Kucing Mendatangi Kita saat Makan Membawa 3 Pesan Kebaikan

Kucing mendatangi kita saat makan ternyata membawa 3 pesan kebaikan. Foto: Net/Ist.
Kucing mendatangi kita saat makan ternyata membawa 3 pesan kebaikan. Foto: Net/Ist.

Kucing mendatangi kita saat sedang makan mungkin pernah atau sering Anda alami. Baik kucing peliharaan di rumah, maupun kucing jalanan. Seperti kita ketahui bahwa kucing merupakan salah satu jenis binatang mamalia berkaki empat.

Selain lucu, hewan tersebut juga paling banyak kita jumpai. Keberadaannya sudah ada sejak ribuan tahun lalu. Maka tak heran jika banyak orang menyukai binatang ini, sehingga sering dijadikan sebagai hewan peliharaan di rumah.

Merangkum dari berbagai sumber, dalam riwayatnya, Nabi Muhammad SAW sangat menyukai kucing. Hewan ini menjadi kesayangan Rasulullah. Bahkan, Nabi Muhammad SAW juga memiliki seekor kucing yang bernama Mueeza.

Meskipun tidak semua manusia menyukai apalagi memelihara hewan tersebut, namun pastinya sebagian dari kita pernah didatangi oleh seekor kucing ketika kita beraktivitas. Misalnya saat sedang makan.

Kucing mendatangi kita saat makan. Beberapa diantara mereka mungkin memberikan makanan, tetapi sebagian lagi justru malah mengusirnya karena menganggap kedatangan kucing mengganggu.

Baca Juga : Kucing Bersembunyi Sebelum Mati, Ini Alasannya!

Apabila Anda mengalami hal tersebut, sebaiknya jangan buru-buru mengusir kucing yang merupakan hewan kesayangan Rasulullah.

Mengapa kucing itu hanya mendatangi Anda, bukan menghampiri orang lain padahal tengah menyantap makanan yang sama dengan Anda? Ketahuilah bahwa kucing mendatangi kita ternyata membawa “tanda” atau “pesan”.

Ketika kucing menghampiri kita, ia membawa tiga pesan atau tanda yang tersimpan di dalamnya. Apa saja tiga pesan itu? Berikut ini penjelasannya mengapa kucing mendatangi kita, bukan menghampiri orang lain.

Kucing Mendatangi Kita Bawa 3 Pesan Kebaikan

Pesan Pertama

Kedatangan jenis hewan tersebut menjadi pertanda bagi kita bahwa Allah SWT tengah mengingatkan kita sebagai manusia mengenai hakikat memberi. Karena, semua rezeki yang kita dapatkan tidak sepenuhnya menjadi milik kita.

Namun, ada hak-hak bagi orang lain yang memang seharusnya kita keluarkan. Seperti halnya zakat fitrah dan zakat harta yang harus kita keluarkan. Sebagai rukun Islam tentunya wajib kita penuhi.

Tanpa menunaikan kedua hal tersebut tentunya bagi umat Islam belum mampu menjalankan semua aturan wajib, yang harus umat manusia jalankan.

Baca Juga : Kucing Gli di Hagia Sophia Turki jadi Favorit Wisatawan, Ini Sejarahnya!

Dalam konteks hewan mamalia ini, kucing mendatangi kita saat makan itu mengingatkan manusia bahwa kita harus berbagi dengan makhluk lainnya seperti kucing, atas karunia Allah SWT yang kita nikmati.

Artinya, dari sebagian makanan yang kita santap itu ternyata ada rezeki buat kucing yang harus kita berikan. Karena, berbagi rezeki tidak hanya kepada sesama manusia saja. Tetapi, berbagi rezeki dengan hewan, apalagi hewan itu terlantar adalah suatu kebaikan.

Pesan Kedua

Pesan kedua ketika kucing mendatangi kita saat makan. Ketahui lah, memberi makan kepada kucing sebagai makhluk Allah merupakan sebuah kebaikan.

Dari satu kebaikan itu Allah bakal melipat gandakan dengan kebaikan-kebaikan lainnya hingga 10 kali lipat. Apalagi jika kita memberikannya dengan ikhlas tanpa rasa terpaksa.

Apabila berbuat baik kepada manusia, seseorang sering berharap adanya balasan yang serupa dari orang lainnya. Tetapi tidak demikian kalau manusia berbuat kebaikan kepada kucing. 

Baca Juga : Makanan Berbahaya untuk Kucing, Hindari!

Karena, hewan tersebut tentunya tidak dapat membalas apa yang telah kita berikan. Saat berbagi makanan dengan binatang ini, kita sebagai manusia bisa belajar bagaimana rasanya berbagi rezeki dengan penuh rasa ikhlas.

Maka, perbuatan inilah yang seharusnya manusia lakukan juga ketika memberikan sesuatu kebaikan kepada orang lain.

Pesan Ketiga

Pesan ketiganya ketika kucing mendatangi kita saat makan ternyata Allah SWT sedang memberitahu kita. Jika kita tidak mau berbagi makanan kepada kucing tersebut, itu sebenarnya kita telah menolak rezeki baru yang bakal Allah berikan kepada kita.

Sebab, rezeki itu sangat luas, bukan hanya uang, namun meliputi semua aspek kehidupan. Semoga saja kita semua termasuk orang-orang yang pandai membaca akan ‘tanda-tanda’ tersebut. Serta dapat mengambil hikmahnya dari kedatangan seekor kucing ketika kita sedang menikmati makanan. (Eva/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah