Manfaat Buah Cempedak untuk Kesehatan Jantung dan Atasi Malaria

manfaat buah cempedak
Sejuta manfaat buah cempedak unuk kesehatan. Foto; Ist/Net

Manfaat buah cempedak untuk kesehatan ternyata sangat luar biasa. Selain baik untuk menguatkan jantung, buah yang rasanya manis ini juga ampuh dalam mengatasi berbagai penyakit. Dari tumor, stroke, hingga malaria.

Cempedak (Artocarpus integer) memiliki bentuk yang mirip dengan buah nangka. Namun buah cempedak memang lebih kecil. Namun rasanya tak kalah manis dan lembut ketimbang nangka.

Meski kalah populer dari nangka, namun buah cempedak mempunyai banyak manfaat yang sangat baik untuk tubuh. Bahkan ada yang bilang kalau khasiat buah ini tak kalah manisnya daripada rasanya. Sudah manis, kaya pula khasiatnya.

Kandungan dan Manfaat Buah Cempedak untuk Kesehatan

Lantas apa saja manfaat buah cempedak yang memiliki aroma khas itu? Selain enak sebagai santapan lezat, cempedak juga merupakan sumber energi yang penting untuk menjalankan berbagai aktivitas.

Hal ini karena buah ini mengandung banyak nutrisi yang penting. Seperti kalori, karbohidrat, protein, serat, dan lemak baik. Buah ini juga mengandung vitamin B1, B2, C, kalsium, zat besi, dan mineral penting lainnya.

Yang tak kalah menarik, buah cempedak juga kaya beragam senyawa antioksidan penting, seperti karoten, flavonoid, dan xanthone. Bahkan ada jenis flavonoid yang khas dalam buah ini, yaitu artoindonesianin.

Mungkin Anda sudah tidak asing dengan aroma khas dari cempedak. Namun dari balik aroma tersebut, berikut ini berbagai manfaat buah cempedak untuk kesehatan tubuh yang sebaiknya Anda tahu.

Baca Juga: Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan, Waspada Efek Sampingnya

Menyehatkan Jantung

Antioksidan, vitamin C dan serat yang terkandung dalam buah cempedak mampu menjaga kesehatan jantung. Terdapat pula kandungan kalium yang tinggi dan berguna membantu dalam menurunkan tekanan darah.

Mengkonsumsi buah ini akan memberikan manfaat dalam mengontrol tekanan darah. Sehingga kadar kolesterol dalam darah pun akan ikut turun dan jantung menjadi lebih sehat.

Menyehatkan Mata

Bukan hanya wortel saja yang kaya dengan kandungan vitamin A, demikian juga dengan buah cempedak. Karena selain vitamin C, manfaat buah cempedak juga karena mempunyai kandungan vitamin A yang cukup tinggi.

Karena itu rajin mengkonsumsi cempedak akan berkontribusi untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin tersebut juga bekerja untuk menjaga sistem imun tubuh dan mencegah risiko penyakit kanker.

Menjaga Fungsi Pencernaan

Kandungan serat dan vitamin C pada buah cempedak juga berguna untuk mengatasi sembelit atau susah buang air besar. Dengan makan buah ini maka pencernaan pun akan menjadi lebih lancar dan sehat.

Menekan Risiko Stroke

Manfaat buah cempedak untuk kesehatan juga karena kaya akan antioksidan. Karena itu buah yang manis ini mampu mengurangi dan menekan risiko penyakit stroke. Antioksidan tersebut akan memerangi radikal bebas penyebab stres dan pemicu stroke.

Menurunkan Kolesterol Jahat

Kandungan vitamin C dalam buah cempedak sangat berguna untuk meningkatkan imunitas tubuh. Nutrisi ini juga ampuh untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh yang membuat sirkulasi darah berjalan dengan lebih lancar.

Baca Juga: Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan Tubuh, Otak dan Darah

Mencegah dan Mengobati Tumor

Tahukah Anda kalau buah cempedak juga banyak mengandung bioflavonoid? Kandungan ini selain bersifat anti kanker juga berguna untuk tubuh karena bisa mengurangi dan menekan perkembangan sel tumor dalam tubuh.

Mengobati Malaria

Manfaat buah cempedak yang tak kalah pentingnya adalah untuk mengobati dan meredakan penyakit malaria. Hal ini karena adanya beberapa senyawa penting dalam buah ini seperti heteriflavon c dan artoindonesianidin yang mampu mengatasi malaria.

Kedua senyawa tersebut, menurut sejumlah riset, dapat bekerja untuk menghilangkan parasit malaria hingga ke tingkat tertentu. Karena itu saat ada yang terkena malaria Anda bisa makan buah manis ini.

Cara Konsumsi Cempedak

Meski rasanya manis dan kaya manfaat, mengkonsumsi buah cempedak tidak boleh berlebihan. Hal ini karena dalam 100 gram cempedak mengandung 117 kalori. Banyak sekali, bukan?

Jika membeli buah cempedak dalam jumlah banyak, Anda bisa menyimpannya dalam kulkas. Ini agar konsumsi buah ini tidak sampai kebanyakan agar tidak berdampak buruk bagi kesehatan.

Mengonsumsi buah Cempedak dengan benar atau secukupnya saja tentu akan menghasilkan manfaat yang baik. Bukan tidak mungkin jika deretan khasiat cempedak tersebut bisa kita dapatkan dengan mudah. Jadi, konsumsilah secukupnya saja ya.

Itulah beberapa manfaat buah cempedak untuk kesehatan tubuh yang tidak kalah manis dari buahnya. Buah ini juga bisa sebagai pengganti tepung roti yang kaya nutrisi dan serat, serta indeks glikemiknya juga rendah. (R11/HR Online)

Editor: Jujang