Makanan Penambah Berat Badan Anak yang Enak dan Menyehatkan

makanan penambah berat badan
Daftar makanan penambah berat badan. Foto: Ist/Net

Memberikan makanan penambah berat badan anak cara yang banyak orang tua lakukan. Anak yang terlalu kurus sering membuat orang tua prihatin. Namun banyak orang yang bingung memilih makanan yang tepat untuk menambah berat badan.

Tak sedikit anak-anak yang memiliki bentuk tubuh yang terlalu kurus. Selain karena nafsu makan yang rendah, terlalu senang bermain sering membuat anak lupa makan. Akibatnya pertumbuhan tubuhnya kurang optimal.

Makanan Penambah Berat Badan Pilihan

Untuk Anda yang memiliki anak-anak dengan bentuk tubuh yang kurus atau kurang, perlu mengubah menu diet makanan mereka. Berikut ini daftar makanan penambah berat badan terbaik yang bisa Anda pilih.

Daging Ayam

Makanan ini kaya dengan kandungan protein dan gizi yang sangat baik untuk memperbaiki berat badan. Daging ayam juga banyak mengandung vitamin B6, vitamin B12, fosfor, niacin, dan magnesium.

Mengonsumsi makanan ini secara berkala akan menjadikan tubuh anak menjadi lebih berisi. Anda bisa mengolahnya menjadi berbagai aneka masakan dan olah yang enak. Seperti sup ayam, ayam goreng, dan lainnya.

Baca Juga: Makanan Penambah Stamina Tubuh untuk Anda yang Aktif dan Dinamis

Daging Sapi

Jenis daging ini juga kaya protein, lemak, dan zat besi yang baik sebagai makanan penambah berat badan anak. Anda bisa membuat variasi menu dari daging sapi dan ayam agar optimal untuk memperbaiki gizi anak.

Telur

Anak yang terlalu kurus membutuhkan asupan makanan yang kaya dengan kandungan protein. Telur ayam termasuk kaya protein dan berbagai vitamin dan mineral yang sangat penting untuk anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Kandungan vitamin B12, vitamin A dan kalsium dalam telur juga penting untuk meningkatkan kepadatan tulang anak. Anda bisa mengolah telur menjadi aneka menu makanan yang enak, bergizi, dan menyehatkan.

Kurma

Makanan yang kaya dengan kandungan kalori dan gula ini juga efektif untuk membuat badan anak bertambah dengan cepat. Buah yang populer ini juga kaya serat yang baik untuk menjaga kesehatan pencernaan.

Ubi Jalar

Alternatif lainnya makanan penambah berat badan anak adalah ubi jalar. Makanan ini bisa sebagai pengganti nasi jika anak sulit makan nasi. Ada banyak pilihan olahan ubi yang enak yang akan menjadi kesukaan anak-anak.

Ubi ini kaya dengan serat dan aneka mineral yang penting untuk tubuh. Dengan mengonsumsi ubi jalar bisa memperbaiki metabolisme tubuh dan menyehatkan tubuh anak.

Baca Juga: 7 Makanan Penambah Imunitas Tubuh Anak yang Ampuh Hadapi Covid-19

Kentang

Selain ubi jalar Anda juga bisa menggunakan kentang untuk makanan yang menyehatkan bagi anak. Anda bisa membuat menu yang lebih bervariasi secara bergantian dengan ubi jalar.

Selain kaya dengan karbohidrat dan serat, kentang juga banyak mengandung vitamin B6, vitamin C, fosfor, dan mangan. Kandungan nutrisi ini berguna untuk menjaga metabolisme tubuh anak dan memperbaiki bentuk tubuhnya.

Keju

Pilihan makanan penambah berat badan yang juga baik adalah keju. Makanan ini cocok untuk anak-anak yang memang senang keju. Termasuk anak balita yang telah berumur lebih dari setahun.

Keju kaya dengan protein, vitamin A, D, B12, kalsium, fosfor, dan selenium yang penting untuk meningkatkan berat badan anak. Ada banyak olahan keju yang bisa Anda buat sehingga enak dan anak menyukainya.

Buah Pisang

Jenis buah lainnya yang juga kaya gizi dan baik untuk pertumbuhan anak adalah pisang. Teksturnya yang lembut dan rasanya yang manis juga baik jika Anda ingin memberikan makanan tambahan pada anak setelah lepas dari ASI.

Pisang kaya dengan kandungan kalori, serat, karbohidrat, vitamin C, B6, kalsium, dan kalium yang baik untuk tubuh anak. Anak pun akan cepat gemuk dan sehat dengan rutin mengonsumsi buah ini.

Baca Juga: Makanan Penambah Nafsu Makan Ini Perlu Dicoba Agar Kembali Lahap

Buah Penambah Berat Badan Lainnya

Masih ada banyak jenis buah-buahan yang berkhasiat sebagai makanan penambah berat badan anak. Beberapa jenis buah-buahan terbaik antara lain pepaya, apel, alpukat, semangka, jeruk, pir, atau anggur.

Alpukat kaya vitamin C, E, K, B6, asam folat, asam pantotenat, serat, dan lemak nabati. Jeruk tinggi vitamin C yang baik untuk imunitas tubuh. Pepaya juga kaya nutrisi dan serat yang baik untuk pencernaan.

Banyaknya vitamin, mineral, dan nutrisi lain dalam buah-buahan perlu Anda variasikan menunya. Buah lebih disukai anak-anak sekaligus bisa sebagai pengganti sayur untuk anak yang tidak suka sayur.

Itulah rekomendasi makanan penambah berat badan terbaik untuk anak yang bisa Anda pilih. Untuk memberikan manfaat yang lebih menyehatkan, Anda membuat variasi menu makanan ini. Selain cepat gemuk, anak juga lebih sehat dan kuat. (R11/HR Online)

Editor: Jujang