Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan Tubuh, Otak dan Darah

manfaat buah pisang
Segudang manfaat buah pisang untuk kesehatan. Foto: Ist/Net

Manfaat buah pisang tak hanya karena rasanya yang enak dan mengenyangkan. Buah pisang yang populer ini kaya nutrisi yang efektif untuk mengatasi anemia dan mencerdaskan otak. Buah ini juga baik untuk diet.

Jika Anda perhatikan, pisang termasuk jenis buah yang sering ada sebagai menu orang sakit maupun makanan untuk bayi dan lanjut usia. Pisang juga sering ada sebagai menu penutup makan.

Selain rasanya yang manis, pisang juga disukai karena teksturnya yang lembut. Karena itu buah ini cocok untuk bayi, orang lanjut usia, maupun orang yang sedang sakit. Apalagi kandungan nutrisinya baik sebagai sumber tenaga.

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Pisang

Manfaat buah pisang karena kandungan nutrisinya yang baik untuk tubuh. Menurut US Department of Agriculture (USDA) Amerika, dalam sebuah pisang ukuran sedang mengandung karbohidrat 27 gram, kalori (105 kal), dan protein (1,29 gram).

Kandungan lainnya gula total (14,4 gram), serat (3,07 gram), pati (6,35 gram), dan air (88,4 gram). Pisang juga mengandung kalsium (5,9 mg), kalium (422 mg), fosfor (26 mg), magnesium (31,9 mg), dan selenium (1,18 mcg).

Pisang juga mengandung beberapa vitamin, seperti vitamin C (10,3 mg), asam folat atau vitamin B9 (23,6 mcg), dan beta karoten (30,7 mcg). Buah ini juga mempunyai indeks glikemik rendah dan rendah lemak (0,389 gram).

Selain makro nutrien, pisang juga banyak mengandung berbagai mikro nutrien. Seperti omega 3 dan 6, kolin, dopamin, dan catechin. Dua senyawa terakhir merupakan antioksidan yang penting. Berikut ini berbagai manfaat buah pisang untuk kesehatan.

Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

Pisang kaya dengan kandungan vitamin A, C, dan B6 yang penting dalam menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh. Bahkan kandungan antioksidannya sangat berguna dalam menangkal radikal bebas.

Mengonsumsi pisang secara rutin juga baik untuk menjaga kekebalan tubuh. Terlebih untuk orang yang baru sembuh dari sakit, buah ini berguna untuk mengembalikan tenaga dan imunitas tubuhnya

Sumber Energi Tubuh

Anda yang sering merasa lemah atau lesu, makan pisang bisa menjadi solusi yang efektif. Manfaat buah pisang karena mengandung banyak glukosa alami yang ampuh mengatasi lesu. Karena itu buah ini baik untuk berbuka puasa.

Kandungan karbohidrat pisang juga tinggi sebagai sumber energi penting untuk tubuh. Begitu juga kandungan magnesium dan kaliumnya yang berguna bagi para atlet untuk mengembalikan tenaga dan membentuk otot.

Melancarkan BAB dan Metabolisme

Saat Anda mengalami gangguan saat buang air besar (BAB) cobalah untuk makan buah pisang. Kandungan serat buah ini mampu membersihkan saluran pencernaan. Buah ini juga efektif mengatasi sembelit dan gangguan perut lainnya.

Mengonsumsi pisang secara rutin juga berguna untuk menjaga dan melancarkan metabolisme tubuh. Teksturnya yang lembut akan meringankan kerja ginjal. Nutrisinya juga akan lebih mudah terserap oleh tubuh.

Mengendalikan Tekanan Darah

Manfaat buah pisang juga berkhasiat karena kandungan kaliumnya. Mineral ini berguna dalam menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh. Hal ini penting dalam mengontrol tekanan darah agar stabil.

Begitu juga kandungan serat pisang juga berguna untuk mengikat lemak sehingga berguna dalam mencegah terjadinya plak dalam pembuluh darah. Darah pun bisa mengalir dengan lancar.

Menjaga Kesehatan Kulit

Pisang yang kaya dengan kandungan nutrisi juga sangat baik dalam menjaga kesehatan kulit. Karena itulah banyak wanita yang memanfaatkan buah ini dan herbal lainnya untuk menjadi masker untuk perawatan kulit wajah.

Namun untuk menjaga elastisitas dan kesehatan kulit sebaiknya perawatan Anda lakukan dari dalam dan luar. Selain membuatnya menjadi masker wajah Anda juga perlu rajin mengonsumsinya secara rutin.

Mengatasi Anemia

Buah pisang sangat kaya dengan kandungan mineralnya. Bahkan pisang merupakan sumber zat besi yang sangat penting untuk orang yang menderita kekurangan darah. Zat besi berguna untuk meningkatkan produksi sel darah merah.

Dengan keistimewaan manfaat buah pisang ini mengonsumsinya sangat penting untuk berbagai kalangan. Baik ibu hamil, ibu yang baru melahirkan, anak-anak yang dalam masa pertumbuhan, maupun orang yang sedang sakit.

Menjaga Kesehatan Syaraf Otak

Kandungan mineral buah pisang juga penting dalam menjaga fungsi jantung dan melancarkan sirkulasi darah. Termasuk aliran darah yang menuju ke otak. Hal ini sangat berguna dalam menjaga fungsi syaraf otak.

Mengonsumsi secara rutin buah pisang juga berguna untuk mencegah stroke. Kandungan kalium dan mineralnya juga berguna untuk meningkatkan fungsi kognitif dan kecerdasan otak.

Itulah berbagai manfaat buah pisang untuk kesehatan tubuh. Kandungan nutrisinya yang terbilang lengkap sangat berguna untuk semua usia. Apalagi tekstur pisang yang lembut sehingga mudah dicerna tubuh.