Minggu, Desember 5, 2021
BerandaBerita TerbaruMacam Macam Komedo dan Cara Mengatasinya Dengan Bahan Alami

Macam Macam Komedo dan Cara Mengatasinya Dengan Bahan Alami

Macam macam komedo sering menjadi gangguan pada wajah selain munculnya jerawat. Komedo merupakan benjolan kecil yang disebut dengan papula yang ada pada permukaan kulit.

Komedo ini juga termasuk kedalam golongan jerawat ringan yang tidak hanya ada pada wajah saja, namun bisa pada bagian leher, dada, bahu, punggung, sampai lengan. Jerawat kecil atau komedo ini terjadi karena adanya sel kulit mati dan minyak yang terkumpul dalam lapisan luar foliker rambut.

Biasanya warna komedo ini putih dan hitam. Jika berwarna hitam karena terkena paparan sinar matahari dan udara, terlebih bentuk komedo yang terbuka.

Baca Juga : Kulit Muka Mengelupas, Simak Kiat Ampuh untuk Mengatasinya

Macam Macam Komedo dan Cara Mengatasinya

Komedo adalah salah satu masalah yang mengganggu wajah. Jika tidak anda tangani, maka akan mengganggu penampilan dan membuat kurang percaya diri. Adapun faktor yang menyebabkan adanya komedo ini antara lain.

Adanya bakteri propioni bacterium acnes pada permukaan kulit yang tidak bisa terkendali dengan baik. Lalu adanya sel kulit mati yang tertimbun pada lapisan permukaan kulit, adanya perubahan hormon, sampai dengan produksi minyak yang berlebihan.

Kemudian karena kulit yang kering serta penggunaan bahan kimia pada produk kecantikan yang berbahaya. Perlu anda ketahui, macam macam komedo ini terbagi menjadi dua, yaitu komedo putih dan hitam. Adapun perbedaan dari kedua jenis komedo ini, bisa anda tahu dengan simak penjelasan berikut ini.

Komedo Hitam

Pernahkah kalian mengalami komedo hitam yang ada pada wajah? Hal ini karena membesarnya folikel rambut yang akhirnya tertutup dengan kotoran kulit serta sebum. Jenis komedo ini terlihat lebih besar dari yang lainnya karena terlihat pori-pori membesar dan menghitam.

Komedo ini sangat mengganggu karena terlihat jelas, terutama pada bagian wajah sehingga membuat orang kurang percaya diri. Hal ini membuat orang berusaha untuk menghilangkan komedo dengan cara mereka. Komedo hitam menjadi salah satu dari macam macam komedo yang sering orang keluhkan.

Baca Juga : Cara Memilih BB Cream Berdasarkan Jenis Kulit Wajah

Komedo Putih

Jika dibandingkan dengan komedo hitam, maka komedo putih jauh tidak terlihat. Namun jika kalian menekan wajah, maka komedo akan terlihat pada pori-pori.

Meski sama-sama komedo, namun jika komedo putih tidak terlihat dan membuat orang lebih santai menanggapinya daripada komedo hitam.

Cara Mengatasi Komedo

Jika sebelumnya sudah mengetahui macam macam komedo, maka berikut ini adalah penjelasan bagaimana mengatasi komedo yang mengganggu, baik itu komedo hitam maupun putih.

Cara berikut ini merupakan cara alami yang tentu saja bisa anda praktekkan dengan mudah karena bahannya juga tak sulit untuk ditemukan.

Jeruk Nipis

Salah satu jenis buah ini sering orang gunakan untuk membuat minuman dengan memberikan rasa segar. Namun kali ini manfaat lain bisa anda temukan untuk kecantikan.

Hal ini karena jeruk nipis mengandung antioksidan dan vitamin C yang tinggi sehingga membuat kulit terhindar dari jerawat, mengatasi minyak berlebihan, mengangkat sel kulit mati, dan mencerahkan kulit.

Nah, dengan manfaat mengangkat sel kulit mati inilah yang akan membuat anda bisa menghilangkan komedo hitam dengan cara alami. Mudah sekali caranya.

Baca Juga : Menghilangkan Bekas Luka di Wajah Dengan Bahan Alami

Hanya dengan mengoleskan perasan jeruk nipis pada area yang ada komedo hitamnya dan diamkan selama 15 menit. Tunggu dan bilas dengan air bersih.

Untuk hasil maksimal, maka gunakan dengan rutin. Selain macam macam komedo, maka cara mengatasi dengan jeruk nipis perlu kalian ketahui untuk menghilangkan komedo dengan alami.

Kulit Jeruk

Tahukah kalian jika kulit jeruk memiliki kandungan lebih tinggi untuk vitamin C? Selain itu, kadar antioksidan dalam kulit jeruk bisa membantu mengatasi sel kulit mati dan kerusakan akibat radikal bebas. Bahkan juga membersihkan pori-pori.

Untuk menggunakan kulit jeruk, bisa dengan menjemur kulit jeruk sampai benar-benar kering. Kemudian tumbuk sampai halus untuk kemudian campur air sampai terbentuk pasta.

Oleskan pada area komedo. Namun sebelum mengoleskan, harus bersihkan terlebih dahulu dan oleskan sampai 30 menit. Lalu bilas menggunakan air hangat.

Tomat

Buah yang bisa menjadi sayuran ini memiliki kandungan antioksidan atau yang sering disebut dengan lycopine. Kandungannya bisa menangkal radikal bebas yang menjadi penyebab adanya komedo.

Caranya dengan menumbuk tomat sampai menjadi bubur dan oleskan pada wajah. Tunggu sampai 30 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih. Selain macam macam komedo, maka bahan alami seperti tomat harus anda tahu untuk menghilangkannya. (R10/HR-Online)

Editor : Eva Latifah

- Advertisment -