Khasiat Air Daun Salam untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Khasiat Air Daun Salam
Ilustrasi Khasiat Air Daun Salam. Foto: Net/Ist

Khasiat air daun salam diketahui sangat banyak bagi kesehatan. Daun salam biasanya sebagai salah satu tanaman rempah khas masakan nusantara.

Tetapi ternyata bukan hanya sebagai penyedap rasa masakan saja, juga mempunyai berbagai manfaat sebagai obat herbal sejak zaman dahulu.

Daun salam mengandung banyak nutrisi yang melimpah di dalamnya. Kandungan gizi yang ada di dalamnya adalah protein, lemak, karbohidrat, energi, serat, folat, sodium, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, potasium, vitamin A dan vitamin C, dan masih banyak lagi.

Dengan banyaknya kandungan di dalam daun ini, maka tak heran menjadi andalan sebagai salah satu ramuan obat herbal tradisional yang sangat baik.

Baca juga: Tanaman Obat Penyakit Kulit yang Mudah Dicari

Beberapa Khasiat Air Daun Salam

Berikut ini merupakan khasiatnya yang sangat baik untuk kesehatan:

Menyehatkan Pencernaan

Daun ini mempunyai efek yang cukup kuat untuk sistem pencernaan. Kandungan yang ada di dalamnya bisa melancarkan ketika membuang air kecil.

Hal tersebut bisa menurunkan kadar racun dalam pencernaan dan meredakan sakit perut.

Selain itu daun salam juga efektif untuk mengatasi iritasi usus besar serta mengurangi gejala penyakit celiac.

Penyakit celiac adalah penyakit autoimun akibat oleh konsumsi gluten.

Enzim yang terdapat di dalam daun salam juga mampu membantu mencerna protein yang susah prosesnya dalam tubuh.

Maka dari itu, khasiat air daun salam ketika rajin mengkonsumsinya dapat membantu penyerapan nutrisi lebih maksimal.

Menjaga kesehatan jantung

Daun salam juga mengandung asam caffeic serta senyawa organik yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan jantung.

Dengan mengkonsumsi air rebusan ini secara rutin, maka bisa membantu menguatkan dinding kapiler jantung dan bisa menurunkan kadar kolesterol jahat pada kardiovaskular.

Menangkal penyakit kanker

Khasiat Air Daun Salam selanjutnya karena kandungan kombinasi antioksidan dan senyawa organik, seperti fitonutrien, katekin, parthenolide, dan linalool.

Mengkonsumsi rebusan air daun ini secara rutin, terbukti bisa mencegah perkembangbiakan sel kanker serviks serta membantu tubuh dalam melindungi radikal bebas.

Sebab radikal bebas bisa menyebabkan sel yang sehat bermutasi menjadi sel kanker. Daun rebusan daun salam sangat efektif dalam mencegah hal tersebut.

Menjaga fungsi saraf

Khasiat air daun salam juga bisa membuat kamu mendapatkan sejumlah manfaat dari vitamin C, vitamin A, asam folat, antioksidan alami, serat makanan, serta vitamin B seperti piridoksin, niasin, asam pantotenat dan riboflavin.

Sehingga dengan mengkonsumsi rebusan 4-5 lembar secara rutin akan bisa merasakan Khasiat Air Daun Salam karena mampu membantu fungsi sistem saraf, mengatur metabolisme tubuh serta sintesis enzim.

baca juga: Manfaat Daun Mimba untuk Kesehatan Kulit, Anti Virus dan Pencernaan

Mengobati Diabetes

Rebusan daun salam bisa membantu menurunkan kadar glukosa darah, trigliserida dan kolesterol, sehingga juga bisa bermanfaat dalam meringankan penyakit diabetes tipe 2.

Caranya yaitu dengan mengeringkan daun salam serta menjadikannya bubuk, setelah itu konsumsi daun salam kering tersebut secara rutin dengan menambahkan satu sendok teh ke dalam 200 ml air.

Sebab, antioksidan yang terkandung dalam daun salam dapat mendukung tubuh agar mampu memproses insulin dengan lebih efisien.

Selain itu, dan salam juga menjadi pilihan yang bagus untuk penderita diabetes dan penderita resistensi insulin.

Namun untuk mendapatkan khasiat air daun salam, maka Anda perlu mengkonsultasikan ke dokter mengenai takaran yang tepat karena rebusannya memberikan efek menurunkan kadar gula darah yang tidak terkontrol. (Muhafid/R6/HR-Online)

Editor: Muhafid