Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan Prostat, Otot dan Vitalitas

manfaat buah semangka
Segudang manfaat buah semangka untuk kesehatan. Foto: Ist/Net

Manfaat buah semangka untuk kesehatan tak sekedar kadar airnya yang tinggi. Buah yang populer dengan rasanya yang manis ini juga banyak khasiatnya. Baik untuk menangkal prostat, menguatkan otot dan tulang, hingga meningkatkan vitalitas pria.

Semangka termasuk salah satu jenis buah-buahan yang sangat terkenal dan mudah kita dapatkan. Buah yang masuk dalam suku ketimun atau Cucurbitaceae ini berkerabat dekat dengan buah labu-labuan.

Buah yang mirip dengan melon ini berbentuk bulat besar dengan kulit buah yang tebal dan halus. Mengonsumsi semangka sangat menyegarkan karena rasanya yang manis dan kandungan airnya yang tinggi.

Kandungan dan Manfaat Buah Semangka

Manfaat buah semangka (Citrullus lanatus) karena kandungan nutrisinya yang sangat baik untuk tubuh. Mengutip Wikipedia (USDA), nilai nutrisi buah semangka dalam 100 gram meliputi energi (30 kkal), karbohidrat (7,55 gram), dan lemak 0,15 gram).

Semangka juga mengandung vitamin B (tiamin) (0,033 mg), vitamin B2 (riboflavin) 0,021 mg, vitamin B3 (niasin) 0,178 mg, vitamin B5 (asam pantotenat) 0,221 mg, vitamin B6 0,045 mg, dan vitamin B9 (folat) 3 μg.

Buah ini juga kaya protein (0,61 gram), air (91,45 gram), vitamin A (28 μg), vitamin C (8,1 mg), dan mineral lainnya.

Jenis mineralnya antara lain kalium (112 mg), fosfor (11 mg), magnesium (10 mg), kalsium (7 mg), zat besi (0,24 mg), dan zink (0,10 mg).

Makan buah semangka akan memberikan kesegaran tubuh. Apalagi saat cuaca panas dan terik, sehingga tak sedikit pedagang buah keliling yang laris dengan dagangannya. Berikut ini manfaat buah semangka untuk kesehatan tubuh lainnya.

Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

Kandungan vitamin C dan mineral buah semangka sangat baik untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh. Apalagi semangka juga kaya dengan kandungan air yang penting untuk menjaga kekebalan tubuh.

Semangka juga mengandung sitrulin, zat yang penting dalam menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh. Karena itu sangat baik jika kita makan semangka secara rutin, khususnya dalam bentuk segar.

Baik untuk Detoksifikasi

Manfaat buah semangka yang juga tak kalah menariknya adalah kemampuannya dalam menangkal sekaligus membersihkan tubuh dari racun. Hal ini karena kandungan sitrulin dalam semangka yang mampu melenyapkan dan membuang senyawa racun dalam tubuh.

Yang menarik, buah ini juga rendah lemak. Zat likopen dalam buah ini juga bersifat antioksidan yang sangat efektif untuk menangkal radikal bebas. Kandungan ini juga mudah terserap tubuh yang efektif untuk menangkal penyakit.

Menjaga Sistem Kardiovaskular

Manfaat buah semangka untuk kesehatan tubuh lainnya berkaitan dengan kesehatan jantung. Kandungan vitamin dan mineralnya sangat penting untuk menguatkan jantung dan menjaga sistem kardiovaskular tubuh.

Meningkatkan Kesehatan Prostat

Dalam buah semangka juga terkandung lycopene atau likopen. Zat yang memberikan warna merah pada daging buah ini ternyata sangat ampuh dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan prostat.

Likopen yang terdapat pada semangka merupakan yang tertinggi ketimbang buah yang berwarna merah lainnya, seperti tomat. Mengonsumsi semangka secara rutin juga mampu mencegah maupun mengatasi kanker prostat maupun kanker lainnya.

Membentuk Otot Olahragawan

Untuk Anda yang senang berolahraga, para atlet, ataupun yang ingin membentuk otot sangat penting mengonsumsi buah semangka. Hal ini karena manfaat buah semangka yang berguna untuk membentuk otot.

Kandungan asam amino dan vitamin C yang tinggi, namun rendah kalori dalam semangka penting untuk para olahragawan. Apalagi kandungan air buah ini yang tinggi akan mampu mencegah tubuh dari dehidrasi selama latihan.

Cepat Menyegarkan Tubuh

Selain sangat baik untuk para olahragawan, buah semangka juga sangat baik sebagai menu buka puasa. Kandungan vitamin C dan airnya yang tinggi berguna untuk mengembalikan kesegaran dan kebugaran tubuh.

Rasanya yang manis dalam buah ini juga baik untuk menambah tenaga. Bahkan magnesium, kalsium, dan kaliumnya juga mampu menjaga keseimbangan elektrolit tubuh. Karena itu Anda bisa menyajikan buah ini untuk berbuka.

Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat buah semangka juga sangat baik untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan tulang. Kandungan kalsium, zat besi, dan magnesium dalam buah ini berguna untuk mencegah pengeroposan tulang.

Kandungan mineral dalam buah ini juga lengkap dan banyak yang sangat berguna untuk menguatkan tulang. Bukan hanya para atlet saja yang penting makan buah ini, para orang lanjut usia juga perlu mengonsumsinya secara rutin.

Meningkatkan Vitalitas Pria

Siapa yang menyangka jika mengonsumsi buah semangka juga sangat baik untuk kaum adam. Sejumlah penelitian menemukan bahwa pria yang mengonsumsi semangka secara rutin bisa meningkatkan vitalitasnya.

Ini karena semangka mengandung likopen, citrulline, dan arginin yang cukup tinggi. Bahkan senyawa L-citrulline, menurut riset, ikut meningkatkan kesehatan seksual kaum pria maupun mencegah impotensi. Karena itu para lelaki sangat baik sering makan semangka.

Itulah berbagai manfaat buah semangka untuk kesehatan tubuh. Mengonsumsi buah ini dalam bentuk segar akan memberikan manfaat optimal. Khususnya untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit. (R11/HR-Online)

Editor: Subagja Hamara