Lagi, Kawanan Monyet Gunung Sawal Ciamis Serang Perkebunan Warga

Kawanan Monyet
Monyet saat menyerang kebun warga. Foto: Eji/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Kawanan monyet dari kawasan Gunung Sawal Ciamis kembali masuk perkebunan. Warga Dusun Sindanggirang, Desa/Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis pun resah.

Merajalelanya monyet yang masuk ke perkebunan selain merusak palawija, juga memasuki pemukiman penduduk.

Pjs Kades Cipaku, Supendi, mengatakan, sejak 3 hari terakhir kawanan monyet itu turun gunung. Ia menduga selain populasinya bertambah, makanan yang tersedia di habitatnya juga semakin berkurang.

“Saya dapat laporan kejadian ini sudah berlangsung sejak 3 hari terakhir,” kata Supendi, Rabu (20/1/2021).

baca juga: DKUKMP Ciamis: Pembukaan Banpres UMKM Tahap 3 Hoaks

Agar tidak semakin parah dampaknya dari aksi monyet ini, lanjut Supendi, warga pun telah menghalau dengan berbagai cara, namun tidak membuah hasil. Bahkan aksinya semakin menggila.

Sementara itu, dampaknya bagi para petani sekitar produktifitas tanaman palawija serta lainnya berkurang.

“Ada sekitar 50 ekor lebih yang datang pada pagi dan siang hari. Monyet ini meresahkan bukan hanya karena merusak tanaman, juga terkadang menyerang warga dan menjebol genting rumah,” imbuhnya.

Persoalan ini pun sudah dilaporkan ke BKSDA dengan harapan ada solusi supaya peristiwa itu tidak terjadi lagi. Namun sayang, langkah ini pun belum membuahkan hasil.

“Sekarang kita usir, nanti datang lagi. Kemungkinan besar ketersediaan pakan di habitatnya berkurang, juga tidak menutup kemungkinan karena dikejar binatang buas,” pungkasnya. (Eji/R6/HR-Online)

Editor: Muhafid