Komputer Generasi Pertama, Sejarah dan Perkembangannya

Komputer Generasi Pertama
Rekonstruksi komputer generasi pertama. Foto: Net/Ist

Komputer generasi pertama merupakan cikal bakal dari komputer yang biasa kita gunakan sekarang. Komputer tersebut berkembang seiring perkembangan teknologi yang sangat pesat hingga kita bisa merasakan manfaatnya.

Pada mulanya komputer dijalankan sebagai alat bantu menghitung angka-angka yang dianggap rumit. Kemudian, seiring kemajuan teknologi dan kebutuhan zaman, daya guna komputer menjadi luas hingga merambah kebutuhan hiburan, komunikasi, dan lainnya.

Hal itu dapat kita lihat saat ini, yang mana komputer bermetamorfosis menjadi teknologi yang ringan dan dapat dibawa dalam genggaman tangan berupa smartphone. Segala kebutuhan dapat terpenuhi dengannya melalui sekali sentuhan.

Baca juga: Manfaat Komputer Secara Umum dalam Kehidupan

Fase-fase Komputer Generasi Pertama

Umumnya, sejarah komputer pada generasi pertama dibagi menjadi dua fase. Yakni sebelum tahun 1940 dan sesudah tahun 1940.

Tahun 1936 Konrad Zuse seorang warga negara Jerman, lulusan teknik sipil dari kampus Technical University di Berlin membuat Z1, yaitu sebuah komputer mekanis dengan bahan biner digital yang mampu beroperasi melalui kalkulator mekanis dan program yang serba terbatas.

Saat perang dunia ke-2 sedang genting di antara negara-negara barat, Zuse sebagai orang yang terlibat dalam blok poros perang dunia ke-2, membuat Z1 sebagai peralatan kepentingan perang.

Pada tahun 1939, Zuse mengembangkan komputer Z1 menjadi komputer Z2. Meski Z2 ini mekaniknya sama memori dengan Z1, tapi Zuse mampu merubah aritmatika serta logika kontrol menjadi 600 sirkuit kecepatan penyampaian listrik, dengan bobot 600 pon lebih.

Kecerdasan dan keuletan Zuse semakin teruji saat ia mampu mengembangkan komputer menjadi Z3 pada tahun 1943. Kepentingan Zuse mengembangkan Z3 sebagai alat membuat rancangan pesawat terbang serta peluru kendali.

Ia menjadikan Z3 sebagai alat yang membantu kerjanya saat perang dunia ke-2 berlangsung.Bisa jadi, Z3 merupakan komputer generasi pertama yang mampu beroperasi penuh dengan elektromekanis stored-program.

Kemudian, Zuse menjual Z3 kepada German Aircraft Bureau dengan maksud untuk memecahkan problem aerodinamis. Namun, berhubung makin gentingnya peperangan pada saat itu, komputer hasil buatan Zuse lenyap oleh sekutu pada tahun 1945.

Salah satu yang dapat terselamatkan karya Zuse adalah komputer Z4 yang dibuat pada tahun 1940.Ia menyelesaikan Z4 di Swiss tepatnya di Institut Politeknik Federal Zurich.

Karena gentingya kondisi perang, membuat Zuse merancang strategi agar komputer Z4 dapat terselamatkan. Ia menyelundupkan Z4 dalam truk militer dari Jerman ke Swiss dan menyembunyikannya dalam kandang kuda.

Dalam perangkatnya, Z4 mempunyai memori mekanis yang mampu menampung 1.024 kata serta beberapa pembaca kartu. Selain itu, komputer tipe ini juga mempunyai fasilitas yang mampu membantu pemrograman secara fleksibel dan terdapat terjemahan alamat.

Ciri-ciri Komputer Generasi Pertama

untuk mengetahui perbedaan komputer generasi pertama dengan yang lainnya, tentu kita harus paham tentang ciri-cirinya.

Ciri-ciri dari komputer generasi pertama, yaitu: 1) berfungsi hanya menghitung; 2) Dilengkapi vacuum tube; 3) penyimpanan data memakai silinder magnetik; 4) program menjalankan dengan bahasa mesin; 5)ukurannya besar; 6) membutuhkan mesin pendingin.

Baca juga: Komputer Restart Sendiri, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Contoh-contoh Komputer Generasi Pertama

Agar lebih jelasnya tentang hasil karya komputer dari generasi pertama, maka perlu kita bahas bersama tentang contoh-contohnya.

Contoh dari komputer generasi pertama adalah sebagai berikut:

  1. EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer) yaitu sebuah komputer generasi pertama yang memakai sistem nomor di binari. Selain itu, EDVAC menggunakan rancangan program tersimpan.
  2. ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Calculator), generasi pertama dalam sejarah komputer memiliki sejumlah lima juta titik soldier, 18.000 tabung yang hampa udara, serta 70.000 resistor. Kelemahan dalam komputer ini yaitu sangat menguras tegangan listrik, karena sekali beroperasi ia mampu mengkonsumsi 160.000 Watt.
  3. EDSAC (Electronic Delay Stoage Automatic Calculator), komputer ini mampu menyimpan data dengan pelantara merkuri atau raksa merkuri.
  4. UNIVAC (Universal Automatic Calculator), diciptakan oleh Dr Mauchly dan Eckert pada tahun 1951. Fungsi dalam komputer ini yaitu konsen dalam proses data pada bagian perdagangan.

Demikian sekilas ulasan tentang komputer generasi pertama yang harus kita ketahui sebagai orang yang hidup dalam zaman yang serba membutuhkan teknologi. (Muhafid/R6/HR-Online)

Editor: Muhafid