Lipstik untuk Bibir Sensitif Berikut Tips Memilih Lipstik yang Aman

Lipstik Untuk Bibir Sensitif, Tips Untuk Memilih Lipstik yang Aman
Ilustrasi lipstik untuk bibir sensitif. Foto: Ist/Net

Lipstik untuk bibir sensitif merupakan solusi bagi anda yang kesulitan dalam memilih lipstik yang aman untuk bibir. Jika anda salah dalam memilihnya, pastinya akan bereaksi pada bibir sensitif anda. Seperti rasa perih, gatal, bahkan bisa kulit bibir menjadi pecah-pecah.

Lalu bagaimana cara memilihnya untuk bibir yang sensitif? Berikut adalah beberapa tips untuk memilih lipstik yang bisa anda gunakan.

Tips Memilih Lipstik untuk Bibir Sensitif

Menjaga Kelembaban Bibir dengan Produk yang Tepat

Masalah pada bibir akan semakin bertambah parah, apabila kelembaban pada bibir tidak terjaga. Terlebih jika tubuh anda kekurangan asupan cairan atau sering terkena cuaca yang terlalu dingin maupun panas. Oleh sebab itu, perlindungan untuk bibir sensitif harus berasal dari dalam dan juga luar tubuh.

Tidak hanya menjaga kadar cairan dalam tubuh, untuk bibir sensitif juga memerlukan perlindungan tambahan dalam bentuk pelembab khusus untuk bibir.

Baca Juga : Mengatasi Lipstik Patah Jangan Dibuang, Simak Tipsnya

Pelembab untuk bibir sensitif lebih baik yang memiliki kandungan pelembab tinggi dan juga vitamin E. Sehingga bisa meningkatkan sirkulasi darah dan merangsang pada pertumbuhan sel kulit baru yang lembut.

Bukan hanya menggunakan pelembab bibir jika anda ingin mendapatkan bibir yang sehat. Anda perlu juga mencari lipstik untuk bibir sensitif.

Dengan pemilihan lipstik berbahan dasar alami, cenderung lebih aman. Sebab, lipstik tersebut akan minim resiko iritasi dan bisa menutrisi kulit pada bibir dengan bahan-bahan yang alami.

Menjauhi Produk Beralkohol

Selanjutnya tips memilih lipstik untuk bibir sensitif, yaitu anda harus memastikan tidak adanya kandungan alkohol yang berada dalam produk pemulas bibir.

Pastikan juga lipstik yang anda gunakan mengandung bahan alami. Sebab kandungan tersebut bisa membuat lapisan bibir akan semakin tipis. Sehingga mengakibatkan bibir akan mudah robek dan pecah-pecah.

Tidak Menggunakan Lipstik yang Mengandung Menthol

Bibir itu sangat sensitif. Sementara terdapat banyak kandungan produk lipstik yang bisa menutrisi. Akan tetapi, sayangnya lipstik yang terdapat kandungan menthol atau mint adalah kandungan buruk yang bisa membuat bibir semakin kering.

Baca Juga : Rekomendasi Lipstik Nude Terbaik, Brand Lokal dan High End

Benar sekali, menthol bisa menyebabkan kulit bibir iritasi, dengan menghalanginya sehingga bisa sampai terjadi peradangan. Karena, pada akhirnya ini akan menyebabkan lebih banyak kekeringan pada bibir anda.

Maka, sebaiknya anda menghindari penggunaan lipstik yang terdapat kandungan menthol ketika bibir anda sedang sensitif, terlebih jika dalam kondisi kering atau mengelupas.

Mengoleskan Lip Balm Sebelum Menggunakan Lipstik

Dehidrasi menjadi salah satu penyebab bibir kering dan juga pecah-pecah. Saat bibir anda kering, hal pertama yang harus anda lakukan yakni mengoleskan lip balm sebelum anda menggunakan lipstik.

Biasanya, lip balm terlengkapi dengan memiliki kandungan vitamin E dan juga SPF yang dapat merawat kulit bibir anda. Maka dari itu, jika kulit bibir anda sedang sensitif, terlebih dalam kondisi kering, perlu anda mengaplikasikan lip balm.

Guna sebagai pelindung kelembaban bibir supaya terhindar dari dehidrasi. Bisa menggunakan lip balm polos maupun yang berwarna.

Memiliki Lipstik yang Mengandung Pelembab

Baca Juga : Lipstik yang Tahan Lama dan Cocok untuk Wanita Karier

Terkadang anda bingung memilih lipstik untuk bibir sensitif. Apalagi bibir dalam kondisi kering. Padahal lipstik menjadi salah satu tahapan penting saat memakai rangkaian riasan wajah.

Nah, anda harus mengetahui apa kandungan yang berada dalam lipstik. Pastikan juga lipstik yang akan anda pakai mengandung pelembab seperti vitamin E, minyak zaitun, atau cocoa butter.

Ketiga kandungan tersebut merupakan bahan alami dan juga kriteria yang harus ada untuk jenis lipstik pada bibir yang kering.

Memilih Lipstik Bertekstur Creamy

Mempunyai bibir sensitif memang sangat mengganggu penampilan sehingga menimbulkan rasa yang tidak nyaman. Pada dasarnya, saat anda ingin memakai lipstik dengan hasil yang sempurna, maka anda bisa mencoba lipstik yang bertekstur krim.

Yang mana jenis lipstik ini sangat berbeda, karena produk tersebut mempunyai formula yang mengandung wax lebih banyak dan moisturizer dibandingkan jenis lipstik lainnya.

Dengan kata lain, memiliki kadar minyak yang bisa melembabkan bibir dan juga dapat menggunakannya dalam jangka waktu yang lama. Tanpa membuat kulit bibir menjadi pecah-pecah.

Itulah solusi dan juga tips dalam memilih lipstik untuk bibir sensitif yang bisa anda jadikan acuan sebelum membeli lipstik yang aman. (R10/HR-Online)

Eva Latifah