Kucing Suka Menggigit Kaki Manusia, Ternyata Ini Alasannya

Kucing suka menggigit kaki manusia ternyata ada beberapa alasan. Foto: Net/Ist.
Kucing suka menggigit kaki manusia ternyata ada beberapa alasan. Foto: Net/Ist.

Kucing suka menggigit kaki manusia ternyata ada beberapa alasan, dan mungkin Anda belum mengetahuinya. Bagi yang memelihara kucing tentunya sudah tidak asing lagi dengan kebiasaan hewan tersebut.

Sejak dulu kucing banyak disukai orang, sehingga tak heran jika banyak yang menjadikannya sebagai salah satu hewan peliharaan. Apalagi tingkahnya yang lucu dan menggemaskan sering membuat banyak orang senang jika bermain dengan hewan berbulu ini.

Bagi mereka yang pelihara kucing, mungkin tidak asing lagi dengan kebiasaannya, salah satunya suka menggigiti kaki Anda.

Tapi mungkin tidak semua pecinta kucing tahu apa alasan kucing senang menggigit-gigit kaki manusia. Merangkum dari dari berbagai sumber, berikut ini beberapa alasannya yang perlu Anda tahu.

Baca Juga : Kucing Mendatangi Kita saat Makan Membawa 3 Pesan Kebaikan

Alasan Kucing Suka Menggigit Kaki Manusia

Merasa Bosan

Ketika merasa bosan, kucing biasanya akan menggigit kaki Anda, dan hal ini menjadi salah satu alasannya. Karena pada dasarnya semua kucing memiliki naluri berburu. Mereka ingin menangkap apa yang dilihatnya.

Kalau kucing Anda banyak menghabiskan waktunya sendirian, atau tidak mendapatkan cukup perhatian dari Anda. Maka besar kemungkinan ia akan mencoba berusaha mengejar Anda. Sebab, bermain menjadi cara si kucing merangsang insting berburu yang mereka miliki.

Jika kucing peliharaan harus mengembangkan sendiri naluri berburunya, maka kaki Anda menjadi ‘mangsa’ yang tepat. Mereka akan mengejarnya lantaran mudah untuk diakses dan sering bergerak.

Dengan cara tersebut, kucing akan merasa senang untuk mencoba menangkapnya. Kemudian, mereka juga akan memastikan kalau Anda memperhatikan apa yang dibutuhkannya.

Guna mencegah terjadinya hal seperti itu, sering-sering ajak bermain kucing Anda. Tapi kalau Anda tidak ada waktu atau tidak bisa, coba beri mainan yang aman dan bisa membantu si kucing merasa terhibur sepanjang harinya.

Sedang Merasa Gembira yang Berlebihan

Baca Juga : Kucing Bersembunyi Sebelum Mati, Ini Alasannya!

Alasan kucing suka menggigit kaki manusia bisa jadi hewan tersebut sedang merasakan kegembiraan yang berlebihan. Karena, kucing tidak tahu bagaimana caranya mengelola energi dan kegembiraan mereka yang berlebihan.

Mungkin ini menjadi salah satu alasan bagi si kucing yang secara tiba-tiba badannya menukik untuk mencoba menggigit bagian kaki Anda. Jadi, ia akan menggigit jika terjadi sesuatu yang membuat kucing sangat bahagia.

Coba pikirkan ketika kucing menggigit kaki saat Anda mengajak mereka bermain-main. Atau Anda menawarkan mereka makanan spesial yang mereka suka.

Kucing suka menggigit kaki manusia karena terlalu merasa sangat gembira. Walaupun penyebab masalah tersebut tak selalu buruk, namun sangat penting kiranya untuk mengajari kucing peliharaan bahwa menyakiti Anda bukan hal yang baik.

Cara untuk memperbaiki perilakunya itu, coba gunakan penguatan positif. Misalnya, ketika kucing sedang menggigit kaki Anda lantaran terlalu gembira, hentikan apa yang tengah Anda lakukan. Baik itu bermain dengannya atau memberinya makan.

Kemudian setelah itu bantu kucing supaya tenang, dan ketika mereka sudah tenang, berikan hadiah berupa cemilan atau bermain lagi dengannya.

Baca Juga : Makanan Berbahaya untuk Kucing, Hindari!

Memiliki Perilaku yang Agresif

Sebagian kucing suka menggigit kaki atau pergelangan kaki manusia salah satu alasannya karena mereka memiliki perilaku yang agresif.

Hal ini mungkin akibat si kucing mengalami masalah sosialisasi sejak mereka masih kecil. Atau bisa juga karena lingkungan sekitarnya yang membuat mereka stres.

Kalau kucing peliharaan Anda ada dalam situasi tersebut, sebagai bentuk pertahanan diri mereka bisa saja menyerang Anda. Jika kucing menggigit kaki Anda lantaran stres, sebaiknya segera hubungi bawa ke dokter hewan. Atau hubungi ahli etologi kucing.

Mereka akan memberikan saran serta membantu Anda untuk mengidentifikasi apa yang menjadi sumber spesifik kucing Anda agresif.

Kemudian, jika kucing peliharaan Anda terlalu agresif, bahkan gigitannya menimbulkan cedera serius, maka Anda harus segera mendapatkan penanganan medis.

Sakit

Alasan terakhir jika kucing suka menggigit kaki Anda ketika sedang tidur atau beristirahat, sebaiknya periksa kesehatan kucing Anda. Pastikan pula kucing tidak merasa sakit atau mengalami cedera.

Ketika kucing merasa ada yang sakit atau tidak nyaman, mereka akan mencari perhatian dari Anda. Selain itu, mereka juga mencoba memperingatkan bahwa mereka butuh bantuan Anda.

Banyak cara yang mereka lakukan untuk memberitahu kita mengenai apa yang mereka rasakan, salah satunya dengan menggigit-gigit kaki Anda.

Itulah beberapa alasan mengapa kucing suka menggigit kaki atau pergelangan kaki manusia. Bagi para pecinta kucing tentunya perlu tahu alasan-alasan tersebut. (Eva/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah