Kulit Kaki Hitam dan Mengeras, Tips Mencerahkan Memakai Bahan Alami

Kulit Kaki Hitam dan Mengeras Tips Mencerahkan Memakai Bahan Alami
Ilustrasi Kulit Kaki Hitam dan Mengeras Foto: Ist/Net

Kulit kaki hitam dan mengeras ketimbang warna kaki secara keseluruhan. Terdapat pendapat bahwa alasannya karena terjadi gesekan secara terus-menerus di bagian permukaan tulang yang menonjol.

Sementara pendapat lain mengatakan, kulit kaki hitam dan mengeras akibat dari hiperpigmentasi. Atau juga bisa karena tanda lahir dan proses inflamasi alergi yang meninggalkan bekas.

Selanjutnya, adanya pendapat yang menjelaskan bahwa warna gelap di kulit kaki bisa terjadi akibat trauma yang berulang. Warna kulit lebih gelap biasanya pada bagian tubuh seperti lipatan pada paha dan juga ketiak.

Tips Mencerahkan Kulit Kaki Hitam dan Mengeras

Akibat warna kulit kaki hitam, membuat rasa percaya diri turun. Terutama saat memakai alas kaki yang terbuka. Simak berikut ini, yang bisa anda lakukan untuk mencerahkan kulit kaki hitam dan mengeras.

Baca Juga : 3 Cara Memutihkan Kulit Tangan yang Belang, Mudah dan Efektif

Menggosok Bagian Punggung Kaki Saat Mandi

Bagian kaki sering terlupakan saat mandi, apalagi dalam keadaan sedang terburu-buru. Oleh karena itu, jika anda ingin mencerahkan kulit punggung kaki. Anda harus membiasakan diri untuk menggosokkan punggung kaki saat mandi.

Caranya dengan menggunakan air hangat, lalu menggunakan sabun mandi yang terdapat scrub halus. Guna membersihkan punggung kaki. Hal ini dilakukan untuk mempercepat proses pergantian sel kulit mati di punggung kaki.

Menggunakan Foot Cream di Malam Hari

Bukan hanya wajah saja yang perlu menggunakan krim malam. Akan tetapi, bagian kulit kaki hitam dan mengeras juga perlu. Foot cream bisa menjadi pilihan anda untuk mencerahkan punggung kaki karena memiliki kandungan bahan ekstrak alami dan antioksidan. Anda bisa menggunakannya dengan secara teratur saat malam hari.

Baca Juga : Cara Memutihkan Siku dan Lutut Dengan Bahan Alami

Menggunakan Sunblock

Jika anda lebih menyukai menggunakan sandal atau sepatu terbuka, sebaiknya anda perlu menggunakan sunblock untuk melindungi punggung kaki dari sinar matahari.

Mengoleskan Jeruk Nipis

Seharusnya anda harus tahu bahwa jeruk nipis bisa mencerahkan kulit. Termasuk kulit kaki hitam dan mengeras. Karena jeruk nipis terdapat kandungan senyawa asam yang membantu mengangkat sel kulit mati dan juga mencerahkan kulit secara alami.

Caranya dengan anda mengoleskannya secara merata, diamkan kurang lebih 30 menit sambil dipijat-pijat kecil. Selanjutnya anda bisa membilas dengan menggunakan air hangat.

Menggunakan Kunyit

Tidak hanya jeruk nipis, anda bisa menggunakan kunyit dalam mencerahkan punggung kulit. Tumbuk kunyit sampai halus, selanjutnya oleskan secara merata ke bagian punggung kaki. Perlu diamkan kurang lebih 10 menit, lalu bilas dengan air hangat sampai bersih.

Menggunakan Beras

Terdapat bahan makanan lainnya, yang bisa anda manfaatkan untuk mencerahkan kulit kaki yang menghitam. Dengan kandungan vitamin B1 yang bermanfaat sebagai memutihkan kulit tubuh. Cukup siapkan beras sesuai kebutuhan.

Tumbuk sampai halus hingga menjadi tepung. Selanjutnya tambahkan sedikit air hangat sampai dengan berbentuk krim. Jika sudah, oleskan secara merata ke bagian punggung kaki. Diamkan kurang lebih selama 1 jam. Terakhir bilas dengan air hangat sampai bersih.

Menggunakan Lidah Buaya

Cara selanjutnya dengan menggunakan lidah buaya. Terdapat kandungan aloesin yang memiliki manfaat untuk menghambat pembentukan melanin kulit sehingga akan menjaga kulit supaya tidak berwarna gelap.

Caranya cukup mudah, yaitu dengan mengambil bagian dari gel lidah buaya. Selanjutnya oleskan pada bagian kulit yang berwarna gelap secara merata. Diamkan selama 15 an menit dan bilas menggunakan air bersih.

Baca Juga : Memutihkan Pangkal Paha Secara Cepat dengan 14 Bahan Alami

Minyak Zaitun

Minyak zaitun dengan kandungan zat linoleic acid bisa berguna untuk menjaga keseimbangan kadar air dan minyak yang ada pada kulit. Tidak hanya itu saja, minyak zaitun juga mengandung antioksidan yang cukup banyak, yakni polifenol yang berguna sebagai pelindung sel-sel dari kerusakan.

Dalam penggunaannya untuk memutihkan kulit kaki, cukup campurkan dengan 4 sdm minyak zaitun dan 2 sdm madu. Lalu, gunakan sebagai lulur setelah anda mandi.

Bengkoang

Sudah terbukti jika bengkoang sebagai pemutih kulit anda, karena sudah banyak produk kecantikan yang menggunakan bengkoang sebagai bahan pokok.

Bengkoang juga memiliki kandungan vitamin B serta C yang berfungsi memutihkan dan menjaga kulit supaya tetap bersinar cerah. Kandungan vitamin C yang terdapat dalam bengkoang juga merangsang kulit untuk beregenerasi.

Caranya dengan memarut bengkoang, kemudian peras dengan menggunakan air dan gunakan sarinya untuk lulur mandi. Bisa juga menggunakan campuran parutan bengkoang sebagai scrub.

Tips diatas sangat mudah dilakukan, tetapi anda perlu rutin untuk melakukannya untuk membuat kulit kaki hitam dan mengeras anda menjadi cerah. (R10/HR-Online)

Editor : Eva Latifah