Manfaat Daun Kecombrang untuk Kesehatan Tubuh

manfaat daun kecombrang
Sejuta manfaat daun kecombrang untuk kesehatan. Fot: Ist/Net

Manfaat daun kecombrang tak hanya untuk menyedapkan masakan atau sambal namun juga ampuh mengatasi penyakit. Kandungan daun kecombrang bersifat antibakteri dan antioksidan yang juga baik untuk ibu hamil.

Kecombrang (Etlingera elatior), menurut Wikipedia, termasuk tanaman rempah yang cukup populer bagi masyarakat kita. Tanaman ini biasanya untuk berbagai macam olahan seperti urap, tumisan, sambal, bumbu ayam goreng, dan masih banyak lagi.

Tanaman ini juga populer dengan nama kantan atau honje. Beberapa daerah menyebutnya dengan nama bungong kala (Aceh), bunga rias (Tapanuli), asam cekala (Karo), atau kecicang (Bali).

Segudang Manfaat Daun Kecombrang untuk Kesehatan

Kecombrang termasuk tanaman yang bisa dengan mudah kita temukan. Selain dapat kita olah menjadi makanan yang lezat, kecombrang juga mempunyai banyak sekali manfaat terutama untuk tubuh.

Dalam tanaman rempah ini terkandung banyak nutrisi dab zat gizi yang berguna untuk tubuh. Seperti karbohidrat, serat, fosfor, kalsium, zat besi, natrium, dan kalium.

Mengonsumsi masakan kecombrang secara berkala akan memberikan manfaat yang penting untuk tubuh. Nah, berikut ini segudang manfaat daun kecombrang untuk kesehatan.

Baca Juga: Manfaat Daun Pecah Beling Untuk Kesehatan Tubuh

Bersifat Antibakteri dan Antioksidan

Sebuah studi mengatakan bahwa kecombrang mempunyai kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Tidak hanya pada bunganya tetapi juga rimpang, batang, dan daunnya.

Hal ini karena kecombrang mempunyai kandungan senyawa flavonoid.  Ini merupakan salah satu senyawa yang penting untuk membantu mengatasi kerusakan sel dalam tubuh.

Kecombrang juga memiliki kandungan antibakteri yang cukup tinggi. Zat ini bisa menangkal tumbuhnya bermacam bakteri seperti Euscheria coli, Bacillus cereus, Listeria monocytogenes, dan sebagainya. Antibakterinya ini menjadikan kecombrang bisa berguna sebagai pengawet.

Rendah Lemak

Manfaat daun kecombrang juga karena termasuk tanaman yang rendah lemak. Sehingga herbal ini sangat cocok untuk masuk dalam menu diet untuk menurunkan berat badan. Dalam 1 ons kecombrang hanya terdapat 1 mg lemak.

Penetral Asam

Tanaman kecombrang juga berguna sebagai penetralisir kadar asam dalam tubuh. Ini sangat baik bagi Anda yang mempunyai gangguan lambung. Keseimbangan pH tubuh juga penting untuk mencegah penyakit.

Anda bisa mengatasi gangguan tersebut dengan mengonsumsi kecombrang yang Anda masukkan dalam masakan. Selain bisa sebagai obat, kecombrang juga akan membuat masakan lebih wangi.

Meningkatkan Nafsu Makan

Terdapat beberapa gangguan kesehatan yang bisa membuat seseorang kehilanganĀ  nafsuĀ  makan. Hal tersebut tentunya tidak baik untuk kesehatan. Untuk mengatasinya Anda bisa mengonsumsi beberapa olahan dari tanaman herbal seperti kecombrang.

Baca Juga: Manfaat Daun Ungu untuk Kesehatan Ginjal, Wasir hingga Rematik

Mengurangi Mual dan Memperlancar ASI

Manfaat daun kecombrang juga efektif untuk mengatasi rasa mual yang sering terjadi pada ibu hamil. Gangguan ini bisa menyebabkan asupan nutrisi pada ibu hamil kurang tercukupi. Mengonsumsi olahan kecombrang bisa menjadi jalan keluarnya.

Tidak hanya mampu mengurangi rasa mual, mengonsumsi olahan kecombrang ternyata juga bisa melancarkan ASI setelah proses melahirkan. ASI merupakan asupan atau kebutuhan utama bagi bayi. Jika ASI tidak lancar tentunya kesehatan bayi akan terpengaruh.

Menguatkan Tulang dan Gigi

Mengonsumsi kecombrang juga berguna untuk menguatkan tulang dan gigi. Hal ini karena tanaman herbal ini mengandung beberapa unsur penting bagi tubuh seperti protein, kalsium, dan zat besi.

Oleh karena itu manfaat daun kecombrang juga sangat cocok sebagai menu tambahan khususnya bagi anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Dengan mengonsumsi olahan kecombrang, maka pertumbuhan fisik anak akan berkembang lebih optimal.

Orang dewasa tentunya juga membutuhkan kandungan penting dalam herbal tersebut. Mengonsumsi kecombrang juga baik untuk menjaga kekuatan tulang atau gigi agar tidak keropos. Herbal ini berguna mencegah penyakit seperti osteoporosis dan sebagainya.

Menghilangkan Bau Amis

Sebagian besar orang tidak suka dengan aroma amis pada daging atau ikan karena bisa mengakibatkan mual. Salah satu kegunaan kecombrang adalah bisa menghilangkan aroma amis tersebut.

Untuk menggunakannya Anda tinggal merebus ikan atau daging bersama kecombrang. Hasilnya, aroma amis tersebut akan berkurang atau bahkan hilang saat selesai kita rebus. Makanan juga menjadi lebih higienis.

Demikianlah beberapa manfaat daun kecombrang untuk kesehatan tubuh. Memasukkan daun herbal ini dalam masakan tentunya akan menambah selera makan. Apalagi kandungan nutrisinya juga sangat baik untuk menangkal berbagai penyakit. (R11/HR Online)

Editor: Jujang