Sabtu, Oktober 23, 2021
BerandaBerita TerbaruKucing Senang Bermain dengan Sepatu, Ternyata Ini Alasannya

Kucing Senang Bermain dengan Sepatu, Ternyata Ini Alasannya

Kucing senang bermain dengan sepatu, bahkan tidur di atas sepatu. Bagi pecinta hewan berbulu yang satu ini mungkin menyadari kalau kucing peliharaannya itu sangat obsesi pada sepatu.

Merangkum dari berbagai sumber, ada beberapa alasannya mengapa sepatu begitu terlihat menarik bagi si kucing, hingga membuatnya suka berada dekat sepatu. Berikut ini penjelasannya.

Alasan Kucing Senang Bermain Sepatu

Sepatu Memiliki Bau yang Dikenal Kucing

Indera penciuman mungkin menjadi paling penting bagi kucing selain panca indera lain yang dimilikinya. Penciuman seekor kucing 14 kali tajam atau lebih kuat ketimbang manusia.

Bahkan, kucing mempunyai reseptor penciuman yang dua kali lipat lebih banyak pada jaringan hidungnya. Selain itu, hewan kesayangan Nabi Muhammad SAW ini juga punya organ yang khusus.

Baca Juga : Kucing Suka Menggigit Kaki Manusia, Ternyata Ini Alasannya

Letak reseptor penciuman kucing berada di bagian langit-langit mulutnya yang disebut sebagai organ Jacobson, atau organ vemeronasal. Manusia tidak memiliki organ tersebut.

Organ Jacobson ini memungkinkan kucing mampu merasakan aroma serta feromon yang ada di udara. Melalui organ Jacobson kucing juga banyak menerima informasi mengenai hewan maupun manusia pada area tersebut.

Kucing Punya Rasa Ingin Tahu

Kucing senang bermain dengan sepatu karena memiliki aroma yang membuatnya penasaran. Karena, secara alami hewan yang menggemaskan ini punya rasa ingin tahu, sehingga mereka akan menyelidiki aroma baru yang mereka temui.

Tapi, mereka juga akan mencari-cari aroma dari benda-benda yang telah mereka kenal, yang mana bau dari benda-benda tersebut membuatnya merasa nyaman dan aman. Salah satunya sepatu.

Bukan hanya itu, kucing mengeluarkan feromon pada seluruh jaringan tubuhnya yang baunya khas mereka. Termasuk bagian pipinya.

Jadi, ketika kucing menggesek-gesekkan bagian wajahnya pada suatu benda, atau ke bagian tubuh anda, itu berarti kucing sedang meninggalkan jejaknya.

Baca Juga : Kucing Mendatangi Kita saat Makan Membawa 3 Pesan Kebaikan

Hal ini sebagai cara mereka mengatakan bahwa “saya pernah ke tempat ini sebelumnya, dan ini milik saya karena membuat saya merasa nyaman dan aman”.

Hal-hal yang Membuat Kucing Tertarik

Alasan berikutnya yang membuat kucing senang bermain dengan sepatu karena benda tersebut terlihat menarik. Selain itu, juga memiliki bau seperti aroma seseorang yang ia sukai. Kucing juga tertarik pada aroma yang berbau sepertinya.

Tertidur di atas sepatu anda adalah salah satu cara kucing mengungkapkan bahwa mereka nyaman berada dekat anda. Kucing akan merasa nyaman dengan kehadiran anda, dan mencintai anda.

Sepatu Merepresentasikan Tempat yang Aman

Kucing senang bermain dengan sepatu alasannya karena sepatu mempresentasikan tempat yang aman baginya. Tidak hanya menghabiskan waktu atau tidur pada sepatu anda, tapi juga mengatakan kalau mereka itu mencintai anda.

Objek-objek yang memiliki aroma atau berbau seperti anda, misalnya sepatu, baju, selimut, dan sebagainya, juga dapat membawa kenyamanan buat kucing dalam situasi stresnya.

Tidur pada sepatu anda menjadi metode yang menenangkan bagi kucing, seperti misalnya saat anda sedang pergi siang hari.

Kucing senang bermain dengan sepatu. Tak hanya meniduri sepatu, ketika anda sedang pergi, mungkin kucing juga membawa-bawa sepatu anda ke lokasi lain.

Baca Juga : Kucing Bersembunyi Sebelum Mati, Ini Alasannya!

Kalau kucing anda besar dengan memberinya minum botol, bahkan mungkin mereka mungkin menyusu pada kaos kaki atau sepatu anda. Hal itu karena kucing yang disapih terlalu cepat dari induknya kerap mengalami fiksasi oral, serta menyusu atau menggigit pada benda-benda yang baunya seperti aroma pemiliknya.

Perilaku tersebut merupakan metode lain yang bisa menenangkan mereka. Bagi kucing, sepatu yang anda biarkan di lantai menjadi jalan untuk mereka keluar dengan nyaman.

Menandai Wilayah

Alasan lainnya mengapa kucing suka bermain sepatu karena sepatu dapat menjadi cara untuk merebut kembali wilayahnya setiap kali anda pulang lalu melepaskan sepatu.

Kesukaannya menggesekkan pipi maupun dahinya pada suatu objek menjadi cara kucing untuk menandai lokasi atau wilayah teritorinya.

Dengan begitu, bermain-main dengan sepatu maupun tali sepatunya menjadi suatu kenikmatan ekstra bagi si kucing.

Menyenangkan

Mengendus sepatu bagi kucing merupakan suatu kegembiraan, kesenangan, dan juga olahraga. Terkadang kucing juga beralih dari bermain bola atau pita, tiba-tiba malah mengendus-endus sepatu sebagai hiburannya.

Biasanya, sepatu kita letakkan pada tempat yang memudahkan kucing mengaksesnya. Penempatan yang nyaman itu menjadi salah satu alasan mengapa banyak kucing menyukai sepatu.

Jadi, pada dasarnya sejumlah kucing merasa senang ketika bermain-main dengan sepatu, atau bahkan semua objek yang ada dalam jangkauannya. (Eva/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img