Manfaat Daun Pecah Beling Untuk Kesehatan Tubuh

manfaat daun pecah beling
Sejuta manfaat daun pecah beling untuk kesehatan. Foto: Ist/Net

Ada segudang manfaat daun pecah beling untuk kesehatan tubuh. Obat alami ini antara lain efektif untuk mengatasi batu ginjal, menangkal tumor, hingga mengontrol gula darah. Herbal ini juga baik untuk meredakan depresi.

Tanaman pecah beling (Strobilanthes Crispa) relatif dapat kita temukan dengan mudah di sekitar rumah. Pada umumnya tanaman ini tumbuh pada pagar atau pembatas kebun hingga sekitar pemukiman yang kurang terawat.

Herbal ini juga populer dengan sebutan keji beling. Pada beberapa daerah mungkin namanya bisa berbeda lagi. Daun ini tumbuh berumpun pada ranting yang bercabang dengan daun yang rimbun.

Anda bisa mengenali daun keji beling secara mudah karena teksturnya yang khas. Pada bagian permukaan daun tanaman ini sangat halus dan sedikit berbulu.

Hingga saat ini telah banyak perusahaan pembuat obat yang menggunakan daun herbal ini untuk bahan utamanya. Baik untuk pembuatan obat-obatan herbal atau produk farmasi lainnya.

Baca Juga: Manfaat Daun Ungu untuk Kesehatan Ginjal, Wasir hingga Rematik

6 Manfaat Daun Pecah Beling Mengatasi Berbagai Penyakit

Manfaat daun pecah beling sebenarnya telah lama diketahui sebagai obat alami yang berguna untuk kesehatan tubuh. Masyarakat kita bahkan telah menggunakan herbal ini dalam praktik pengobatan tradisional.

Keutamaan herbal ini karena memiliki berbagai kandungan senyawa kimia aktif. Beberapa senyawa yang penting dalam daun keji beling antara lain antioksidan alami dengan kadar cukup tinggi.

Selain itu juga terdapat vitamin C, B1, B2, dan berbagai zat gizi lainnya. Tanaman ini juga mengandung zat kafein. Berikut beberapa khasiat dari daun keji beling untuk kesehatan tubuh dan mengatasi berbagai penyakit.

Meringankan Depresi

Manfaat daun pecah beling yang pertama adalah kandungan herbal ini yang dapat memberikan efek nyaman dan menenangkan. Karena itu herbal ini efektif untuk mengatasi tekanan stres dan depresi.

Depresi dapat menjadi kronis apabila tanpa penanganan yang tepat. Untuk menggunakan herbal ini Anda bisa merebusnya layaknya membuat minuman teh. Minum herbal ini secara berkala berguna untuk meringankan depresi.

Mengatasi Radikal Bebas

Penelitian di Malaysia menemukan bahwa daun keji beling memiliki kadar antioksidan penting. Seperti polifenol, flavonoid, alkaloid, tanin, dan lain-lain. Karenanya daun ini memiliki manfaat untuk mengatasi efek radikal bebas yang terdapat dalam tubuh.

Radikal bebas ialah zat berbahaya yang dapat menyebabkan banyak penyakit kronis. Seperti kanker, penyakit jantung, Alzheimer, hingga penurunan penglihatan. Mengonsumsinya secara rutin berguna untuk mencegah berbagai penyakit tersebut.

Penyakit Batu Ginjal

Manfaat daun pecah beling selanjutnya yaitu dapat mengobati penyakit batu ginjal. Daun herbal ini memiliki kandungan bahan aktif yang berguna untuk membantu meluruhkan kristal pada ginjal.

Selain itu, mengonsumsi ramuan daun ini juga dapat meningkatkan kesehatan pada area kandung kemih. Termasuk melancarkan proses sekresi air kencing.

Menangkal Kanker dan Tumor

Selain berkhasiat dalam memangkal radikal bebas, daun herbal ini juga memiliki kandungan yang mampu menghambat pertumbuhan sel-sel kanker yang berbahaya.

Dengan minum ramuan daun keji beling bukan saja akan dapat meningkatkan kesehatan tubuh. Yang tak kalah penting, herbal ini juga berguna mengatasi berbagai penyebab penyakit kanker hingga tumor.

Baca Juga: Manfaat Daun Pegagan Bagi Kesehatan dan Kecantikan Wajah

Mengatasi Penyakit Diabetes

Masyarakat kita juga telah lama mengambil manfaat daun pecah beling untuk membantu proses penyembuhan penyakit kencing manis. Karena kandungan senyawa yang terdapat dalam daun keji beling dapat mengontrol sistem produksi insulin.

Dengan mengonsumsi herbal ini akan dapat melindungi tubuh dari bahaya kerusakan sistem kontrol pada kadar gula darah. Namun agar sejalan dengan pengobatan medis sebaiknya konsultasikan dengan dokter.

Mengatasi Wasir dan Ambeien

Daun keji beling juga memiliki manfaat untuk pengobatan penyakit wasir atau ambeien. Anda bisa merebus delapan lembar daun keji beling sampai mendidih hingga tersisa satu gelas air.

Agar lebih enak Anda dapat mencampurnya dengan madu. Minum air ramuan ini setelah dingin sebanyak dua kali dalam sehari. Lakukan secara berkala agar hasilnya lebih optimal.

Itulah beberapa manfaat daun pecah beling untuk kesehatan tubuh. Kandungan kimiawi yang terdapat dalam daun herbal ini juga berkhasiat mengatasi berbagai penyakit kronis. Obat alami in bisa menjadi alternatif yang bisa Anda coba. (R11/HR Online)

Editor: Jujang