Makanan Tidak Sehat, Kenali dan Hindari agar Tidak Mudah Sakit

makanan tidak sehat
Jenis makanan tidak sehat. Foto: Ist/Net

Makanan tidak sehat maupun yang berguna memang tidak gampang membedakannya. Namun jika pola makan kita lebih dominan mengonsumsi makanan yang tidak sehat tentunya meningkatkan risiko terkena penyakit.

Dalam keseharian, makanan memang selalu kita perlukan untuk memenuhi kebutuhan hidup dan menjadikan sumber energi. Kebutuhan makanan sangat penting karena juga mempunyai nilai gizi yang tubuh perlukan.

Dalam mengonsumsi makanan tentunya kita akan mengutamakan berbagai jenis makanan yang sehat untuk memenuhi kebutuhan. Pemahaman orang terhadap manfaat makanan ternyata tidak sama.

Makanan menunjuk berbagai jenis bahan yang bisa kita makan. Baik berupa panganan, lauk pauk, kue, atau camilan. Tak sedikit orang yang beranggapan fungsi makanan yang penting adalah mengenyangkan.

Hal ini membuat orang tidak selektif dalam memilih jenis makanan sehingga mereka sering mengonsumsi makanan sembarang. Padahal ada juga jenis makanan yang tidak menyehatkan loh.

Baca Juga: Makanan Penambah Berat Badan Anak yang Enak dan Menyehatkan

Jenis Makanan Tidak Sehat yang Perlu Anda Waspadai

Efek dan dampak akibat mengkonsumsi makanan tidak sehat ternyata banyak. Bahkan ada yang bisa menyebabkan penyakit yang berbahaya. Nah, untuk mengetahui apa saja makanan yang tidak menyehatkan dan perlu kita hindari, berikut ini daftarnya.

Gorengan

Makanan tidak menyehatkan yang pertama ada gorengan. Tidak sehatnya makanan ini karena mengandung kalori dan lemak yang tinggi. Meski pesona pisang goreng, mendoan, atau bakwan begitu enak tapi sebaiknya Anda kurangi menyantap makanan ini.

Gorengan termasuk makanan tidak sehat karena biasanya penjual menggoreng makanan ini dengan minyak yang digunakan secara berulang. Apalagi jajanan gorengan juga bisa memicu kolesterol dan obesitas akibat kandungan lemak jenuhnya.

Walaupun Anda menyukai makanan ini usahakan mengurangi jumlah konsumsinya. Akan lebih baik Anda membuat sendiri di rumah yang tentunya lebih aman dan dengan minyak goreng yang lebih baik.

Olahan Daging dan Jeroan

Jenis makanan tidak sehat lainnya namun banyak orang yang menyukainya adalah jeroan hewan. Ini juga menjadi santapan favorit saat jajan di pinggir jalan. Jenis jeroan yang paling populer antara lain usus dan hati.

Padahal berbagai jenis makanan jeroan tersebut justru akan menjadi limbah dalam tubuh. Sudah pasti ini tidak higienis dan efeknya bisa sangat mengerikan. Ini terutama karena kandungan kolesterol dan lemak jenuhnya yang sangat tinggi.

Mengkonsumsi makanan jeroan sangat tidak baik untuk tubuh. Jika Anda mengkonsumsinya secara berlebihan bisa mengundang berbagai penyakit berbahaya. Seperti jantung koroner, kanker usus besar, stroke dan lainnya.

Baca Juga: Makanan yang Dilarang untuk Penyakit Autoimun, Wajib Dihindari

Olahan Keju

Jangan sekali-kali makan keju secara berlebihan, Meskipun ada beragam manfaat yang baik untuk tubuh tapi sering mengonsumsi makanan tidak sehat ini bisa membuat Anda terkena obesitas, gula darah naik, hingga mengurangi nafsu makan.

Selain itu, makanan yang mengandung rasa manis atau asin ini juga perlu Anda perhatikan takaran makannya. Ini penting untuk mencegah risiko yang berbahaya untuk kesehatan.

Anjuran konsumsi yang masih aman adalah 4 sendok makan per orang per hari untuk gula (manis) dan 1 sendok teh untuk garam (asin) perorang perhari.

Junk Food

Jenis makanan ini sebenarnya juga terdapat sayuran dan daging yang berguna untuk menambah nutrisinya. Tapi siapa sangka kalau junk food termasuk makanan tidak sehat yang wajib Anda hindari atau kurangi.

Makanan junk food seperti burger, pizza, dan kentang goreng. Kandungan kalori dalam makanan ini tergolong tinggi. Begitu juga cara pengolahannya yang justru memicu banyaknya kandungan yang tidak baik untuk tubuh.

Sedangkan nutrisi yang ada tidak sebanding dengan kandungan tak sehat lainnya. Mengonsumsi junk food terlalu sering bisa berisiko terkena obesitas, diabetes tipe 2, gangguan pencernaan, dan masih banyak lainnya.

Baca Juga: Makanan Penurun Gula Darah yang Efektif, dari Apel, Almond hingga Kiwi

Makanan Kemasan

Jenis makanan tidak sehat yang sebaiknya juga Anda jauhi adalah makanan kemasan. Sayangnya, makanan ini juga menjadi primadona karena mudah kita peroleh. Bahkan makanan dalam kemasan sering menjadi pilihan untuk santapan setiap hari.

Contoh makanan kemasan yang tidak baik untuk tubuh seperti mie instan dan ikan sarden kaleng. Berbagai jenis makanan tersebut memang mudah, praktis, dan bisa mengenyangkan. Tapi kandungan nutrisinya sudah hilang dalam proses pembuatannya.

Tidak hanya makanan, minuman dalam bentuk kemasan juga tidak menyehatkan karena nutrisinya telah banyak yang hilang. Terlebih makanan atau minuman kemasan juga mengandung kalori yang cukup tinggi dan zat tambahan kimia.

Itulah berbagai jenis makanan tidak sehat yang sebaiknya Anda hindari. Jika pun Anda mengonsumsinya, sebaiknya batasi jumlahnya. Terlalu sering mengonsumsi makanan yang tidak baik justru mudah mengundang penyakit. (R11/HR Online)

Editor: Jujang