Makanan dari Kedelai yang Menyehatkan dan Penting Untuk Tubuh

makanan dari kedelai
Jenis makanan dari kedelai yang menyehatkan. Foto: Ist/Net

Ragam makanan dari kedelai cukup populer dan banyak orang yang menyukainya. Apalagi kacang kedelai yang menjadi bahan baku makanan ini mengandung banyak nutrisi yang sangat penting untuk tubuh. Apa saja jenisnya?

Tak bisa dipungkiri bahwa harga yang ekonomis dan kaya akan manfaat merupakan kelebihan dari makanan dari olahan kedelai ini. Namun tingginya harga kedelai saat ini membuat banyak produsen yang menghentikan produksinya.

Sementara itu, kandungan yang terdapat dalam kedelai bisa menjadi pengganti kebutuhan daging khususnya bagi vegetarian. Sebab kedelai mengandung protein nabati yang lengkap. Sehingga membuatnya cocok menjadi alternatif bagi sebagian orang yang tidak suka daging.

Ragam Jenis Makanan dari Kedelai

Sebagai olahan yang kaya akan manfaat, memangnya apa saja makanan yang terbuat dari bahan kedelai? Ternyata ada banyak, baik berupa makanan maupun minuman. Berikut ini jenis makanan dari kedelai yang sangat menyehatkan.

Tempe

Bahan makanan yang terbuat dari kedelai yang pertama adalah tempe. Tempe merupakan makanan khas Indonesia yang terbuat dari hasil fermentasi kedelai dengan ragi.

Makanan yang umumnya berwarna keputihan ini menjadi salah satu santapan favorit masyarakat Indonesia. Makanan tempe juga menjadi salah satu bahan lauk pauk yang murah meriah tapi kaya akan manfaat.

Cita rasa gurih renyah merupakan salah satu kelebihan makanan dari kedelai yang satu ini. Menurut SELF Nutrition Data, sebuah tempe yang menjadi hidangan mempunyai kandungan protein 40 persen dari ukuran per 84 gram.

Untuk penyajian tempe sendiri banyak masyarakat yang mengolahnya menjadi berbagai macam makanan. Antara lain oseng-oseng tempe, tumis tempe, kering tempe, mendoan, dan berbagai makanan lainnya.

Baca Juga: Makanan Penambah Berat Badan Anak yang Enak dan Menyehatkan

Tahu

Serupa dengan tempe, tahu juga menjadi salah satu pilihan makanan dari kedelai favorit masyarakat. Meskipun makanan ini sering dikaitkan dengan tempe, tapi nyatanya tahu bukanlah makanan yang berasal dari Indonesia.

Tahu ternyata berasal dari Tiongkok dengan bentuk yang berbeda dari tempe. Tempe terbuat dengan bentuk biji kedelai yang masih utuh. Sedangkan dalam pembuatan tahu, kedelai harus dihancurkan kemudian pengendapan untuk kita ambil sarinya.

Nah, sari dari kedelai itulah yang kemudian menjadi tahu. Untuk masakan yang cocok berbahan tahu, anda dapat mengolahnya menjadi berbagai masakan yang enak. Seperti tahu campur, ketoprak, siomay, dan masakan lainnya.

Susu Kedelai

Makanan dari kedelai memang cocok sebagai pengganti daging. Kedelai juga bisa kita jadikan susu serta menjadi alternatif jika Anda alergi atau tidak senang susu sapi. Untuk bahan utamanya sama seperti tahu, yaitu kedelai murni.

Sedangkan proses untuk pembuatan tahu merupakan salah satu langkah dalam membuat susu kedelai. Dengan catatan bahwa kalau pembuatan itu dalam jumlah besar. Namun kalau untuk diri sendiri cukup dengan menggunakan blender.

Untuk rasa dari susu kedelai juga terbilang lezat. Kalau Anda belum pernah merasakannya sebaiknya segera mencobanya karena akan ketagihan. Mengenai nutrisinya, susu kedelai mampu menjadi pengganti susu sapi sebab mempunyai nilai gizi yang setara.

Kalau tertarik membuatnya sendiri, maka langkah yang perlu Anda lakukan adalah dengan menghaluskan kedelai, menyaring, dan memasaknya. Untuk membuat rasanya jadi lebih nikmat, kita bisa mengkombinasikan susu kedelai dengan gula, coklat, serta jahe.

Baca Juga: 14 Jenis Buah Untuk Penderita Diabetes yang Baik dan Disarankan

Bumbu Masakan

Selain makanan dari kedelai, kegunaan lain kedelai juga bisa sebagai salah satu bahan dasar untuk bahan atau bumbu masakan. Contoh bahan masakan tersebut adalah kecap dan tauco.

Kedua bahan penyedap masakan ini sama-sama terbuat dari kedelai. Namun dari kedua bahan ini berbeda, baik bentuk dan jenis kedelai yang digunakan. Begitu juga hasil rasa dari masakan yang menggunakan bahan ini.

Kecap merupakan hasil fermentasi kedelai hitam yang umumnya kita gunakan untuk menyedapkan masakan bercita rasa manis. Sedangkan tauco merupakan kedelai yang proses pembuatannya dengan mencincang, menambahkan air, lalu membiarkannya sampai kering.

Fungsi kedua bahan bumbu atau penyedap masakan ini cukup populer. Kebanyakan masyarakat kita memanfaatkannya sebagai bumbu masakan tumis atau yang berkuah.

Itulah berbagai jenis makanan dari kedelai yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Mengonsumsi makanan ini secara rutin juga penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh dan membuat tubuh jauh dari penyakit. (R11/HR Online)

Editor: Jujang