Keutamaan Surat Fatihah Serta Keistimewaannya

Keutamaan Surat Fatihah
Ilustrasi Keutamaan Surat Fatihah. Foto: Yufidia

Keutamaan surat Fatihah sangat banyak sekali manfaatnya. Surat Fatihah merupakan surat yang sangat populer di kalangan masyarakat muslim. Bahkan masyarakat muslim mengawali hafalan al-Qur’an sejak kecil.

Surat ini merupakan pembuka dalam al-Qur’an yang terdiri dari 7 ayat serta termasuk ke dalam kategori Makkiyyah, atau yang turun di Mekkah.

Sering juga disebut sebagai ummul qur’an karena semua isi kandungan al-Qur’an terdapat pada surat ini. Biasanya dalam melaksanakan shalat lima waktu, kita hendak mengawalinya dengan bacaan Fatihah.

Turunnya serta posisinya di awal al-Qur’an bukan tanpa sebab, tentu Allah menyimpan rahasia dengan segala keutamaan surat fatihah dan keajaibannya.

Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda, bahwa siapa saja yang memiliki hajat apapun, maka surat Fatihah dapat menjadi perantara untuk kelancaran hajat tersebut.

Dalam kitab Shafwatut Tafasir, Syekh Muhammad Ali As-Shabuni menjelaskan bahwa kandungan Fatihah mencakup tujuan dasar al-Qur’an, yaitu aqidah, syariah, ibadah, memohon pertolongan Allah SWT dan yang lainnya.

Seorang ahli tafsir yang menganut ajaran Syafi’i, yakni Abul Fida Ibnu Katsir menjelaskan Fatihah merupakan surat yang di dalamnya terdapat 25 kata serta 113 huruf.

Menurutnya, keunggulan dari surat Fatihah adalah banyaknya nama-nama lain yang tersemat kepada surat itu.

Adapun nama lain dari Fatihah adalah ummul qur’an, ummul kitab, Al-Hamdu yang artinya pujian, ash-Shalah yang artinya adalah shalat, asy-Syifa yang artinya adalah obat, asasul Qur’an yang artinya adalah pondasi al-Qur’an, serta lainnya.

baca juga: Keutamaan Sholawat Nabi, Dapatkan Berbagai Manfaat di Dalamnya

Beberapa Keutamaan surat Fatihah

Berikut beberapa keutamaan dan hikmah dari surat Al-Fatihah.

Sebagai obat

Salah satu faedah surat Fatihah adalah sebagai obat yang mampu menyembuhkan segala penyakit. Anjurannya dengan cara mengamalkan fatihah sebanyak 41 kali, insyaallah atas izin Allah penyakit yang kita rasakan akan hilang.

Menjadi syarat sah shalat

Salah satu keutamaan surat fatihah adalah mampu menjadi syarat sah dalam pelaksanaan shalat. Karena fatihah merupakan rukun dalam shalat, maka fatihah tidak boleh ditinggalkan.

Dalam riwayat Imam Muslim, nabi bersabda bahwa tidak akan sah pelaksanaan shalatnya bagi orang yang tidak membaca surat Fatihah.

Memudahkan segala hajat

Bagi mereka yang mempunyai banyak hajat, tentu harus mengamalkan surat Fatihah agar hajatnya dapat terpenuhi. Hal ini berdasarkan pada hadis, bahwa melafalkan surat Fatihah berkaitan dengan apa yang kita niatkan.

Doa untuk orang meninggal

Setiap ada orang yang meninggal tentu rasanya kita tidak bisa berbuat lagi selain dengan membacakan doa untuknya. Dalam beberapa keterangan, keutamaan surat Fatihah memiliki keistimewaan sebagai doa untuk orang yang meninggal.

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh al-Baihaqi, Ibnu Umar pernah mendengar Rasulullah SAW menyampaikan ketika ada yang meninggal, maka harus segera membawa ke makam lalu membacakan fatihah di sebelah kepalanya.

Sebagai bacaan Ruqyah

Salah satu kehebatan dari surat Fatihah adalah bisa menjadi bacaan-bacaan ruqyah. Maka, penting sekali kiranya untuk mengetahui isi kandungan yang ada dalam surat tersebut.

Dalam sebuah hadis yang diwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, ada seorang sahabat yang berkata kepada baginda nabi Muhammad SAW.

Sahabat itu mengatakan bahwa ia tidak akan meruqyah kecuali dengan melafalkan surat Fatihah.

Rasul kemudian tersenyum dan bertanya, “bagaimana engkau dapat mengetahui Fatihah bisa menjadi ruqyah?” ia bersabda, “ambil kambing itu dari mereka, dan belahkan untukku dan sisanya untuk kalian”.

Mendapatkan jodoh

Pada umumnya, orang-orang yang belum menikah atau belum memiliki pasangan merasakan batin yang sangat tersiksa. Apalagi jika teman main satu usia sudah pada nikah, tentu rasa percaya diri akan hilang.

Kebanyakan orang yang meminta untuk mendapatkan jodoh biasanya sering memintanya pada saat shalat tahajud. Pada saat shalat tahajud, diharuskan untuk membaca Fatihah lalu surat al-Baqarah. Insyaallah atas izin allah akan segera terkabulkan jodohnya.

baca juga: Doa Penenang Hati dan Pikiran, untuk Minta Pertolongan Allah SWT

Melancarkan rezeki

Kelancaran rejeki merupakan harapan semua orang. Namun ukuran rejeki yang diberikan oleh Allah SWT kepada hambanya, pastinya sangat berbeda-beda sesuai dengan doa dan usahanya.

Surat Fatihah mampu menjadi perantara untuk kelancaran doa, yaitu dengan membaca saat waktu sahur sebanyak 41 kali juga harus menghayati dan mengamalkanya dalam kehidupan sehari-hari. Atas izin Allah SWT, pintu rejeki akan terbuka dengan mudah.

Demikian beberapa keutamaan surat Fatihah yang dapat kita amalkan dalam keseharian. Semoga kita semua termasuk pada orang-orang yang gemar membaca, menghayati dan mengamalkannya. (Muhafid/R6/HR-Online)

Editor: Muhafid