Agun Gunandjar: Toleransi dan Kolaborasi Kunci Membangun Bangsa

Agun Gunandjar sebut Toleransi dan Kolaborasi kunci ketahanan bangsa
Agung Gunandjar Menyatakan Toleransi Dan Kolaborasi Adalah Kunci Membangun Bangsa dalam acara Forum Semua Bicara, Kamis (14/1/2021). Foto: Istimewa

Berita Ciamis (Harapanrakyat.com),- Anggota DPR RI Agun Gunandjar Sudarsa menyebut toleransi dan kolaborasi merupakan salah satu kunci dalam membangun bangsa ke depan ke arah lebih baik.

Agung yang juga wakil Ketua Badan Pengkajian MPR RI menyampaikan hal tersebut ketika jadi keynote speaker dalam Forum Semua Bicara. Acara tersebut digagas oleh Forum Ketahanan Bangsa di Hotel The Priangan, Ciamis, Kamis (14/1/2021). Tema kegiatan itu ‘Satu Tekad, Satu Kata Demi Bangsa’.

Agun menyatakan semua harus bisa menghormati dan menghargai dengan cara toleransi, dan bisa melakukan secara bersama-sama melalui kolaborasi.

Agun pun mengapresiasi kegiatan dari Forum Ketahanan Bangsa. Lembaga lain pun harus mencontoh kegiatan serupa, termasuk dari pemerintah.

Toleransi bukan dengan menuntut orang lain mengakui keberadaan kita. Tapi dengan memberikan ruang untuk menghormati dan mengakui keunikan masing-masing. Memberikan siapa saja untuk berinteraksi. Sedangkan kolaborasi untuk memposisikan agar tetap setara.

Menurut Agun ketika memposisikan paling tinggi dari orang lain maka tidak bisa berkolaborasi. Dengan kolaborasi memberikan setiap kesempatan kepada yang lain untuk mengutarakan pikirannya.

“Menghadapi tantangan bangsa saat ini ada dua kunci agar bisa bisa keluar dari masalah, menjawab tantangan dan menatap masa depan bangsa. Dua kunci itu adalah toleransi dan kolaborasi,” ujar Agun.

Agun mengatakan dalam kehidupan beragama, toleransi ini bukan meleburkan keyakinan. Tapi menghargai dengan perbedaan keyakinan serta saling memberikan ruang melaksanakan ajaran agamanya masing-masing.

“Budaya musyawarah selain identitas bangsa, tapi juga merupakan implementasi dari asas kekeluargaan yang fundamental dalam etika kehidupan berbangsa dan bernegara. Maka dua kunci yakni toleransi dan kolaborasi ini harus tetap dijaga,” katanya. (Dadang/R9/HR-Online)

Editor: Dadang

Aegis Boost Pro