Sabtu, Oktober 23, 2021
BerandaBerita TerbaruManfaat Baking Soda Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Baking Soda Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat baking soda ternyata cukup banyak untuk manusia dalam hal Kesehatan. Baking soda juga   berguna untuk hal lainnya seperti menetralkan bau dan memutihkan cucian.

Soda kue atau juga bernama natrium bikarbonat ini banyak orang gunakan dalam kehidupan sehari-hari untuk berbagai kebutuhan.

Meskipun, pada dasarnya ini adalah salah satu bahan dasar untuk pembuatan kue, sifat ragi yang terdapat di dalamnya dapat membuat kue lebih berkembang.

Sifat ragi ini akan menghasilkan karbon dioksida saat proses pembakaran, karbon dioksida itulah yang kemudian dapat membuat adonan kue membesar serta lembut.

Namun, karena ternyata manfaatnya bukan hanya itu, kita bisa menggunakannya untuk membantu dalam urusan rumah tangga.

Baca juga: Bahaya Minuman Bersoda, Rusak Ginjal Hingga Pancing Serangan Jantung dan Stroke

Manfaat Baking Soda

Berikut ini beberapa manfaat yang dapat kita rasakan dari baking soda khusunya untuk menjaga Kesehatan tubuh.

Mengobati Sakit Maag

Sakit maag merupakan penyakit yang seringkali dialami, terlebih remaja yang cenderung makan tidak teratur dan sembarangan.

Penyakit ini berupa refluks asam yaitu sensasi terbakar pada perut atau lebih tepatnya lambung bagian atas dan dapat menyebar hingga tenggorokan.

Penyebab sakit ini pada umumnya adalah pola makan tidak teratur seperti terlalu banyak mamakan makanan pedas, makan terlalu banyak atau bisa juga karena stres.

Hal itu akan menyebabkan asam lambung naik dan membuat perut terasa sakit, kerika sudah parah asam lambung dapat naik ke tenggorokan.

Nah, manfaat baking soda ternyata dapat membantu mengatasi rasa mulas akibat penyakit maag dengan menetralkan asam lambung.

Cara memakainya cukup mudah, cukup larutkan satu sendok teh ke dalam satu gelas air dingin dan minum secara perlahan.

Namun, sebagai catatan tidak ada anjuran untuk menggunakannya terus menerus, lakukan hanya saat keadaan darurat.

Mengobati Sariawan

Sariawan merupakan penyakit yang terjadi saat seseorang mengalami panas dalam yang mengakibatkan terbentuknya semacam luka kecil pada bagian mulut.

Orang seringkali mengalami masalah ini, kendati bukan merupakan penyakit berbahaya namu terasa sangat menyebalkan karena menjadi sulit makan dan berbicara.

Dalam hal ini, manfaat baking soda juga bisa berguna untuk meredakan sariawan, dan beberapa peneliti bersepakat bahwa ini adalah obat kumur yang bagus.

Cara menggunakan baking soda sebagai obat kumur untuk meredakan sariawan bisa Anda lakukan dengan cara seperti sebelumnya.

Anda bisa menggunakan campuran ini secara rutin sebanyak satu kali sehari dan lakukan sampai sariawan sembuh.

Sebagai Suplemen Tubuh

Natrium bikarbonat atau nama lain dari baking soda adalah suplemen yang cukup terkenal bahkan di kalangan atlet olahraga.

Suplemen sendiri berguna untuk meningkatkan kinerja tubuh saat beraktivitas berat seperti berolahraga supaya tidak mudah Lelah.

Kelelahan sendiri adalah efek yang terjadi karena adanya produksi asam laktat pada sel otot, inilah yang membuat tubuh terasa terbakar.

Kemudian, asam laktat akan menurunkan pH pada sel-sel tubuh yang pada akhirnya membuat otot-otot dan tubuh mengalami kelelahan.

Nah, manfaat baking soda dalam hal ini adalah karena kandungan pH nya yang tinggi sehingga dapat menambah suplai pH tubuh dan menunda rasa Lelah.

Berdasarkan sebuah penelitina menemukan bahwa orang-orang yang menkonsumsi baking soda sebagai suplemen dapat berolahraga rata-rata 4,5 menit lebih lama.

Meredakan Gatal pada Kulit

Soda kue ternyata bisa Anda gunakan untuk mengobati kulis saat terkena gatal-gatal, bahkan banyak rekomendasi untuk mandi menggunakan bahan dasar kue itu.

Mandi dengan ini dapat meredakan gatal karena gigitan serangga, sengatan lebah atau akibat sengatan sinar matahari.

Kalau Anda tertarik untuk mencoba mandi dengan ini, cara  membuatnya cukup mudah Anda hanya perlu melarutkan baking soda kedalam bak mandi yang sudah di isi air hangat.

baca juga: Cara Memutihkan Gigi Secara Alami, Pakai Jeruk Nipis dan Baking Soda!

Menghambat Perkembangan Ginjal Kronis

Manfaat baking soda yang selanjutnya yaitu dapat membantu menghambat perkembangan penyakit ginjal yang sudah kronis atau CKD.

Di mana, orang yang sudah memiliki penyakit ginjal kronis dan dibiarkan, lama kelamaan beresiko kehilangan fungsi ginjalnya.

Sementara itu, ginjal merupakan salah satu bagian tubuh sangat penting yang salah satu fungsinya adalah menyeimbangkan mineral penting dalam tubuh.

Namun, ketika fungsi ginjal lambat laun menghilang karena penyakit kronis, keseimbangan tubuh akan terganggu.

Dakan sebuah penelitian mengatakan bahwa 36% orang yang mengalami CKD perkembangan penyakitnya lebih lambat dengan menkonsumsi suplemen natrium bikarbonat.

Hanya saja, alangkah lebih baik konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengkonsumsi suplemen tersebut dalam pencegahan penyakit kronis.

Itulah manfaat baking soda yang dapat kita rasakan khususnya dalam dunia Kesehatan sebagai obat dan suplemen rumahan yang populer. (Muhafid/R6/HR-Online)

Editor: Muhafid

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img