Senin, Oktober 25, 2021
BerandaBerita TerbaruManfaat Daun Pepaya Jepang untuk Kesehatan, Bisa Atasi Diabetes

Manfaat Daun Pepaya Jepang untuk Kesehatan, Bisa Atasi Diabetes

Manfaat daun pepaya Jepang yang bisa Anda dapatkan untuk kesehatan tubuh sangat beragam. Tidak seperti daun pepaya yang biasa kita konsumsi. Pepaya Jepang memiliki daun yang bisa mencegah kanker.

Tak hanya itu, daun pepaya yang satu ini juga dapat membantu menurunkan penyakit diabetes, hingga menjaga jantung agar tetap sehat. Namun sayangnya masyarakat Indonesia belum banyak yang tahu beragam manfaat tersebut.

Nama ilmiah daun pepaya Jepang ini adalah Cnidoscolus aconitifolius. Asal tanaman ini dari Amerika Tengah, tepatnya di Semenanjung Yukatan, Meksiko. Mendapat sebutan pepaya lantaran daunnya memiliki tekstur serta bentuk yang mirip daun pepaya.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini beragam manfaat dari daun pepaya Jepang yang bisa Anda dapatkan untuk kesehatan.

Manfaat Daun Pepaya Jepang

Mencegah Kanker

Diketahui daun pepaya Jepang ini memiliki kandungan senyawa aktif yang sifatnya antioksidan, seperti mineral selenium, vitamin A, C, dan vitamin E yang semuanya bersifat antioksidan. Serta memiliki sifat anti kanker, yaitu mencegah tumbuhnya sel kanker.

Baca Juga : Manfaat Daun Pepaya untuk Lawan Kanker

Mencegah Hipertensi

Manfaat daun pepaya Jepang yang berikutnya yaitu mampu mencegah hipertensi berkat kandungan senyawa yang bersifat diuretik. Sebuah penelitian senyawa yang terdapat dalam daun bisa menghambat enzim ace, serta bersifat memberikan perlindungan pada organ jantung.

Turunkan Diabetes

Selain mencegah kanker dan hipertensi, cnidoscolus aconitifolius juga ampuh menurunkan diabetes. Sejak dulu daun pepaya Jepang ini sudah banyak dikonsumsi di sejumlah negara.

Mereka memanfaatkannya untuk turunkan kadar gula dalam darah. Senyawa aktif yang terkandung dalam daun pepaya Jepang ini bersifat menghambat proses penyerapan glukosa dalam darah.

Menguatkan Tulang dan Otot

Selain itu, manfaat daun pepaya Jepang juga bisa untuk menguatkan tulang dan otot. Mineral penting bagi kesehatan saraf tulang otot karena mengandung fosfor, kalsium, kalium, dan magnesium.

Mengatasi Jerawat

Daun pepaya Jepang bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi jerawat karena mengandung vitamin A dan vitamin C. Yang mana kedua vitamin tersebut berpotensi membuat kulit wajah terhindar dari masalah jerawat. Juga baik bagi kesehatan kulit.

Baca Juga : Manfaat Getah Pepaya Mentah untuk Kesehatan dan Kecantikan

Menyehatkan Kulit dan Kuku

Manfaat daun pepaya Jepang yang selanjutnya yaitu untuk menyehatkan kulit dan kuku. Kandungan mineral, vitamin A, C, vitamin E, dan senyawa yang bersifat antioksidan mampu menangkal radikal bebas. Serta menjaga kesehatan kuku dan kulit.

Jika diolah, daun pepaya ini bermanfaat untuk menstabilkan kadar gula dalam darah. Caranya, tuangkan 4 cangkir air, lalu rebus dalam wadah panci.

Kemudian, ambil dua lembar daun pepaya berukuran besar. Selanjutnya, masukkan ke dalam panci, lalu rebus daun pepaya Jepang selama 15 sampai 20 menit.

Rebusan daun tersebut dapat Anda konsumsi 1 sampai 3 kali dalam sehari. Tapi, jika kadar gula kondisinya sedang naik, maka dalam sehari Anda bisa mengonsumsinya 2 hingga 3 kali.

Menjaga Kesehatan Mata

Ternyata daun pepaya Jepang juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata berkat adanya kandungan vitamin A. 100 gram cnidoscolus aconitifolius terdapat 1.357 IU vitamin A cukup untuk memenuhi kebutuhan harian.

Konsumsi vitamin A secara teratur agar kesehatan mata tetap terjaga, dan mencegah munculnya penyakit degenerasi makula pada masa tua.

Mengatasi Masalah Pencernaan

Untuk mengatasi masalah pencernaan, Anda juga bisa memanfaatkan daun pepaya Jepang. Karena, daun ini mengandung serat alami yang dapat membantu melembutkan sekaligus menambah berat feses. Jika BAB (buang air besar) lancar, maka Anda pun akan terhindar dari masalah sembelit maupun ambeien.

Baca Juga : Ketika Dikonsumsi, Ini Manfaat Pepaya untuk Rambut

Mengatasi Radang

Inflamasi atau peradangan merupakan mekanisme tubuh secara alami untuk melindungi tubuh agar terhindar dari masalah infeksi mikroorganisme. Seperti jamur, bakteri, dan virus.

Manfaat daun pepaya Jepang yang memiliki sifat anti inflamasi juga bermanfaat untuk mengurangi terciptanya edema akibat radang.

Memperkuat Imunitas

Daun pepaya mengandung tanin, alkaloid, saponin, flavonoid, steroid, dan fenol sebagai antioksidan dapat menjaga sistem imun tubuh. Selain itu, vitamin C tinggi yang terkandung di dalamnya juga akan membantu memperkuat imunitas.

Mencegah Anemia

Selanjutnya, manfaat daun pepaya Jepang bisa untuk mencegah anemia. Seperti halnya daun bayam yang tinggi kandungan zat besi. Sehingga, sangat baik jika anak-anak mengonsumsinya untuk membantu pertumbuhannya.

Begitu pula daun pepaya Jepang. Bahkan, kandungan zat besi dalam daun tersebut dua kali lebih tinggi. Jadi, Anda bisa mendapatkan tambahan darah, sekaligus mengoptimalkan pencegahan anemia secara alami. (Eva/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img