Manfaat Daun Mimba untuk Kesehatan Kulit, Anti Virus dan Pencernaan

manfaat daun mimba
Manfaat daun mimba untuk kesehatan kulit. Foto: Ist/Net

Manfaat daun mimba untuk kulit ternyata sangat berguna agar wajah terlihat cantik. Kandungan dalam herbal ini juga berkhasiat untuk kesehatan pencernaan. Daun mimba ternyata menjadi obat tradisional untuk mengatasi kelainan mata, sakit perut, jantung, dan hati.

Mimba (Azadirachta indica A. Juss), mengutip dari Wikipedia, merupakan jenis tanaman perdu yang banyak terdapat di kawasan Hindustan, India, hingga Indonesia. Tumbuhan tropis ini ternyata sudah lama menjadi bahan pengobatan tradisional.

Kandungan dan Manfaat Daun Mimba untuk Kesehatan

Bagi masyarakat India, tumbuhan mimba populer dengan sebutan ‘the village pharmacy’. Manfaat daun mimba karena kandungannya yang kaya dengan fitokimia yang sangat penting untuk mengatasi berbagai jenis penyakit.

Kandungan dalam daun mimba antara lain nimbine, nimbolide, nimbin, quercetin, 6-desacetyl bimbine, azadirachtin, dan lainnya. Kandungan ini juga bersifat anti bakteri, anti virus, anti inflamasi, dan anti diabetes.

Sifat anti virusnya mendorong sejumlah kalangan meneliti khasiatnya dalam menangkal virus SARS-Cov2 yang menyebabkan Covid-19. Namun belum ada laporan tentang riset itu. Nah, berikut ini berbagai manfaat daun mimba untuk kesehatan tubuh.

Mengatasi Penyakit dan Perawatan Kulit

Minyak hasil olahan daun mimba memiliki kandungan yang berkhasiat bagi kulit. Kandungan tersebut terdiri dari beberapa senyawa, antioksidan, serta asam lemak yang membantu kulit menjadi lebih terawat dan sehat.

Dengan khasiat yang demikian membuat minyak mimba menjadi bahan yang populer dalam pembuatan produk perawatan kulit. Namun sejumlah penelitian terhadap khasiat herbal ini dalam mengatasi penyakit kulit masih membutuhkan riset lanjutan.

Sebuah studi tahun 2017 mengenai efek anti penuaan dari ekstrak daun mimba tropikal pada tikus tidak berbulu. Hasil penelitian tersebut menemukan bahwa minyak ekstrak daun mimba terbukti efektif dalam mencegah tanda penuaan kulit.

Yang menarik dari manfaat daun mimba untuk kulit adalah kemampuannya meningkatkan kadar enzim procollagen dan protein elastin. Kedua senyawa ini sangat penting dalam proses produksi kolagen, zat yang penting untuk kulit.

Gejala-gejala penuaan kulit itu berupa penebalan kulit, kemerahan kulit, kekurangan cairan, dan yang paling banyak wanita takuti yaitu keriput. Kolagen mampu membuat struktur kulit yang lebih baik, sedangkan elastin dapat mempertahankan bentuk kulit.

Selain itu, minyak daun mimba juga banyak digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit kulit. Seperti untuk mempercepat penyembuhan luka, mengatasi jerawat, infeksi jamur, maupun gangguan kulit lainnya.

Mengatasi Masalah Pencernaan

Manfaat daun mimba juga baik untuk meningkatkan kesehatan pencernaan.  Hal tersebut karena kandungannya yang bersifat anti bakteri dan anti inflamasi. Mengonsumsi ekstrak daun mimba bisa menghancurkan bakteri jahat yang menyerang usus.

Herbal ini mampu membersihkan bakteri dalam usus sehingga membuat usus menjadi lebih bersih. Sehingga proses pencernaan juga menjadi lebih lancar. Dalam rangkaian ini daun mimba juga berkhasiat menjaga kesehatan hati.

Pengolahan terhadap daun mimba umumnya menjadi ekstrak atau minyak mimba. Kita pun bisa mengolahnya dengan cara merebus untuk kita minum air hasil rebusannya. Ini akan membantu tubuh mencegah dan mengatasi penyakit yang menyerang pencernaan.

Meredakan Penyakit Maag

Manfaat daun mimba juga banyak yang mengolahnya menjadi minyak mimba. Selain baik untuk kulit, penelitian juga menemukan manfaat lain dari ekstrak tersebut. Utamanya dalam meredakan berbagai penyakit.

Herbal ini juga cukup populer dalam pengobatan tradisional China yang biasanya untuk mengobati berbagai penyakit, khususnya gangguan maag. Hal ini karena kandungannya yang bersifat anti inflamasi.

Khasiat Daun Mimba Lainnya

Bukan hanya untuk kesehatan kulit, manfaat daun mimba kabarnya juga berkhasiat untuk berbagai jenis penyakit lainnya. Seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh, kesehatan mata, menutrisi rambut, mengatasi penyakit gusi, dan mimisan.

Mengonsumsi ekstrak daun herbal ini juga berkhasiat untuk mengatasi berbagai jenis penyakit berbahaya. Seperti penyakit kardiovaskular, diabetes, kanker, hipertensi, meredakan disentri, malaria, anthelmintika, ulkus peptik, dan mengatasi eksim.

Mengonsumsi air rebusan atau ekstrak daun mimba sangat berguna karena dapat membantu kita menjaga kesehatan. Namun karena belum adanya penelitian yang secara mendalam membuktikannya sebaiknya batasi jumlah konsumsinya.

Demikianlah berbagai manfaat daun mimba untuk kesehatan kulit dan mengatasi berbagai jenis penyakit. Kandungan fitokimianya yang terbilang lengkap membutuhkan riset lebih mendalam tentang khasiatnya. (R11/HR-Online)

Editor: Subagja Hamara