Makanan dari Singkong yang Menyehatkan dan Enak untuk Camilan

makanan dari singkong
Jenis makanan dari singkong yang menyehatkan. Foto: Ist/Net

Makanan dari singkong merupakan jenis camilan yang menyehatkan. Apalagi keunggulan makanan ini karena rasanya yang enak dan tidak mudah basi. Kandungan nutrisinya tak kalah dengan makanan lain dan bermanfaat untuk tubuh.

Singkong sudah sedari dahulu menjadi bahan pokok berbagai jenis jajanan tradisional. Selain mudah diperoleh, singkong juga sangat fleksibel untuk kita kreasikan menjadi berbagai jenis makanan yang lezat.

Bahan makanan ini juga kaya akan kandungan berbagai nutrisi, khususnya karbohidrat. Pada zaman dahulu singkong sering menjadi makanan pengganti nasi. Hanya dengan merebus sebentar banyak orang zaman dahulu yang senang mengkonsumsi singkong karena mengenyangkan.

Sedangkan untuk anak zaman sekarang makanan dari singkong rebus kurang menarik. Namun untuk melestarikan makanan singkong, saat ini ada banyak kreasi jajanan berbahan singkong yang menarik dengan rasa yang enak.

Apalagi kandungan gizi singkong terbilang lengkap. Antara lain kalori (energi), karbohidrat, protein, lemak baik, gula, dan serat. Singkong juga banyak mengandung vitamin A, C, E, K, B1, B2, B3, B6, dan B9.

Yang menarik, kandungan mineral dalam singkong juga terbilang lengkap. Seperti kalsium, fosfor, zat besi, magnesium, sodium, potassium (kalium), seng (zinc).

Baca Juga: Cemilan Sehat untuk Anak dan Bayi yang Enak dan Bergizi

Variasi Makanan dari Singkong yang Enak untuk Camilan

Singkong tak hanya terkenal pada daerah tertentu, seperti Jawa. Makanan ini juga populer di berbagai daerah. Bahkan ada yang menjadi makanan khas daerah. Nah, berikut ini variasi camilan dari singkong yang populer yang enak dan menyehatkan.

Getuk

Sudah banyak orang yang mengenal makanan dari singkong ini. Bahkan ada lagu yang menjelaskan makanan ini terbuat dari apa. Ya, tidak salah lagi jika getuk merupakan camilan yang terbuat dari telo alias singkong.

Karena itu getuk lebih populer keberadaannya daripada jenis jajanan dari ketela pohon lainnya. Untuk Anda yang belum pernah merasakannya sebaiknya segera mencobanya.

Apalagi untuk Anda yang belum mengetahui seperti apa bentuk dari getuk. Getuk merupakan salah satu makanan tradisional yang populer bagi masyarakat di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Bentuk makanan dari singkong ini ada beragam. Ada yang coklat dan ada juga yang berwarna-warni. Rasanya khas manis dari gula pasir dan gurih karena ada taburan kelapa. Rasanya yang khas membuatnya menjadi jajanan favorit.

Untuk sekarang, sudah banyak kreasi getuk dalam berbagai model. Ada yang mengolahnya menjadi getuk goreng dan getuk sukun. Untuk menemukan makanan ini, Anda bisa memperolehnya di pasar tradisional atau tempat oleh-oleh.

Tape

Tape atau peuyeum untuk masyarakat Sunda adalah makanan tradisional dengan rasa kecut. Rasanya yang kecut ini karena makanan ini dalam pembuatannya melalui proses yang cukup lama.

Untuk kreasi makanan ini sebenarnya tidak terlalu istimewa. Bentuknya lebih lunak dengan aroma dan rasanya yang masam. Rasa khas dari tape memang berbeda dari makanan dari singkong lainnya yang umumnya mempunyai cita rasa manis.

Namun dari balik kekhasannya, tape ternyata sangat menyehatkan. Jajanan ini mempunyai beragam manfaat untuk pencernaan, mengontrol tekanan darah, mencegah anemia, dan berbagai manfaat lainnya.

Baca Juga: Cemilan Sehat untuk Diet, Ini Rekomendasinya, Enak, Simpel dan Murah

Cenil

Bagi yang belum tahu, cenil merupakan makanan yang berasal dari daerah selatan Jawa. Biasanya makanan berbentuk bulat-bulat kecil atau kotak ini tampil dengan corak warna-warni dan menarik.

Penyajian makanan dari singkong ini biasanya dengan taburan parutan kelapa diatasnya dan menyiramnya dengan gula merah. Untuk rasanya, makanan tradisional ini juga enak dan kenyal dengan perpaduan gurih dan manis dari gula merah.

Sawut

Sedangkan sawut juga merupakan jenis makanan tradisional dengan bentuk parutan kasar dari singkong. Seperti halnya cenil dan getuk, jajanan yang berasal dari Jawa Tengah ini juga menawarkan cita rasa yang memadukan manis dan gurih.

Rasa makanan ini terutama dari gula merah cair dan parutan kelapa di atasnya. Rekomendasi menikmati sawut ialah saat kondisi hangat. Tapi sayangnya makanan satu ini kurang cocok untuk oleh-oleh tapi tidak ada salahnya untuk kita bawa pulang.

Itulah berbagai jenis makanan dari singkong yang enak dan khas. Jajanan tradisional ini selain mengenyangkan juga baik untuk kesehatan tubuh karena mengandung berbagai nutrisi. Untuk juga bisa membuatkannya untuk anak-anak. (R11/HR Online)

Editor: Jujang