Lumpia Basah Bandung, Kuliner Tradisional Pasundan yang Kaya Manfaat

Lumpia Basah Bandung
Lumpia Basah Bandung. Foto: m.youtube.com

Lumpia basah Bandung, salah satu jenis camilan yang wajib anda cicipi saat berkunjung ke kota Kembang. Makanan ini adalah salah satu jenis camilan yang dibawa masuk ke Indonesia oleh masyarakat Tionghoa.

Lumpia merupakan camilan yang berbeda dari jenis camilan lainnya. Pasalnya, lumpia tidak hanya nikmat, akan tetapi juga menyehatkan tubuh. Sehingga dengan mengkonsumsi lumpia setiap hari, dapat membuat daya tahan tubuh terhadap penyakit cukup baik.

Hingga saat ini, masyarakat dapat menemukan beragam resep lumpia. Namun pada umumnya, lumpia terdiri dari dua jenis, yakni lumpia basah dan lumpia goreng. Saat berkunjung ke kota Bandung, anda akan dengan menemukan dengan mudah kedua jenis lumpia tersebut.

Lumpia Basah Bandung

Mungkin sebagian besar masyarakat mengenal lumpia berasal dari Semarang, Jawa Tengah. Tetapi tahukah anda jika beberapa kota mempunyai “lumpia” masing-masing dengan ciri khas dan keunikan tersendiri.

Baca Juga: Kolontong Khas Tasikmalaya, Camilan Tradisional Tanah Priyangan

Salah satunya adalah lumpia basah Jawa Barat. Namun, sebagian masyarakat menyebutnya dengan lumpia khas Bandung. Atau terdapat pula lumpa basah khas kota hujan Bogor.

Terlepas dari mana asalnya, lumpia basah mempunyai ciri khas tersendiri, terutama dalam hal proses pembuatan serta penyajiannya yang berbeda dari lumpia pada umumnya.

Ciri Khas dan Proses Membuat Lumpia Basah Bandung

Bandung memang populer dengan jenis makanan yang unik dan menarik. Sebagian besar masyarakatnya tidak pernah kehabisan ide dalam membuat inovasi pada bidang apapun, terutama bidang kuliner.

Salah satunya adalah lumpia yang termasuk dalam jenis makanan tradisional kota Bandung. Perbedaan lumpia basah terdapat pada cara penyajiannya. Apabila lumpia biasa tersaji dengan cara menggoreng, lumpia yang telah digulung dengan berisi berbagai jenis isian.

Sedangkan untuk lumpia basah harus melalui proses menumis isian terlebih dahulu yang selanjutnya dituangkan ke lembaran kulit lumpia yang telah dioles dengan gula merah. Proses berikutnya, dibungkus dengan menggunakan daun pisang.

Karena menggunakan bahan-bahan yang melalui proses tumis dengan minyak yang meresap pada kulit lumpia mentah, maka menyebabkan kulit lumia menjadi lepek sehingga makanan ini populer dengan sebutan lumpia basah Bandung.

Baca Juga: Keripik Kaca Khas Ciamis, Camilan Unik Pilihan Tepat Pecinta Pedas

Camilan ini berisikan rebung, tauge, telor, dan gula merah yang sudah melalui proses pencairan sehingga memiliki tekstur yang kental. Selain itu, seringkali masyarakat Sunda akan menambahkan ayam, jamur, atau daging.

Proses memasaknya adalah dengan menumis berbagai jenis bumbu terlebih dahulu, seperti cabai dan bawang putih hingga harum. Selanjutnya masukkan telur dan aduk merata.

Proses berikutnya, masukkan tauge, rebung, atau bengkoang dan tunggu hingga matang. Selanjutnya tumisan tersebut di atas kulit lumpia yang telah memperoleh baluran gula merah kental.

Selanjutnya bungkus dengan menggunakan daun pisang. Pada umumnya, cara menyantap lumpia basah dengan menggunakan sumpit bambu supaya lebih nikmat.

Manfaat Lumpia Basah Bandung Bagi Kesehatan

Selain memiliki citarasa yang nikmat dan lezat, lumpia basah khas Jawa Barat ini jua memiliki beragam manfaat kesehatan bagi tubuh.

Karena lumpia basah terbuat dari bahan-bahan yang sebagian besar adalah sayuran seperti tauge, maka dapat anda pastikan camilan khas Bandung ini mengandung nutrisi yang mampu meningkatkan kesuburan.

Selain itu juga, tauge terbukti dapat memecah serta meningkatkan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Selain tauge, bahan isian lain pada lumpia basah adalah bengkuang.

Bahan makanan satu ini terbukti memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga sangat baik untuk pencernaan. Selain itu, bahan telur orak-arik pada camilan ini kaya akan kandungan protein.

Penikmat lumpia basah Bandung hadir dari berbagai kalangan, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang tua. Dengan penikmat yang cukup tinggi, maka tidak heran jika anda akan dengan mudah menemukan camilan ini di kota Bandung.

Baca Juga: Cara Membuat Colenak Khas Bandung Simple, Ketahui Asal Mulanya

Kepopuleran lumpia basah membuat para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara semakin penasaran akan citarasa camilan tradisional ini. Beberapa kalangan sampai rela jauh-jauh datang ke Bandung untuk sekedar menikmati lumpia khas Sunda ini.

Apabila anda berkunjung ke Bandung, jangan harap akan menemukan camilan ini di restoran atau tempat makan kekinian lainnya. Akan tetapi, anda akan dengan mudah menemukan lumpia basah Bandung pada tepi jalan atau taman kota Kembang ini. Para penjual camilan ini pada umumnya menggunakan gerobak untuk menjajakan makanannya. (R10/HR-Online)

Editor: Dadang