Longsor Tebing Sungai Ciputrahaji di Banjarsari Ciamis Semakin Meluas

Tebing tanggul longsor akibat terkikis Sungai Ciputrahaji di Dusun Sukamulya, RT. 02/02, Desa Sukasari, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, semakin meluas. Foto: Suherman/HR.
Tebing tanggul longsor akibat terkikis Sungai Ciputrahaji di Dusun Sukamulya, RT. 02/02, Desa Sukasari, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, semakin meluas. Foto: Suherman/HR.

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Longsor tebing Sungai Ciputrahaji di Dusun Sukamulya, RT. 02/02, Desa Sukasari, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, semakin meluas.

Warga setempat pun kian resah lantaran hampir setiap hari terjadi abrasi yang mengancam keselamatan penduduk di wilayah tersebut.

Ade Permana, salah seorang warga Desa Sukasari, mengaku kecewa karena tidak adanya sikap responsif dari pemerintah, terkait penanganan longsor tebing Sungai Ciputrahaji tersebut.

“Sebagai masyarakat jelas kami merasa kecewa dengan tidak adanya tindakan responsif dari pemerintah. Dalam hal ini dinas terkait yang bertugas sebagai penanggulang bencana. Seharusnya pemerintah itu lebih sigap dengan adanya kejadian ini, jangan sampai menunggu dulu ada korban, baru ada tindakan,” ungkapnya, kepada HR Online, Jumat (29/01/2021).

Baca Juga : Abrasi Sungai Ciputrahaji Terus Meluas, Ancam Puluhan Rumah

Ade berharap, Pemerintah Kabupaten Ciamis bisa menekan agar instansi terkait segera bertindak untuk menanggulangi longsoran yang kian parah tersebut.

“Menurut kami masalah ini sangat serius dan harus segera ditanggulangi. Karena bukan hanya ratusan rumah penduduk yang saat ini sudah terancam. Tapi longsor juga mengancam jembatan jalan nasional menuju Kabupaten Pangandaran. Jadi perlu segera ada tindakan,” terangnya.

Ade bersama pemerintahan desa setempat mengaku telah melaporkan, hingga mengusulkan penanganan kasus tebing tanggul longsor tersebut. Namun sayang, harapan warga melalui pemerintah desa setempat belum ada respon positif dari pemangku kebijakan.

Pantauan HR Online di lokasi, longsor tebing Sungai Ciputrahaji terus meluas. Bahkan, bahu tanggul sepanjang kurang lebih 20 meteran sudah habis terkikis. Sehingga, abrasi kini menghantui ketenteraman warga sekitar lokasi. Terlebih saat ini curah hujan terus mengalami peningkatan. (Suherman/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah