Manfaat Daun Selada Untuk Kesehatan Metabolisme dan Anti Kanker

manfaat daun selada
Segudang manfaat daun selada untuk kesehatan. Foto: Ist/Net

Manfaat daun selada tak hanya untuk membuat salad namun juga aneka menu sayuran yang lezat. Kandungan nutrisi daun selada juga sangat tinggi dan merupakan sayuran terbaik untuk menjaga kesehatan metabolisme dan menangkal kanker.

Selada (lactuca sativa) populer juga dengan sebutan daun sla. Jenis sayuran ini menjadi bahan utama pembuatan salad yang lezat dan menyehatkan. Tak hanya orang Indonesia, sayuran ini banyak disukai di berbagai negara lain.

Dari segi rasa sebenarnya daun selada cenderung netral alias kurang berasa. Namun justru karena itu selada cocok untuk menjadi bahan olahan aneka masakan yang lezat dan enak. Baik yang kering maupun berkuah.

Selain terkenal untuk campuran salad, daun selada juga sering kita temukan pada sajian burger atau sandwich. Untuk mencegah risiko kontaminasi bakteri, saat mengonsumsi mentah sebaiknya cuci selada dengan sabun.

Baca Juga: Manfaat Daun Jambu Biji untuk Kesehatan Tubuh, Apa Saja?

Kandungan dan Manfaat Daun Selada

Daun selada merupakan jenis sayuran hijau yang mengandung nutrisi yang cukup lengkap. Seperti kandungan kalori, karbohidrat, protein, lemak, maupun serat. Sayuran ini juga banyak mengandung vitamin A, C, dan E.

Daun selada hijau juga kaya mineral, sperti potasium, zat besi, kalsium, magnesium, kalium, dan asam folat. Bahkan sayuran ini juga mengandung zeaxanthin yang bersifat antioksidan. Berikut ini berbagai manfaat daun selada untuk kesehatan.

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Selain buah-buahan, selada juga mengandung vitamin C yang sangat baik untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh. Apalagi sayuran ini juga mengandung zeaxanthin yang bersifat antioksidan.

Karena itu mengonsumsi sayuran ini secara rutin sangat baik untuk menjaga kekebalan tubuh. Terlebih kandungan seranya juga berguna untuk menjaga kesehatan metabolisme.

Menangkal Kanker

Manfaat daun selada lainnya juga karena kandungan antioksidannya yang berguna untuk menangkal radikal bebas. Senyawa zeaxanthin dalam sayuran ini juga merupakan antioksidan yang ampuh menangkal kanker.

Melancarkan Pencernaan

Kandungan serat yang cukup tinggi dalam selada sangat baik untuk melancarkan dan menjaga kesehatan pencernaan. Konsumsi sayuran ini bermanfaat dalam mencegah sembelit dan mengatasi gangguan kembung atau sakit perut.

Baca Juga: Daftar Manfaat Daun Kelor untuk Diabetes, Penting Anda Ketahui!

Menguatkan Tulang dan Gigi

Manfaat daun selada untuk kesehatan lainnya adalah karena kandungan kalsium dan fosfornya yang cukup tinggi. Mineral ini penting dalam meningkatkan kekuatan tulang dan gigi.

Karena itu sangat baik Anda mengonsumsi sayuran ini secara rutin. Terutama untuk mencegah osteoporosis. Kalsium juga sangat berguna untuk menjaga fungsi saraf, menguatkan otot, maupun mencegah terjadinya risiko penyumbatan darah.

Menguatkan Jantung

Kandungan vitamin C, serat, dan antioksidan dalam daun selada juga berguna dalam menguatkan jantung. Apalagi sayuran ini juga mengandung fitokimia yang bersifat anti inflamasi dan berguna mencegah risiko penyakit jantung.

Manfaat daun selada juga penting dalam membuang kolesterol jahat (LDL) sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Kerja jantung yang terjaga berguna dalam menangkal gangguan kardiovaskuler.

Mengontrol Tekanan Darah

Kandungan kalium dan serat dalam daun selada juga berguna dalam menekan efek buruk garam yang masuk bersama makanan. Karena itu mengonsumsi sayuran ini juga mampu menurunkan atau mengontrol tekanan darah.

Baca Juga: Manfaat Daun Sirih untuk Sinusitis, Mengobati Tanpa Efek Samping

Menjaga Kesehatan Mata dan Kulit

Selada termasuk jenis sayuran yang kaya dengan kandungan beta karoten. Senyawa ini dalam tubuh dapat menjadi vitamin A yang tentunya penting dalam menjaga kesehatan mata.

Selain itu vitamin A juga berguna membantu proses pertumbuhan sel. Dengan mengonsumsi sayuran ini akan melancarkan proses regenerasi sel-sel tubuh. Termasuk untuk menjaga kelenturan dan elastisitas kulit wajah dan tubuh.

Penting untuk Ibu Hamil

Selain itu manfaat daun selada untuk ibu hamil juga sangat baik. Hal ini karena sayuran ini kaya dengan beragam nutrisi yang penting untuk menjaga kehamilannya. Seperti zat besi, asam folat, dan serat.

Banyak ibu hamil yang sering kekurangan zat besi maupun mengalami sembelit. Keberadaan asam folat atau vitamin B juga berguna dalam proses terbentuknya janin yang sehat dan mencegah kecacatan janin.

Meningkatkan Efektivitas Diet

Untuk Anda yang sedang menjalankan program diet sebaiknya memasukkan daun selada dalam menu Anda. Selain kandungan nutrisinya yang lengkap, sayuran ini juga mengandung serat dan air yang tinggi.

Mengonsumsi sayuran selada akan membantu kenyang lebih lama. Nutrisinya juga berguna untuk memenuhi kebutuhan tubuh saat diet. Sehingga tujuan menurunkan berat badan akan lebih efektif.

Itu berbagai manfaat daun selada untuk kesehatan metabolisme tubuh. Untuk mendapatkan manfaat yang optimal sebaiknya konsumsi dalam bentuk segar. Baik sebagai lalapan, menu salad, maupun campuran jus. (R11/HR Online)

Editor: Jujang