Manfaat Daun Ungu untuk Kesehatan Ginjal, Wasir hingga Rematik

manfaat daun ungu
Segudang manfaat daun ungu untuk kesehatan tubuh. Foto: Ist/Net

Manfaat daun ungu tidak hanya bagus untuk meredakan ambeien saja, tapi masih ada banyak kegunaan lainnya. Seperti untuk membantu mengatasi diabetes, rematik, sembelit, maupun untuk meningkatkan fungsi ginjal.

Daun ungu (Graptophyllum pictum) populer juga dengan beberapa sebutan. Seperti daun wungu, tulak, demung, kadi-kadi, daun putri, atau handeuleum. Nama Handeuleum ini merupakan sebutan dari masyarakat Sunda. Sedangkan wungu populer di Jawa.

Tumbuhan obat ini berasal dari Papua Nugini dan Polinesia. Sebagai salah satu tanaman herbal, daun ungu menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan. Kira-kira apa saja khasiatnya dan bagaimana cara mengonsumsinya?

Manfaat Daun Ungu dan Cara Menggunakannya

Tanaman wungu terutama kita ambil manfaatnya dari daunnya. Mengutip dari berbagai sumber, dalam daun herbal ini terkandung banyak bahan aktif yang sangat berguna untuk tubuh.

Kandungan daun ungu antara lain senyawa saponin, flavonoid, tanin, steroid, dan alkaloid. Senyawa inilah yang mendorong beberapa kalangan membuat obat herbal untuk mengatasi berbagai penyakit.

Tanaman yang berasal dari Papua Nugini dan Polinesia ini menyimpan berbagai khasiat yang baik bagi tubuh. Berikut beberapa manfaat daun ungu untuk kesehatan tubuh.

Baca Juga: Manfaat Daun Tapak Liman untuk Kesehatan Hati dan Anti Kanker

Meredakan Penyakit Wasir

Nam daun Ungu belakangan makin terkenal dengan khasiatnya untuk mengatasi wasir. Hal ini karena mengandung saponin, tanin, alkaloid, steroid dan flavonoid yang bekerja untuk meredakan dan mengatasi ambeien.

Selain itu ada juga senyawa lain berupa anti inflamasi dan analgesik. Kedua senyawa tersebut mampu menurunkan rasa nyeri pada tubuh. Akan tetapi, kedua senyawa itu memiliki sedikit efek samping.

Efek itu antara lain sulit tidur, demam, gatal, nafsu makan berkurang dan lainnya. Oleh karena itu, ketika mengonsumsi ramuan ini sebaiknya konsultasikan dengan ahlinya.

Mengobati Memar

Selain mengatasi pembengkakan, manfaat daun ungu juga ampuh mengobati memar. Luka semacam ini biasanya terjadi karena benturan keras yang membuat memar. Anda bisa mengobati dengan melumurkan bubukan daun warna Ungu ini.

Mengobati Pembengkakan

Pembengkakan bisa saja terjadi karena banyaknya cairan yang tersimpan dalam tubuh. Ini biasanya terjadi pada bagian tangan, kaki dan wajah. Pembengkakan mungkin karena terlalu lama dalam posisi duduk ataupun berdiri.

Untuk mengatasi pembengkakan ini Anda bisa menggunakan tumbukan daun Ungu yang Anda tempelkan ke tubuh yang bengkak.

Mengobati Bisul

Salah satu obat herbal yang bisa kita andalkan untuk mengatasi bisul adalah daun Ungu ini. Masyarakat kita sudah lama mengambil manfaat daun ungu ini sejak lama sebagai herbal yang multi khasiat

Cara penggunaannya adalah dengan menumbuk halus daun ini lalu tambahkan sedikit santan kelapa. Kemudian oleskan pada bagian tubuh yang kena bisul.

Baca Juga: Manfaat Daun Selada Untuk Kesehatan Metabolisme dan Anti Kanker

Meringankan Rematik

Penyakit rematik dapat menyebabkan rasa sakit seperti nyeri akibat dari peradangan pada sendi. Jika tidak segera tertangani, maka bisa menyebabkan masalah serius pada bagian sendi.

Oleh karena itu Anda bisa mengandalkan ramuan tradisional berbahan daun ungu. Caranya pun sangat mudah. Cukup dengan mengambil beberapa lembar daunnya kemudian tumbuk sampai halus. Kemudian oleskan pada bagian tubuh yang kena rematik.

Meredakan Diabetes

Menurut penelitian, manfaat daun ungu juga baik untuk membantu meredakan penyakit diabetes. Hal ini karena daun Handeuleum mampu memecah rantai polisakarida dan enzim amilase. Senyawa itu membuat proses pencernaan pati menjadi lambat.

Selain itu penyerapan glukosa dari makanan ke dalam darah juga akan melambat. Sehingga hal ini mampu memperlambat kinerja enzim yang menyebabkan gangguan sensitivitas insulin.

Mengatasi Sembelit

Jika Anda mengalami sakit perut karena sembelit, cobalah dengan mengobatinya menggunakan daun Handeuleum. Karena daun ajaib ini mempunyai sifat laksatif dan diuretik.

Dengan manfaat daun ungu ini akan membuat usus mampu berkontraksi. Kotoran yang ada pun ada bergerak menuju ke usus. Kombinasi senyawa aktif juga berkhasiat melunakkan tinja dan meredakan peradangan.

Menjaga Fungsi Ginjal

Dengan mengonsumsi daun Handeuleum juga berguna membantu dalam menjaga kesehatan ginjal. Anda bisa mengonsumsi ekstrak daun ungu dalam bentuk kapsul yang saat ini banyak yang menjualnya.

Saat ini banyak orang yang menjual kapsul daun ungu. Untuk mendapatkan daun Handeuleum secara langsung mungkin cukup sulit. Apalagi harus membuat sendiri ramuannya. Sehingga dengan kapsul akan memudahkan kita mengonsumsi herbal tersebut.

Itulah berbagai manfaat daun ungu untuk kesehatan tubuh. Namun untuk mendapatkan khasiat yang optimal dari herbal ini sebaiknya memperhatikan cara maupun takaran penggunaannya. Baik dengan mengonsumsinya atau melulurkannya. (R11/HR Online)

Editor: Jujang