Laptop Tidak Bisa Connect WiFi, Berikut Cara Mengatasinya

Laptop Tidak Bisa Cnnect WiFi, Berikut Cara Mengatasinya
Laptop Tidak Bisa Connect WiFI. Foto: sharingpctutorial.com

Laptop tidak bisa connect WiFi tentu akan menghambat kinerja laptop. Terutama untuk mereka yang bekerja mengandalkan jaringan WiFi dan laptop.

Tentu dengan masalah seperti ini, pastinya pernah mengalami perangkat tidak tersambung dengan WiFi. Padahal perangkat yang lain bisa tersambung dengan lancar. Tentu saja hal ini akan membuat jengkel siapa saja yang mengalaminya.

Dalam kondisi tertentu terkadang akan membuat laptop tidak tersambung dengan jaringan WiFi. Hal ini bisa terjadi karena keteledoran dari si pemakai atau ada sistem yang eror.

Laptop Tidak Bisa Connect WiFi

Apabila pernah mengalami WiFi tidak konek dengan laptop, maka jangan khawatir karena hal ini bisa teratasi dengan mudah. Tentu saja jika kalian menerapkan tutorial berikut ini.

Baca Juga: Samsung Galaxy Chromebook 2, Masa Baterai Lebih Lama

Namun sebelum memulai tutorialnya, maka lihat notifikasinya terlebih dahulu untuk mencari cara laptop tidak bisa connect WiFi dan bisa terhubung. Perhatikan bagian pojok kanan atas jika ikon seru berwarna kuning, maka pertanda jika laptop tidak terhubung dengan WiFi.

  1. Anda klik Start dan pilih Control Panel.
  2. Masuk ke Network and Internet.
  3. Selanjutnya masuk ke pada halaman Network and Sharing Center.
  4. Masuk ke Change Adapter Setting yang berada pada bagian kanan atas.
  5. Jika sudah terbuka, maka masuk ke jendela baru Network Connection yang akan muncul bagian Wireless Connection yang selanjutnya masuk Properties.
  6. Apabila sudah masuk ke Local Area Connection Properties dengan adanya beberapa informasi seperti Internet Protocol Version dengan dua kali klik untuk menghubungkan laptop tidak bisa connect WiFi.
  7. Jika sudah dua kali klik, maka masuk ke Internet Protocol version 4 Properties.
  8. Nantinya pilih menu bullets Obtain an IP address automatically serta masuk ke Obtain DNS server addres automatically.
  9. Terakhir klik OK. Cara ini sudah selesai, maka tunggu beberapa detik untuk mengecek notifikasi area.
  10. Lihat ikon sudah berubah dari warna kuning, maka tandanya sudah terkoneksi dengan WiFi dan bisa menggunakan untuk internet.

Tidak Connect WiFi Limited Access

Berbeda penanganan pada laptop tidak bisa connect WiFi jika terjadi notifikasi LIMITED ACCESS. Hal ini bisa terjadi karena beberapa hal karena IP address telah berhenti masa berlakunya dan tidak bisa terakses secara otomatis atau karena koneksi jaringan terlalu jauh dari perangkat laptop.

Untuk kalian yang ingin terbebas dari masalah tersebut, maka perhatikan langkah berikut ini agar perangkat bisa terhubung dengan laptop secara cepat.

Baca Juga: Samsung Galaxy Book Flex 2 Berikan Perangkat Berkualitas
  1. Pertama, masuk pada menu Start dan cari Control Panel.
  2. Kemudian cari Network and Sharing Center.
  3. Nantinya pada halaman ini akan ada informasi tentang basic network information and set up connection.
  4. Dalam jendela kali ini pilih WiFi, lalu akan muncul Manage Wireless Network dengan menampilkan data cache yang berasal dari WiFI. Nantinya kalian bisa menghapus data WiFi dengan cara pilih satu per satu cache WiFi dan REMOVE.

Atasi WiFI Unidentified

Masalah laptop tidak bisa connect WiFi seperti perangkat telah terhubung dengan WiFi, namun jaringan tersebut tidak bisa untuk mengakses internet. Nah, jika ada notifikasi Unidentified Network, maka perangkat tidak bisa menerima IP address yang terkirim dari DNS server.

Tentu saja hal ini akan membuat jaringan WiFi tidak bisa mengakses internet. Untuk itu, perhatikan langkah berikut ini dalam membuat perangkat tersambung dengan WiFi dan bisa mengakses internet.

  1. Langkah pertama dengan masuk pada tanda WiFi yang berada pada bagian bawah laptop.
  2. Lalu pilih jaringan WiFi yang ingin kalian lepaskan dengan cara Disconnect dan tekan Disconnect.
  3. Apabila sudah berhasil memutuskan jaringan, maka sambungkan kembali dengan Connect. Hal ini sama seperti menghubungkan WiFi seperti semula dan sangat mudah.

Apabila sudah connect, maka kalian bisa mencoba untuk mengakses internet. Jika berhasil memuat internet, maka laptop tidak bisa connect WiFi bisa langsung tersambung dan bisa mengakses internet.

Baca Juga: Huawei Qingyun L4 10 Hadir Dengan Prosesor Buatan Sendiri

Sehingga tidak akan mengganggu kerja laptop. Untuk itu, ingat setiap kali laptop mengalami masalah seperti ini, maka praktekkan tutorial tersebut dengan baik. Pastikan anda tak mengabaikan tips yang satu ini dalam memberikan penanganan pada permasalahan WiFi. (R10/HR-Online)

Editor: Dadang