Komisi 4 DPRD Pangandaran Minta Persiapan Vaksinasi Matang

Komisi 4 DPRD Pangandaran Minta Persiapan Vaksinasi Matang
Komisi 4 DPRD Pangandaran saat mengunjungi PKM Padaherang. Foto: Madlani/HR

Berita Pangandaran (harapanrakyat.com).- Komisi 4 DPRD Kabupaten Pangandaran melakukan kunjungan ke berbagai tempat pelayanan kesehatan guna memastikan prosesnya berjalan sesuai harapan, termasuk juga penanganan covid-19.

Ketua Komisi 4 DPRD Pangandaran, Wowo Kustiwa, mengatakan, kunjungan tersebut selain untuk mengetahui pelayanan kesehatan secara langsung, juga untuk mengetahui kendala yang dihadapi para petugas.

“Dalam hal ini kita juga melihat langsung simulasi persiapan vaksinasi covid-19 di Puskesmas Padaherang,” kata Wowo, Selasa (12/1/2021).

Berkaitan vaksinasi, kata Wowo, ia harap semua pelayanannya disiapkan secara matang serta sosialisasi harus terus diintensifkan, terutama edukasi pentingnya protokol kesehatan.

“Kita memastikan tenaga medis di lapangan untuk selalu meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan juga melihat kesiapan kegiatan tahun anggaran 2021 terkait pembangunan Puskesmas Sindangwangi bantuan dari DAK,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Padaherang, Suryati, mengatakan, simulasi penyuntikan vaksin tersebut merupakan gambaran proses untuk masyarakat setelah vaksinasi terhadap tenaga kesehatan selesai.

“Kita belum tahu mulai pastinya kapan, makanya kita siapkan sejak saat ini. Ketika tenaga kesehatan sudah divaksin, baru kita woro-woro ke masyarakat,” katanya.

Kehadiran komisi 4 DPRD Pangandaran ini, pihaknya pun mengusulkan agar di tahun 2021 supaya dianggarkan Pusat Kesehatan Keliling atau Pusling guna menjangkau masyarakat yang jauh dari PKM.

“Kita harap punya Pusling agar setiap melakukan pelayanan tidak terus menggunakan ambulan, seperti mengangkut mayit, menjemput pasien Covid semua pake ambulan,” jelas Suryati.

Selain itu, pihaknya juga mengajukan areal parkir yang sempit serta berkeinginan agar ana penambahan dokter gigi.

“Di samping itu juga kita mengajukan penambahan ruang rawat inap, karena saat ini PKM Padaherang baru memiliki 5 ruangan. Idealnya memang kita harus punya 10 ruang rawat inap,” pungkasnya. (Mad/Koran HR)

Aegis Boost Pro