KTM 1290 Super Adventure S, Spesifikasi Kendaraan Touring Petualang

KTM 1290 Super Adventure S, Spesifikasi Kendaraan Touring Petualang
KTM 1290 Super Adventure S. Foto: Ist/Net

KTM 1290 Super Adventure S resmi meluncur dengan bekal fitur adaptive cruise control. Spesifikasinya cukup menarik dengan gaya sepeda motor off road dalam tampilan tangguh.

Semakin hari kemajuan dunia otomotif terlihat berkembang pesat. Hal ini tidak terkecuali pada produksinya yang semakin meningkat.

Meski masa pandemi masih saja dialami oleh sebagian besar negara di dunia, namun tidak mengurungkan niat para perusahaan otomotif. Bahkan kini kemajuan produksinya semakin terlihat dari banyaknya produk yang beredar.

Produk kendaraan saat ini semakin maju dan berkembang. Seperti yang telah tampak pada kehadiran sepeda motor baru yang meluncur di awal tahun 2021.

Pabrik otomotif asal Australia, KTM, berhasil memasuki persaingan sepeda motor tahun ini. Kali ini yang hadir dan mengisi pasar otomotif yaitu kendaraan bergaya adventure.

Produk terbarunya tersebut yaitu KTM 1290 Super Adventure S 2021. Ada banyak hal yang baru dari kendaraan ini, baik dari segi mesin hingga fitur yang dimiliki.

Dengan mesin bertenaga dan bekal berbagai fitur baru yang mumpuni, membuat sepeda motor ini pantas anda miliki. Masih banyak hal yang bisa anda dapatkan dari KTM 1290 yang resmi rilis di tahun ini.

Review KTM 1290 Super Adventure S 2021

KTM merupakan salah satu perusahaan otomotif asal Australia yang memiliki berbagai produk kendaraan menarik. Seperti halnya produk terbarunya saat ini yang meluncur yaitu Super Adventure S bergaya adventure.

Kendaraan ini memiliki berbagai keunggulan dari sepeda motor sejenis yang lainnya. Bahkan kabarnya sepeda motor produksi KTM ini menjadi yang pertama di dunia dengan radar sebagai standar.

Produksi kendaraan ini melalui uji dengan proses pengembangan. Sehingga tidak membutuhkan waktu sebentar dalam pembuatannya.

KTM 1290 menghadirkan produk baru sebagai flagship dari produksi asal Australia. Kendaraan ini menjadi jajaran generasi ketiga KTM Adventure kapasitas di atas 1000 cc.

Baca Juga : Kawasaki KLX 150 Bigfoot, Motor Off Road Bertenaga Desain Sporty

Bahkan kabarnya teknologi yang membekali sepeda motor ini terdepan untuk sport tourer agar ergonomis. Hal ini membuat siapa saja yang berkendara lebih nyaman dalam segala jenis kondisi jalan. Bagi anda yang masih penasaran, berikut ini ada review lengkap dari produksi KTM gaya adventure terbaru 2021.

Mesin

KTM 1290 Super Adventure S berbekal dengan mesin bertenaga yaitu 1301 dengan torsi sama seperti generasi sebelumnya. Tenaga tersebut yaitu 160 dk dengan torsi 140 Nm.

Mesin yang membekalinya ini sudah mengikuti regulasi Euro 5. Mesinnya V-Twin bersudut 75 derajat inilah yang diklaim masuk standar emisi tersebut.

Bahkan lebih ringan 1,6 kg dari generasi sebelumnya. Transmisi yang terpakai yaitu 6 percepatan PANKL yang berfitur Quickshifter+.

Desain

Ada beberapa komponen KTM 1290 Super Adventure S yang didesain ulang. Antara lain pada sistem pembuangan atau knalpot piston dan girboks model PANKL.

Frame chrome-molybdenum stainless steel trellis merupakan revisi saat posisi berkendara. Ada tinggi jok yang hadir dari kendaraan ini yaitu 20 mm yang sebelumnya 849 mm menjadi 869 mm.

Steering head memiliki ukuran dengan bergeser dari sebelumnya yaitu 15 mm. Sehingga kemampuan menikung kendaraan ini semakin optimal.

Baca Juga : Motor Yamaha MX-King 150 Tahun 2021 Miliki Warna Baru, Harga?

Selain itu, pada bagian sudut mesin depannya juga bergeser 2 derajat serta lengan ayun bertambah panjang sebanyak 15 mm.

Fitur

KTM 1290 Super Adventure S juga memiliki bekal fitur keamanan yang cukup menarik. Sistem pengereman yang ada mengandalkan piringan berdiameter 320 mm untuk bagian depan.

Sedangkan pada bagian belakangnya berukuran 267 mm. Sehingga ketika berkendara melintasi jalan off road akan terkontrol dengan baik.

Sistem redam pada permukaan jalan menggunakan generasi baru yaitu WP Semi-Active Suspension (SAT) dan WP APEX Semi-Active Technology.

Sehingga bisa sesuai dengan menggunakan katup magnet. Penyetelan yang ada tersebut bisa terlihat langsung pada layar TFT berukuran 7 inci.

Tangki

Bahan bakar sepeda motor adventure ini memiliki tangki dengan desain tiga sel yang membawa dua bagian. Bahan bakar pengisian konvensional dengan dua tangki yang ada di bagian samping saling terhubung.

Baca Juga : Yamaha SR400 Final Edition Produksi Terbatas Tersedia 1000 Unit 

Sehingga keduanya bisa menguras dan mengisi bahan bakar secara bersamaan. Masih ada banyak keunggulan dari sepeda motor KTM dengan perkembangan modifikasi yang semakin baik.

Dapatkan sepeda motor terbaru di tahun 2021 yang bergengsi. Kendaraan produksi perusahaan Australia tersebut bernama KTM 1290 Super Adventure S. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto