Kamis, Desember 9, 2021
BerandaBerita TerbaruManfaat Daun Pegagan Bagi Kesehatan dan Kecantikan Wajah

Manfaat Daun Pegagan Bagi Kesehatan dan Kecantikan Wajah

Manfaat daun pegagan yang begitu ajaib sudah terkenal sejak dulu. Selain berkhasiat mengatasi gangguan persendian dan pencernaan, daun pegagan juga baik untuk perawatan kecantikan. Herbal ini juga bisa memperbaiki suasana hati loh.

Daun pegagan (Centella asiatica ) populer pula dengan sebutan antanan atau daun kaki kuda. Sudah sejak lama, tanaman herbal ini dimanfaatkan dalam pengobatan tradisional Cina maupun Ayurveda.

Meski termasuk jenis tanaman liar, daun pegagan menyimpan kandungan yang berkhasiat. Kandungan ini bersifat anti inflamasi, anti mikroba, antidiabetes dan anti depresan. Luar biasa sekali bukan?

Manfaat daun pegagan juga telah mendapat kajian secara ilmiah. Sejumlah penelitian, mengutip dari Wikipedia, menemukan kandungan dalam daun pegagan. Seperti mineral magnesium, kalsium, natrium, kalium, dan zat besi.

Juga terkandung berbagai unsur kimiawi seperti thankuniside, asiaticoside, isothankuniside, brahmoside, madecassoside, madasiatic acid, vellarine, hydrocotylin, dan tanin.

Yang menarik, herbal ini juga mengandung glikosida triterpenoida, senyawa  anti lepra dan sangat ampuh untuk menyembuhkan luka. Sedangkan rasa pahit herbal ini berasal dari zat vellarine.

Baca Juga: Manfaat Daun Mimba untuk Kesehatan Kulit, Anti Virus dan Pencernaan

Beragam Manfaat Daun Pegagan untuk Kesehatan

Selama ini masyarakat umumnya menggunakan daun pegagan sebagai lalapan teman makan. Selain itu ada juga yang memanfaatkannya sebagai minuman teh atau mengolahnya menjadi ekstrak herbal maupun sebagai bahan salep atau obat jerawat.

Berikut ini beragam manfaat daun pegagan bagi kesehatan tubuh yang sebaiknya Anda tahu.

Memperbaiki Suasana Hati

Tahukah Anda kalau tanaman pegagan dapat mengurangi gangguan kecemasan. Caranya dengan mengontrol aktivitas neurotransmiter atau populer dengan sebutan gamma-aminobutyric acid atau gaba.

Kandungan asam asetat dalam herbal ini mampu memicu efek gaba tersebut. Sehingga dengan mengkonsumsi daun pegagan berguna dalam mengurangi dan menekan gangguan kecemasan dan depresi.

Mengobati Penyakit Alzheimer

Berdasarkan penelitian, ekstrak dari Centella Asiatica mempunyai efek untuk melindungi sel-sel otak dari toksisitas. Bisa juga untuk melindungi sel-sel dari pembentukan plak karena penyakit alzheimer.

Meringankan Insomnia

Manfaat daun pegagan juga dapat mengatasi rasa cemas dan kekhawatiran. Hal ini yang membuat banyak orang menganggap bahwa tanaman ini sebagai pengobatan alternatif untuk mengatasi gangguan insomnia.

Baca Juga: Manfaat Daun Pepaya Jepang untuk Kesehatan, Bisa Atasi Diabetes

Menyembuhkan Luka dan Stretch Mark

Terdapat kandungan terpenoid dalam Cantella Asiatica yang dapat meningkatkan produksi kolagen. Ini penting karena kolagen mampu menyamarkan stretchmark pada kulit sekaligus mencegah adanya stretchmark baru.

Riset lain juga membuktikan bahwa kandungan tersebut mampu mempercepat proses penyembuhan luka. Contohnya seperti luka benturan, luka karena benda tajam maupun luka karena infeksi.

Meningkatkan Daya Ingat

Manfaat daun pegagan juga berkhasiat dalam membantu meningkatkan daya ingat. Tanaman ajaib ini berguna dalam mempengaruhi kemampuan kognitif terhadap memori secara tidak langsung.

Mengkonsumsi herbal ini berguna untuk meningkatkan kemampuan memori otak. Selain itu herbal ini juga bisa mempengaruhi efek dalam meningkatkan kewaspadaan.

Meredakan Sakit Persendian

Kandungan anti radang pada tanaman Cantella Asiatica juga berguna dan dapat bekerja untuk mengatasi gangguan arthritis. Terlebih untuk Anda yang sering bekerja keras tahu olahragawan.

Begitu juga dengan kandungan antioksidan yang bekerja sebagai imunitas tubuh. Sehingga mampu mengurangi inflamasi. Dengan sifat anti inflamasi itu tentunya berguna untuk mengatasi dan meredakan radang sendi.

Mengatasi Gangguan Pencernaan

Manfaat daun pegagan lainnya adalah untuk mengatasi gangguan pencernaan. Seperti diare, perut kembung sampai asam lambung. Mengonsumsi tanaman liar ini berkhasiat karena kandungan antibakteri yang sangat efektif untuk mengatasi masalah pada pencernaan.

Manfaat untuk Kecantikan Wajah

Selain khasiatnya untuk kesehatan, daun Cantella Asiatica juga menyimpan manfaat untuk perawatan kecantikan. Tak sedikit produk kosmetik yang menggunakan daun pegagan sebagai bahan bakunya. Berikut khasiat tanaman pegagan bagi kecantikan.

Mencegah Penuaan Dini

Kandungan kimiawi dalam daun pegagan mampu merangsang peningkatan produksi kolagen alami dalam tubuh. Kolagen sangat penting karena mampu menghambat dan mencegah penuaan dini.

Menyembuhkan Jerawat

Khasiat daun Cantella Asiatica juga efektif untuk mengatasi kulit berjerawat. Herbal ini juga ampuh menghilangkan bekas luka akibat jerawat. Anda bisa menumbuk dan menggunakan masker daun pegagan untuk perawatan wajah.

Itulah deretan manfaat daun pegagan bagi kesehatan dan kecantikan tubuh. Khasiat tak terduga dari tanaman liar ini memang mengagumkan ya. Tak heran jika keberadaannya banyak disukai dan dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. (R11/HR Online)

Editor: Jujang

- Advertisment -