selain itu keutamaannya juga bisa menghapus dosa, dan meningkatkan derajat bagi yang mengamalkannya. Semua umat islam selalu dianjurkan untuk melakukan hal tersebut.

Sebab, bacaan tersebut menjadi pujian kepada nabi Muhammad SAW. Banyak manfaat yang bisa anda dapatkan dari melafalkan pujian pada nabi.

Bagi anda umat muslim yang belum tahu akan keutamaannya bisa melihat dari uraian berikut ini. Sehingga anda akan sadar betapa mulianya melakukan haal tersebut.

Keselarasan Malaikat Allah SWT

Keutamaan sholawat nabi yaitu keselarasan atas malaikat Allah SWT dalam bersholawat. Hal ini sudah terlihat jelas pada hadist riwayat An-Nasa’i jika Rasulullah bersabda.

Jika malaikat jibril mendatangi Rasulullah dan berkata jika satu sholawat yang umat muslim lakukan berarti akan terbalas dengan sepuluh doa. Selain itu, sepuluh salam akan dibalas dengan sepuluh salam baginya.

Memperoleh 10 Sholawat

Seperti yang sudah dijelaskan dari awal jika manfaat dari mengucapkan sholawat bagi umat islam yaitu memperoleh 10 sholawat dari Allah SWT. Hal ini juga sudah dijelaskan dalam hadist riwayat Muslim.

Inti dari hadist tersebut yaitu Jika ada seorang muslim yang bersholawat pada nabi Muhammad ,maka akan mendapatkan balasan dengan 10 sholawat untuknya.

Diangkat Derajatnya

Keutamaan sholawat nabi yang lainnya yaitu Allah SWT aka meninggikan derajat orang tersebut. Adapun hadist yang berbunyi yaitu:

“Barangsiapa bersholawat satu kali saja, Allah akan memberi sepuluh rahmat sama dengan sepuluh derajat baginya.”Hal ini sudah tampak jelas bukan.

Bentuk Sedekah

Keutamaan sholawat nabi juga bisa sebagai sedekah. Hal ini bisa anda lakukan bagi orang yang ada dalam kesulitan.Maksudnya yaitu bagi anda yang tidak memiliki apapun untuk sedekah.

Sehingga bisa memberikan sedekah dengan mengucapkan sholawat nabi. Bahkan bacaan tersebut menjadi hal yang memiliki keutaman bagus. Sebaiknya bersedekahlah yang banyak tanpa membayar dengan sholawat.

Dekat dengan Rasulullah

Ada cara lain yang bisa anda dapatkan dari membaca sholawat nabi.  Bagi anda yang suka bersedekah maka sebaiknya melakukan sholawat nabi.

Sehingga anda akan tetaap dalam dekaatan Rasulullah ketika dalam akhirat kelak. Hal ini karena pembaca akan mendapatkan  safaat dari Rasulullah SAW.

Betapa bahagianya bukan jika nanti kelak anda bisa berdampingan dengan Rasulullah. Tidak semua orang bisa mengalami hal tersebut.

Baca juga: Akhlak Kepada Orang Tua Sebagai Bukti Bakti Dalam Ajaran Agama

Ampunan Dosa

Seperti yang sudah jelas akan keutamaannya salah satunya sebagai penghapus dosa. Hal ini juga sudah diberitakan dalam hadist. Sehingga anda tidak perlu meragukannya.

Bahkan Allah SWT telah berfirman jika barang siapa yang mengingat Allah dselalu menjadi hal yang baik untuk anda lakukan. 

Bahkan 10 keburukan tersebut justru akan dihapus ketika seseorang melafalkan sholawat. Sehingga dosa yang terhapus ini bisa menjadi kifarat untuk penghapus dosa dan sebagai keutamaan sholawat nabi. (R10/HR-Online)

Editor: Muhafid