Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan, Waspada Efek Sampingnya

manfaat buah nanas
Segudang manfaat buah nanas untuk kesehatan dan kecantikan. Foto: Ist/Net

Ada banyak manfaat buah nanas untuk kesehatan maupun kecantikan tubuh. Baik untuk menguatkan tulang hingga kecantikan kulit. Namun tingginya kandungan bromelain dalam buah nanas juga kurang baik untuk wanita.

Nanas (Ananas comosus (L.) Merr.), menurut Wikipedia, merupakan tanaman tropis yang masuk dalam keluarga Bromeliaceae. Hal ini karena kandungan senyawa bromelain yang sangat khas dan berguna untuk tubuh.

Tanaman yang berasal dari Brasil, Paraguay, dan Bolivia ini juga populer dengan sebutan nenas atau ananas. Bahasa asing menyebutnya sebagai pineapple. Tumbuhan yang memiliki daun yang tajam dan kulit buah agak tajam.

Kandungan dan Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan

Nanas termasuk jenis buah yang populer dan banyak orang yang menyukainya. Dengan rasanya yang asam manis buah ini juga banyak disajikan dalam bentuk segar maupun mengolahnya menjadi setup atau campuran es buah.

Selain rasanya yang enak, manfaat buah nanas juga karena kandungan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Nutrisi dalam buah ini antara lain kalori, protein, karbohidrat, gula, vitamin C, kalsium, sodium, dan kalium.

Buah nanas ini banyak mengandung asam folat, mangan, dan senyawa bromelain. Yang menarik, nanas tidak mengandung lemak maupun kolesterol sehingga sangat baik untuk Anda yang ingin menjalani diet menurunkan berat badan.

Nah, berikut ini berbagai khasiat buah nanas untuk kesehatan dan kecantikan tubuh yang sebaiknya Anda tahu.

Baca Juga: Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan Tubuh, Otak dan Darah

Melancarkan Pencernaan

Bromelain khas terdapat dalam buah ini. Senyawa ini memiliki banyak manfaat karena fungsinya dalam memecah protein dan melancarkan proses pencernaan. Buah ini juga kaya serat sehingga makan nanas baik untuk mengatasi diare atau sembelit.

Mengatasi Sakit Flu

Manfaat buah nanas juga karena bromelainnya yang berkhasiat menyembuhkan sakit flu. Penelitian University of Maryland Medical Center menemukan senyawa ini mampu menekan produksi lendir pada hidung dan tenggorokan saat flu.

Mengatasi Osteoartritis

Kandungan kalsium dalam buah nanas juga berguna untuk menguatkan tulang. Apalagi buah ini juga mengandung bromelain yang bermanfaat untuk mencegah maupun mengatasi osteoartritis dan nyeri sendi.

Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat buah nanas juga sangat baik untuk menguatkan jantung. Kandungan vitamin C dan mineralnya berkhasiat dalam mencegah penyakit jantung. Mengonsumsi buah ini juga efektif menangkal penyakit degenerasi makula pada orang lanjut usia.

Menangkal Kanker

Buah nanas banyak mengandung vitamin C yang penting untuk imunitas tubuh. Buah ini juga sumber antioksidan yang efektif untuk mencegah kerusakan sel yang menyebabkan kanker dan tumor.

Selain itu kandungan bromelain nanas juga bisa menjadi sumber proteolitik yang berkhasiat untuk mencegah kanker. Karena itu mengonsumsi buah nanas berguna dalam menangkal dan menyembuhkan kanker.

Baca Juga: Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan Prostat, Otot dan Vitalitas

Menguatkan Gigi

Selain menguatkan tulang, manfaat buah nanas juga baik untuk merawat gigi. Tak hanya menguatkannya namun juga bisa membersihkan plak gigi. Hal ini berguna untuk mencegah rusaknya gigi.

Manfaat Buah Nanas untuk Kecantikan

Selain berguna untuk kesehatan, buah nanas juga sangat baik untuk perawatan kecantikan tubuh. Kandungan bromelain dalam buah ini ternyata baik untuk mengatasi jerawat yang membandel.

Kandungan vitamin C dan antioksidannya juga baik untuk membuat kulit wajah senantiasa terlihat cerah sekaligus untuk melembabkannya. Buah ini juga berkhasiat untuk mencegah penuaan dini.

Untuk perawatan wajah Anda bisa membuat masker nanas. Lakukan perawatan rutin untuk menghilangkan jerawat, melembabkan wajah dan membuatnya selalu terlihat cerah dan cantik.

Efek Samping Buah Nanas

Selain berbagai manfaat buah nanas untuk kesehatan dan kecantikan, mengkonsumsi buah ini sebaiknya jangan berlebihan. Berikut ini beberapa efek samping buah nanas yang sebaiknya Anda tahu.

Mengonsumsi buah nanas segar ternyata tidak baik untuk tubuh. Begitu juga jika Anda minum jus buah ini. Hal ini karena bisa menyebabkan diare dan muntah akibat kandungan vitamin C tinggi dan sifat nanas yang tajam.

Untuk beberapa kasus kadang terjadi reaksi alergi setelah makan nanas. Seperti timbulnya ruam, rasa gatal, pusing, ataupun sulit bernafas. Karena coba sedikit untuk melihat reaksi sebelum makan lebih banyak.

Wanita yang sedang menstruasi sebaiknya haid sebaiknya tidak makan nanas berlebihan. Hal ini karena nanas mengandung

Kandungan bromelain dalam nanas ternyata tidak baik untuk wanita yang sedang menstruasi. Buah ini justru akan meningkatkan pendarahan haid dan menyebabkan anemia.

Itulah berbagai manfaat buah nanas untuk kesehatan dan kecantikan tubuh. Namun karena sifat buah ini yang cukup tajam, mengonsumsi berlebihan bisa memicu terjadinya efek samping yang berbahaya. (R11/HR Online)

Editor: Jujang